Inilah 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Tempat Kerja

Memilih Tempat Kerja

Image dari Editor.ca

Ada banyak aspek yang menjadi bahan pertimbangan bagi seseorang dalam memilih tempat kerja, meskipun pada hakikatnya kebanyakan dari kita akan mengeluarkan pendapat bahwa dalam mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun kita juga akan selalu menginginkan dan terus berupaya dengan keras untuk bisa bekerja dengan nyaman di tempat yang sesuai dengan keinginan kita sebelumnya.

Kenyataannya tidak semua orang bisa merasakan keberuntungan dan dapat bekerja di tempat yang sesuai dengan harapannya, hal ini juga yang mengakibatkan seseorang seringkali memilih untuk pindah atau resign dari pekerjaannya dengan harapan dapat menemukan sebuah tempat kerja yang lebih nyaman lagi.

Bagi sebagian besar orang bekerja di area perkantoran yang megah ditambah dengan struktur gedung tinggi, dan penuh dengan kesibukan yang luar biasa bisa menjadi suatu hal yang menantang juga menyenangkan untuk bisa dijalani. Namun tak jarang juga banyak orang menginginkan sebuah pekerjaan yang dapat dilakukan di tempat-tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan juga keramaian serta kesibukan sebuah perkotaan. Hal ini dapat dimaklumi adanya, mengingat standar kenyamanan bagi setiap orang tentu saja akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Artikel lain: Waspadalah, Ini Tanda-tanda Anda Terlalu Keras Bekerja!

Lalu bagaimana dengan Anda sendiri, apakah Anda telah menemukan tempat kerja yang nyaman dan sesuai dengan impian Anda sebelumnya? Apabila jawabannya belum bisa menemukan, maka tidak ada salahnya untuk dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini sebagai bahan pertimbangan untuk Anda ketika akan memilih tempat kerja.




1. Sesuai dengan Keahlian yang Dimiliki

Sebuah pekerjaan pada dasarnya akan lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk dikerjakan, apabila ternyata Anda bekerja di bidang yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki atau dikuasai. Anda akan lebih menikmati dan juga merasa nyaman dengan ritme kerja serta tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Anda di kantor, karena keahlian Anda dapat diandalkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang telah dibebankan.

Namun apabila kenyataannya Anda lebih memilih untuk bekerja di luar keahlian atau alih profesi dengan alasan tertentu, maka akan sangat penting untuk bisa memiliki tekad dan kemauan yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru yang sesuai dengan profesi yang anda pilih. Tak ada salahnya untuk beralih profesi, selama hal tersebut diimbangi dengan kesiapan diri Anda dalam menghadapi tantangan pekerjaan baru di luar keahlian Anda.

2. Mempertimbangkan Gaji

Sebagian besar orang akan menjadikan gaji sebagai tolak ukur dan bahan pertimbangan utama dalam memilih sebuah pekerjaan. Baik itu yang memilih bertahan di sebuah kantor yang telah menawarkan gaji besar meskipun begitu lingkungan kerja yang didapatkan tidak terlalu nyaman dan juga menyenangkan, atau mereka yang memilih pindah dan mendatangi kantor baru dengan alasan agar bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih besar.

Gaji memang merupakan faktor yang sangat penting dalam kesejahteraan dari seorang karyawan, karena itu selalu menjadi bahan pertimbangan secara matang dan tidak terburu-buru memutuskan mengenai hal ini. Bila Anda memutuskan untuk pindah kerja, pastikan gaji yang didapatkan di tempat yang baru akan lebih baik dari sebelumnya, dan upayakan untuk menyesuaikan juga dengan tambahan pengeluaran yang akan Anda perlukan nantinya, seperti bertambahnya uang transport, lama perjalanan dari rumah ke kantor baru, dan hal lainnya.

3. Prestasi dari Perusahaan

Bisa bekerja di sebuah perusahaan besar akan membuat Anda memiliki sebuah kebanggaan dan prestis tersendiri. Hal ini pun akan mempengaruhi beragam fasilitas dan kenyamanan yang nantinya akan Anda dapatkan di perusahaan tersebut. Karena sudah barang tentu sebuah perusahaan besar akan memiliki kemampuan yang lebih dalam menjamin kesejahteraan para karyawannya. Bahkan Anda juga akan mendapatkan akses yang lebih mudah lagi, ketika dalam hal mendapatkan sebuah pekerjaan di tempat lain, apabila kelak suatu saat nanti Anda memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tersebut.




4. Keberadaan Lokasi Kantor

Hal ini merupakan aspek yang tak kalah penting untuk dijadikan sebuah bahan pertimbangan, karena nantinya akan mempengaruhi kinerja Anda di kantor setiap harinya. Bila bekerja di kota besar dan memiliki kantor yang lokasinya jauh dari tempat tinggal akan membuat Anda harus menghabiskan banyak waktu di perjalanan, hal ini tentu saja akan sangat melelahkan dan membuang banyak sekali waktu Anda yang berharga. Bahkan bukan tidak mungkin biaya pengeluaran juga akan mengalami peningkatan drastis seiring dengan bertambahnya biaya tak terduga lainnya.

Baca juga: Sering Merasa Sendiri Ketika Bekerja? Coba Jalankan 5 Tips Berikut Ini

5. Mempertimbangkan Pengalaman yang Bisa Didapatkan

Meski perusahaan tempat dimana Anda bekerja hanya terbilang sebuah perusahaan kecil, Anda tetap dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk bisa belajar sementara, dan juga dapat dijadikan sebagai batu loncatan bagi Anda untuk dapat menembus perusahaan yang lebih besar di masa yang akan datang.

Untuk setiap orang pastinya akan menghadapi tantangannya masing-masing ketika akan mengarungi jalan #karir sebagai seorang pekerja. Meskipun kenyataannya belum juga berada dalam pekerjaan yang sesuai dengan apa yang diinginkan, memiliki integritas tinggi di setiap melakukan pekerjaan merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Karena ketika Anda sedang berada di luar zona nyaman, akan selalu ada saja hal yang bisa dipelajari dan dapat digunakan sebagai bekal awal untuk menggapai sebuah kesuksesan nantinya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Tentunya setiap kali memilih tempat kerja harus sesuai dengan skill dan nyaman akan pekerjaanya… Thanks info

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud