Ingin Menangi Persaingan Streaming Online? Lakukan Lokalisasi Konten

Image dari Pardot.com

Layanan streaming online terutama untuk tayangan video dan film adalah salah satu jenis konten yang paling banyak dicari saat ini. Sebagai buktinya, layanan Netflix berhasil mendapat keuntungan yang luar biasa besar dari layanan streaming filmnya.

Namun salah satu fakta yang harus diperhatikan oleh kreator konten maupun pengembang layanan #streaming online adalah, ternyata masyarakat saat ini terutama yang berada di kawasan Asia lebih menyukai konten lokal di banding konten asing.

Ini terlihat dari bagaimana Netflix menyediakan ruang khusus yang berisi berbagi konten lokal untuk beberapa negara tertentu seperti Korea dan Jepang.




Tren Konsumen Asia

Meskipun konten yang berasal dari Amerika masih menempati posisi atas secara global, namun peningkatan permintaan untuk konten lokal di beberapa negara juga menunjukkan grafik naik yang signifikan.

Sebagai contoh Korea Selatan adalah negara yang kental dengan unsur industri hiburan. Di negara tersebut industri hiburan bahkan menjadi salah satu penyumbang neraca keuangan yang terbesar dibanding industri lain.

Artikel lain: Dinamika Youtube ~ Jaman Bioskop Jadul Hingga Era Streaming Online

Di negara tersebut, ada beberapa layanan Sharp Pooq dan iQiyi yang memfokuskan untuk mengembangkan dan menyajikan berbagai konten lokal. Konten tersebut antara lain berbentuk reality show atau drama yang sangat booming di berbagai negara termasuk Indonesia.

Untuk layanan iQiyi sendiri, konten yang ditawarkan adalah konten lokal mandarin. Tidak hanya video atau film bergenre modern, layanan streaming online ini juga menyediakan berbagai film drama kolosal dengan tampilan pertarungan kung fu ala negeri Tiongkok.

Inilah fakta yang disadari oleh banyak pengembang layanan streaming online yang berasal dari luar Asia. Terutama pengembang dari Amerika, sudah mulai memahami bahwa konten lokal mempunyai kekuatan yang tidak bisa disandingkan dengan konten asing.

Ada kalanya konten asing memang bisa menarik perhatian dalam jumlah besar. Namun untuk keberlanjutan di sebuah negara tertentu, konten lokal masih menempati posisi pertama.

Sarana Bagi Selebritis Online

Sebagai contoh lain, kita bisa melihat layanan streaming live seperti Showroom dan V – Live Broadcasting. Berbeda dengan penyedia layanan streaming film on demand, layanan streaming yang satu ini lebih diperuntukkan bagi personal yang memang tertarik untuk mengaktualisasikan diri lewat konten video.

Cara seperti ini sudah mulai populer di Indonesia, baik menggunakan media sosial Facebook, Instagram atau yang berbasis #aplikasi seperti Bigo.

Layanan seperti ini, di Korea serta Jepang lebih didominasi oleh para idola bergenre pop serta selebritis. Inilah mengapa tidak terlalu sulit bagi pemilik konten untuk mengembangkan basis pemirsa karena sebelumnya memang sudah mempunyai penggemar baik itu yang berasal dari media sosial atau sarana online lainnya.

Selain itu, kelebihan dari layanan live streaming adalah mampu menjalin hubungan yang lebih dekat antara idola dengan penggemar. Komunikasi yang terjadi ini, bisa berasal dari komentar yang masuk atau bentuk komunikasi lain selama sesi live streaming berlangsung.

Tips Memaksimalkan Streaming Konten Lokal

Dari data yang dihimpun layanan marketing on App Annie, menyebut bahwa ada beberapa tips yang bisa digunakan memaksimalkan potensi streaming online yang saat ini sedang menjadi hits di kalangan masyarakat.

Yang pertama adalah terkait dengan perangkat dan platform. Untuk bisa melakukan streaming online sebenarnya saat ini sudah cukup mudah. Hanya berbekal perangkat smartphone yang mendukung live streaming, tidak sudah bisa melakukan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita memperhatikan beberapa detail seperti orientasi layar saat melakukan live streaming. Menggunakan orientasi landscape, dapat memberi pandangan yang lebih jelas serta menarik bagi pemirsa. Selain itu, gunakan juga platform yang menawarkan berbagai fitur unik seperti virtual avatar atau fitur gift.’

Baca juga: Mivo TV ~ Nonton TV Streaming Online Indonesia Gratis Dari Gadget Anda

Yang kedua adalah untuk terus mengembangkan teknologi dalam tayangan live streaming kita. Saat ini sudah ada penerapan teknologi seperti Augmented Reality serta Facial Recognition yang bisa menambah keseruan dalam live streaming tersebut. Bahkan beberapa aplikasi yang mengkhususkan konten video bernyanyi, memberi fitur tambahan untuk mengontrol suara agar terdengar lebih baik.

Dan yang terakhir jangan lupa untuk menumbuhkan interaksi yang aktif dengan pemirsa lewat beberapa upaya seperti membuat kuis, atau event secara offline. Untuk kreator konten yang sudah populer, hal semacam ini sangat banyak dilakukan agar penggemar atau pemirsa bisa merasa lebih d dekat dan dihargai.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Mas iklan nya ada yang nge blank tuh

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud