Mau Jalankan Bisnis Kuliner? Coba Terapkan 7 Resep Sukses ala Bondan Winarno...

Mau Jalankan Bisnis Kuliner? Coba Terapkan 7 Resep Sukses ala Bondan Winarno Berikut Ini

Bondan Winarno
Image dari Tripadvisor.com

Bondan Winarno yang merupakan pemerhati dan juga pelaku kuliner di Indonesia, memang sudah dikenal banyak orang. Sosok yang terkenal dengan tagline “maknyus” ini telah memiliki segudang pengalaman di dunia kuliner yang mumpuni.

Maka dengan pengalamannya ini Bondan Winarno kemudian memberikan beberapa resep untuk pengusaha yang terjun ke dunia bisnis kuliner. Bisnis kuliner saat ini memang sangat meriah. Banyak pelaku dan pebisnis yang membuka cafe, warung atau restoran dan lainnya untuk menyajikan menu atau sajian makanan dan minuman serta jajanan untuk para konsumen.

Jika Anda salah salah satu tokoh pengusaha yang juga membuka #bisnis kuliner ini maka Anda perlu menerapkan beberapa resep sukses ala dari Bondan Winarno berikut ini.

1. Ketahui Komponen Harga

Resep sukses pertama dari bisnis kuliner ala Bondan Winarno adalah dengan mengetahui komponen harga. Kuliner yang akan berkaitan dengan bahan baku atau komoditi memang mengharuskan pengusaha untuk mengetahui semua komponen harga komoditi saat itu.

Mengapa demikian? Karena pengetahuan tentang harga komoditi ini akan berguna untuk mengatur manajemen keuangan usaha. Seperti contoh saat harga komoditi bahan baku Anda akan naik karena pengaruh harga BBM, maka Anda bisa melakukan penyimpanan atau stok cadangan yang lebih besar agar tak mengalami kerugian.

Dengan manajemen keuangan usaha yang baik maka bisnis Anda akan mampu menapaki jalur kesuksesan yang lebih besar daripada pengusaha yang tidak mengetahui harga komoditas.

Artikel lain: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

2. Menetapkan Peran Pengusaha

Seorang pengusaha memang harus mampu membuat peranan yang tepat dan optimal. Menurut Bondan, dalam sebuah usaha, pebisnis haruslah menghindari peran ganda. Lebih dari itu Anda harus fokus memainkan satu peran yaitu sebagai pengusaha. Anda akan kesulitan sukses jika Anda menaikkan lebih dari satu peran.

Saat ini para pengusaha memang banyak yang menjadikan bisnisnya sebagai sampingan. Ini tentu sebuah keadaan yang tidak fokus pada satu peran. Maka jika Anda mau sukses, Bondan menyarankan Anda harus fokus pada peran Anda sebagai pengusaha.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi usaha memang sangat penting untuk perkembangan usaha kuliner Anda. Semakin strategis dan mudah dijangkau lokasi atau tempat usaha Anda oleh konsumen maka Anda akan memiliki kesempatan untuk lebih sukses. Lebih lanjut Bondan menyatakan bahwa untuk lebih bisa menempati jalur kesuksesan, maka Anda harus menghindari menghindari lokasi-lokasi anomali yang sulit ditemukan konsumen.

4. Tetapkan Target Pasar

Mungkin saja sajian kuliner Anda diperuntukkan untuk segala usia. Namun meskipun demikian alangkah baiknya Anda membuat atau menetapkan target pasar yang lebih spesifik untuk bisnis kuliner tersebut.

Mengapa demikian? Karena dengan menetapkan sasaran konsumen, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan teknik pemasaran dan pelayanan untuk diterapkan pada bisnis Anda. Dari penetapan target pasar ini Anda juga akan lebih mudah untuk memahami kriteria pelanggan Anda untuk Anda sesuaikan dengan komponen bisnis Anda.

5. Perbaiki dan Optimalkan Pemasaran

Setelah menentukan target pasar, maka Anda akan bisa lebih mudah untuk menetapkan teknik pemasaran. Menurut Bondan Winarno bisnis kuliner memang juga membutuhkan pemasaran dan #promosi yang efektif dan optimal untuk bisa menjadi sukses.

Jalankan promosi yang sesuai dengan target atau sasaran konsumen yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Percayalah ini akan jauh lebih bekerja untuk Anda dan bisnis Anda.

Baca juga: 5 Teknik dan Trik Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner Khas Daerah

6. Utamakan Pelayanan

Terakhir, resep sukses bisnis kuliner menurut Bondan Winarno adalah mengutamakan pelayanan. Percuma saja meskipun menu atau sajian Anda mantap namun tidak didukung dengan pelayanan yang prima, maka bisnis Anda tidak akan sukses.

Untuk sukses Anda memang harus mampu mengkombinasikan antara sajian dan pelayanan yang baik. Anda bisa menjalankan bentuk pelayanan yang baik dalam bisnis kuliner ini dengan banyak cara sesuai bisnis Anda.

Beberapa pelayanan yang baik dari bisnis kuliner adalah menyambut konsumen yang datang, beramah tamah saat menanyakan pesanan makanan, pelayanan yang cepat, kebersihan tempat, promo dan juga pelayanan antar kirim pesanan via telepon.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan