Ingin Jadi Entrepreneur Sukses? Pastikan Anda Miliki 5 Karakter Berikut Ini

entrepreneur sukses

Bagi mereka yang telah terjun ke dunia bisnis, jiwa #entrepreneurship merupakan salah satu hal yang wajib ada dalam diri mereka. Namun nyatanya jiwa entrepreneur bukanlah ilmu yang tiba-tiba ada dan melekat pada seseorang. Diperlukan kesabaran serta pengalaman yang tidak sedikit untuk bisa mempunyai jiwa seorang entrepreneur sejati.

Lalu apakah sajakah hal yang bisa memupuk tumbuhnya jiwa entrepreneur dalam diri kita? Salah satu jawabnya yakni dimulai dari pembangunan karakter atau yang sering disebut character building. Bebeda dengan sifat dasar manusia, karakter merupakan hal yang bisa dibentuk dalam diri seseorang. Dan karakter jugalah yang mampu membedakan antara siapa yang gagal dan yang mampu meneguk kesuksesan.

Mengerucut pada dunia bisnis, setidaknya ada beberapa karakter utama yang harus dimiliki seseorang untuk bisa menjadi entrepreneur sukses. Pada artikel kali, dihimpun dari portal perbandingan jasa keuangan, Halomoney.co.id, kami sajikan informasi tentang beberapa karakter pokok yang wajib dimiliki untuk menjadi seorang entrepreneur sukses.

1. Berani Mengambil Risiko

Dalam dunia bisnis, risiko adalah salah satu elemen yang tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan. Dengan kata lain jika rekan-rekan ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses, maka Anda harus berani dalam mengambil risiko yang ada.

Berani mengambil risiko berarti mampu mengubah rasa takut menjadi motivasi untuk terus maju ke depan. Sebagai langkah awal, cobalah untuk sesegera mungkin mewujudkan ide yang rekan-rekan miliki. Dengan membiasakan diri untuk segera take action, secara otomatis karakter berani ambil risikopun akan mulai terbentuk dalam diri anda.




Artikel lain: 5 Tips Menjadi Entrepreneur Dengan Karakter Out of The Box

2. Pantang Menyerah

Karakter kedua untuk menjadi seorang entrepreneur sukses adalah selalu pantang menyerah. Pada dasarnya ranah bisnis selalu melahirkan persaingan dan tantangan di dalamnya, dan tak jarang hal tersebut akan membawa kita pada kegagalan yang menyakitkan.

Bagi mereka yang tak terlahir menjadi entrepreneur sejati, praktis akan gantung senjata dan memilih lepas dari dunia bisnis. Berkebalikan, seorang entrepreneur tidak akan menyerah karena dirinya tahu dan yakin bahwa kegagalan ini adalah salah satu anak tangga menuju kesuksesan.

3. Fokus Penuh Pada Tujuan

Pepatahan bijak mengatakan 1 niat yang diwujudkan lebih baik dari 1000 niat yang hanya angan-angan. Ini jugalah yang menjadi dasar analogi mengapa seorang entrepreneur sukses wajib mempunyai fokus penuh pada tujuan yang ingin dicapai.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, dalam dunia bisnis kita akan menemui 1001 godaan untuk membelokkan keyakinan dalam mencapai tujuan. Yang dibutuhkan adalah fokus dan terus berusaha pada bisnis atau passion yang telah kita percayai. Tidak peduli pada hasil akhirnya, yang terpenting adalah bagaimana menjalani proses dengan sebaik mungkin.




4. Berfikiran Visioner

Karakter berikutnya yang menjadi ciri seorang entrepreneur sukses adalah mempunyai pola fikir visioner. Pola pikir visioner sama dengan mempunyai pemikiran yang jauh ke depan, tidak stuck pada apa yang ada saat ini saja.

Sebagai contoh, seorang entrepreneur kelas dunia seperti bos Microsoft, Bill Gates yang sudah bisa memprediksi tren #teknologi jauh sebelum ditemukan. Dan hasil dari pola fikir visionernya tersebut telah mengantar dirinya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Untuk bisa ngasah karakter yang satu ini, dibutuhkan pengalaman dan kemauan untuk terus belajar. Dengan mempelajari setiap detil tentang bisnis yang kita jalankan, bukan tidak mungkin kita akan menemukan celah bisnis potensial yang bisa dikembangkan.

Baca juga: 4 Ciri Seorang Chicken Entrepreneur dan Karakteristiknya

5. Mempunyai Kepedulian Tinggi

Resep terakhir untuk bisa menjadi seorang entrepreneur sukses adalah mempunyai rasa kepedulian yang tinggi. Sudah menjadi keyakinan bersama jika kita ingin mendapatkan sebuah kebaikan maka kita harus memberikan kebaikan terlebih dahulu.

Demikian juga dalam urusan bisnis, bersikap peduli dengan orang lain sebenarnya merupakan satu langkah bagaimana agar bisnis kita bisa mendapat perhatian dari orang lain. Orang lain di sini bisa berarti banyak mulai dari rekan kerja, pegawai hingga konsumen. Berikan perhatiaan dengan porsi yang tepat dan sebagai feedback tentu orang lain juga akan lebih menghargai Anda.

Menjadi seorang entrepreneur sukses tentu menjadi dambaan setiap pelaku bisnis. Dan untuk mencapai hal tersebut, coba terapkan dan kembangkan beberapa karakter di atas dengan sabar dan maksimal. Untuk memperkaya pengetahuan mengenai informasi seputar bisnis dan jasa keuangan lainnya dari Halomoney rekan-rekan dapat mengaksesnya di sini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud