Ingin Bekerja Tapi Dapat Tawaran Gaji Kecil? Anda Bisa Saja Toleransi dan Terima Asal …

pekerjaan gaji kecil

Image dari Spectator.co.uk

Dalam menyongsong cita-cita (impian) atau kehidupan masa depan yang baik tak jarang banyak orang yang memang harus memulai dari nol. Dengan kondisi yang serba kekurangan maka seseorang akan melangkah pada tahapan awal ini dengan keadaan yang bisa jadi tertatih-tatih. Kondisi seperti ini biasanya dialami atau menimpa para fresh graduate (lulusan baru) dari sebuah kampus atau universitas.

Dengan kondisi belum memiliki pengalaman kerja dan kebutuhan mencari kerja yang besar maka kondisi tertatih harus bisa siap sedia dijalankan oleh mereka. Dan salah satu hal yang bisa disebut sebagai keadaan tertatih ini adalah penawaran gaji kecil dari perusahaan.

Memang hak Anda sepenuhnya sebagai pekerja untuk menerima atau menolak tawaran gaji kecil ini. Tapi sebenarnya jika beberapa hal dibelakang gaji kecil ini bisa menguntungkan Anda maka apa salahnya untuk menerimanya. Lalu apa saja hal yang bisa kita toleransi dan kita terima meski tawaran gaji kecil itu datang pada kita? Berikut ulasannya.

1. Adanya Fasilitas atau Tunjangan yang Mumpuni

Hal pertama yang bisa Anda toleransi dari tawaran gaji yang kecil adalah adanya fasilitas mumpuni dari perusahaan. Ya, ketika Anda mengetahui bahwa banyak fasilitas di perusahaan seperti jaminan kesehatan, transportasi, makanan, uang lembur atau lainnya maka sepertinya Anda harus kembali berhitung.

Dengan banyaknya fasilitas mumpuni yang bisa Anda dapat bisa jadi sebenarnya gaji Anda besar. Jadi ketahui fasilitas atau tunjangan yang bisa Anda dapat jika kemudian tawaran gaji pokok yang Anda peroleh dirasa kecil.




Artikel lain: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

2. Adanya Peluang Besar di Dalam Perusahaan

Ada sebuah pepatah mengatakan kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Ya, kesempatan adalah peluang yang sangat langka yang juga tidak bisa didapat oleh semua orang. Nah dalam kaitannya dengan tawaran gaji kecil, maka Anda harus membuka pikiran Anda lebih luas.

Lihatlah kondisi perusahaan. Apakah perusahaan ini punya peluang atau kesempatan bagi Anda untuk bisa cepat mengembangkan diri? Jika jawabannya iya, maka sebenarnya gaji kecil itu hanya persoalan sementara. Karena jika Anda bisa mengembangkan diri dengan cepat dan kemudian mendapat peluang besar naiknya karir seiring pertumbuhan perusahaan, maka apa yang perlu dikhawatirkan dari gaji yang kecil di awal.

3. Batu Loncatan

Bagi yang memang terdesak karena kebutuhan dan kondisi maka gaji kecil juga seharusnya tidak masalah bagi Anda. Karena disaat mencari pekerjaan adalah hal yang sulit di suatu negara, maka pilihan menerima gaji kecil bisa Anda toleransi untuk sementara. Ya, gaji kecil adalah bisa Anda jadikan awalan dan batu loncatan untuk menapak ke perusahaan yang lebih besar dengan gaji yang besar pula.

Tentu saja saat bekerja di perusahaan dengan gaji kecil ini Anda juga sembari melakukan atau mengajukan aplikasi di perusahaan lain yang menjanjikan. Nah sambil menunggu Anda direkrut perusahaan lain yang lebih besar maka bekerja dengan gaji lebih kecil bisa Anda jadikan sandaran hidup untuk sementara waktu.




4. Fresh Graduate dan Menambah Pengalaman

Sebagai lulusan baru atau fresh graduate tentu saja Anda membutuhkan jam terbang untuk mendapatkan pengalaman kerja yang lebih baik. Dengan pengalaman kerja yang lebih baik maka nilai Anda akan semakin kuat dan besar. Nah tapi sebelum itu, seorang lulusan baru atau fresh graduate memang mau tak mau perlu merendah dulu.

Dengan tawaran gaji yang kecil Anda memang punya pilihan menolaknya. Tapi mau sampai kapan Anda akan terus menganggur. Jadi pastikan saja gaji yang kecil ini sebagai langkah awal untuk menambah jam terbang dan pengalaman Anda untuk terjun ke dunia yang lebih baik menurut Anda nantinya.

Baca juga:

5. Resiko Menjadi Pengangguran

Terakhir, hal yang seharusnya membuat Anda mentolerir gaji kecil adalah ketika Anda berada di kondisi jobless. Ya, dengan kondisi seperti ini mau tak mau memang Anda harus segera memutuskan untuk tetap menganggur dengan kondisi tak jelas atau menerima gaji kecil untuk segera beranjak dan bangkit.

Tentu saja hal ini kembali ke Anda untuk mau menerima atau menolak pekerjaan dengan gaji kecil. Tapi dengan kondisi jobless sebaiknya Anda berpikir realistis ditengah kondisi yang mungkin sedang sulit di negara Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud