Ingin Buat Bumbu Nasi Goreng yang Praktis Dan Nikmat? Baca Tipsnya

bumbu nasi goreng

Image dari Unileversolutions.com

Berbicara tentang #bisnis kuliner, Indonesia bisa disebut sebagai salah satu negara yang bisa menjadi destinasi wisata favorit untuk urusan yang satu ini. Mengapa demikian, karena seperti diketahui Indonesia mempunyai beragam kebudayaan yang tentunya setiap kebudayaan tersebut menyimpan rahasia kuliner nikmat tersendiri yang beda dari yang lain.

Inilah alasan utama, mengapa para pencinta kuliner tidak hanya dari dalam negeri maupun hingga mancanegara, rela menempuh jarak yang sangat jauh hanya untuk mencicipi berbagai macam kuliner asli nusantara. Bahkan beberapa menu seperti rendang dan juga nasi goreng, banyak disebut oleh media asing sebagai kuliner terlezat sejagat raya.

Khusus untuk menu yang kedua yakni nasi goreng, tentu kita semua sudah tidak asing bahkan mungkin hampir semua rakyat Indonesia pernah mencicipi atau membuat kuliner yang satu ini. Nasi yang di goreng bersama bumbu khusus beraneka ragam rempah, menyatu menjadi panganan khas yang mampu menggoyang lidah para penikmatnya.

Untuk membuat nasi goreng yang nikmat, tentu dibutuhkan bumbu nasi goreng yang mantap pula. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan jika ingin memilih bumbu nasi goreng yang tidak hanya nikmat namun juga mudah dan juga praktis.

1. Usahakan Untuk Meracik Sendiri

Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pula kebutuhan harian masyarakat yang mampu diperoleh dengan cara instan. Termasuk juga untuk urusan bumbu nasi goreng, saat ini kita bisa memilih beragam merk bumbu nasi goreng instant yang tentunya sangat mudah digunakan.




Namun jika ditilik lebih dalam, penggunaan bumbu instan yang berlebihan tentu tidak akan baik bagi kesehatan kita. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita mengkonsumsi bumbu yang diracik sendiri sehingga menjamin kesehatan, kebersihan serta tentunya aman bagi tubuh. Bahaya kesehatan yang mengancam dari berbagai bumbu instan antara lain adanya zat aditif yang bakal masuk dan meracuni tubuh. Zat tersebut dapat berasal dari pewarna, pengawet, penyedap rasa hingga pemanis buatan yang ditambahkan dalam bumbu instan tersebut.

Artikel lain: Kenapa Anda Harus Menjadi Pebisnis Kuliner, Perhatikan Alasan Ini

Oleh karena itu lebih baik jika kita membuat bumbu secara mandiri. Alasan lain yakni karena dengan membuat bumbu sendiri kita bisa menyesuaikan dengan keinginan dan selera kita. Dari hasil akhir pun, akan timbul kepuasan tersendiri saat bisa membuat bumbu nasi goreng yang nikmat.

2. Selalu Gunakan Bahan yang Segar

Ketika memilih bumbu nasi goreng, akan lebih baik jika kita menggunakan berbagai bahan dan bumbu yang segar. Beberapa bahan utama untuk membuat bumbu nasi goreng antara lain cabe, bawang putih dan bawang merah. Ketiga komponen ini harus dipastikan selalu terjaga kesegarannya.

Dengan menggunakan bahan yang segar, kualitas bumbu nasi goreng juga akan meningkat. Meskipun tidak langsung digunakan, beberapa bumbu nasi goreng juga bisa disimpan untuk digunakan di lain waktu, meskipun tentunya ada batas waktu pakainya tersendiri.




3. Ditumbuk, Jangan Diblender

Masih hubungan dengan poin yang pertama, saat ini banyak orang yang memilih kepraktisan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Dalam membuat bumbu nasi goreng, beberapa orang memilih untuk tidak melumat atau menumbuk sendiri semua bahan yang diperlukan dengan alasan terlalu repot dan juga membutuhkan tenaga besar. Mereka lebih memilih menggunakan blender sebagai alternatif untuk mempercepat proses pembuatan bumbu nasi goreng.

Namun bagi mereka yang terbiasa memasak, tentu sangat faham betul bahwa bumbu yang diperoleh dari hasil tumbukan atau diulek, menghasilkan cita rasa yang jauh lebih nikmat ketimbang kita memblender bumbu tersebut. Namun tentunya itu merupakan pilihan, hanya saja jika bisa akan lebih baik jika kita mengulek bumbu secara langsung.

4. Pastikan Memasak Dengan Matang

Trik untuk menggunakan bumbu nasi goreng yang sempurna berikutnya adalah, dengan memastikan proses pemasakan berjalan dengan matang sempurna. Untuk pertama kali gunakan margarin karena dapat menambah taste rasa gurih pada nasi goreng nantinya. Dari situ kita harus menggoreng bumbu terlebih dahulu hingga benar-benar masak.

Penggorengan bumbu hingga pasak ditujukan agar nantinya ketika nasi dimasukkan, tekstur nasi tersebut akan terasa lebih garing dan mantap. Dari sisi bumbupun, akan lebih meresap.

5. Gunakan Komposisi yang Tepat

Jika ingin mendapatkan hasil akhir nasi goreng yang lebih nikmat, tips berikutnya adalah dengan menggunakan bumbu lebih banyak. Hal tersebut bisa dibuktikan sendiri, nasi goreng yang menggunakan bumbu lebih banyak tentu akan terasa nikmat daripada yang menggunakan bumbu standar.

Hindari membuat nasi goreng, dengan bumbu yang terlalu sedikit. Terlebih ketika kita hanya mempunyai beberapa pelengkap seperti kecap, maka nantinya rasa dari nasi goreng kita tidak lebih seperti nasi kecap.

Baca juga: Mau Jalankan Bisnis Kuliner? Coba Terapkan 7 Resep Sukses ala Bondan Winarno Berikut Ini

6. Selalu Jaga Kebersihan

Dan tips terakhir yang bisa Anda jalankan adalah, selalu menjaga kebersihan. Kebersihan ini tidak hanya meliputi dari bahan maupun bumbu yang digunakan. Namun yang tidak kalah penting adalah, kebersihan dari dapur dan juga alat masak yang Anda gunakan.

Mulai dari awal membuat, pastikan semuanya sudah dibersihkan dengan baik. Dan setelah membuat pun, jangan lupa untuk membersihkan agar semua alat2 juga tempat masak bisa langsung digunakan ketika diperlukan. Dengan menjaga kebersihan, secara tidak langsung tentu kita sudah berupaya untuk menjaga kesehatan kita sendiri.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Baca artikel tentang nasi goreng, rasanya sesuatu, kebetulan nasgor juga merupakan salah satu menu makanan faforit. Apalagi dihidangkan di waktu pagi sebelum berangkat kerja atau untuk menu makan malam, hmm.. rasanya benar2 nikmat dan lezat.

    Saya pribadi terbiasa terima bersih matangnya saja, karena memang istri jago masak dengan racikan bumbu sendiri tanpa bumbu jadi/hasil beli (instan). Jadi insyaAllah terjamin kesehatan dan kebersihannya tanpa khawatir tercampur bahan-bahan kimia.

    Salam…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud