Ingin Bekerja Di Perusahaan Startup? Lakukan Hal Ini Sebagai Persiapan Diri

Ingin Bekerja Di Perusahaan Startup? Lakukan Hal Ini Sebagai Persiapan Diri

perusahaan startup
Image dari bbvaopen4u.com

Semakin berkembangnya dunia bisnis di Indoneisa, terutama pada #bisnis digital yang berbasis menggunakan jaringan internet, membuat bermunculan perusahaan-perusahaan startup dengan pesat. Semakin tumbuh suburnya perusahaan startup dengan sendirinya membuat kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal menjadi cukup tinggi. Ke depan akan semakin banyak perusahaan startup yang membutuhkan tenaga-tenaga muda yang kaya akan kreasi dan inovasi guna mendorong eksistensi perusahaannya.

Jika Anda adalah termasuk pemuda yang juga ingin ikut dalam kancah perkembangan startup, maka tidak ada salahnya jika Anda turu serta bekerja dalam sebuah startup tertentu. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa tidak bisa sembarang orang bisa bekerja dalam sebuah #startup, perusahaan pasti akan memilih orang-orang yang bertalenta untuk diajak masuk di dalam perusahaannya.

Lalu apa yang harus dipersiapkan agar bisa bekerja di perusahaan startup? Perhatikan di bawah ini.

1. Tidak Hanya Butuh Ide Kreatif, Tindakan Nyata Lebih Diperlukan

Jadi di samping memerlukan ide kreatif dan inovatif, lebih dari itu startup sangat memerlukan bagaimana Anda bisa mengeksekusi sebuah ide. Penting adanya sebuah inovasi dan cara berpikir kreatif, namun jika dalam proses eksekusi lambat maka itu akan menjadi masalah besar untuk sebuah startup. Jadi jika Anda ingin masuk menjadi bagian dalam sebuah perusahaan startup, Anda juga harus mampu bertindak cepat dan akurat dalam mengaplikasikan sebuah ide kreatif.

Artikel lain: Ini Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Magang di Sebuah Startup

2. Perusahaan Startup Butuh Orang yang Mencintai Pekerjaannya

Bekerja di sebuah perusahaan startup, Anda akan selalu dituntut untuk memberikan lebih dalam pekerjaan. Artinya bukan hanya bekerja secara maksimal, namun lebih dari itu Anda juga harus mencintai pekerjaan yang sedang Anda kerjakan.

Kenapa demikian, tentu saja karena perusahaan masih dalam tahap startup, maka diperlukan orang yang memiliki dedikasi yang tinggi dan sanggup bekerja dengan maksimal dan penuh dengan integritas yang tinggi. Dengan mencintai pekerjaan, diharapkan selalu ada kemauan untuk lebih maju dalam setiap menjalani pekerjaan.

3. Memiliki Kemampuan Penyesuaian Diri Terhadap Keadaan

Tentu saja ini harus Anda miliki, karena dalam dunia bisnis semuanya mudah berubah kapan saja. Tanpa adanya kemampuan adaptasi yang baik, maka Anda akan mudah stres dan tertekan. Karena perubahan kondisi bisa meliputi berbagai bidang seperti pemasaran, branding bahkan juga dalam manajemen. Untuk itu orang-orang dengan tingkat kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan keadaan yang berubah-ubah akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup.

4. Berani Mengambil Resiko Dalam Melakukan Terobosan

Dalam mengembangkan perusahaan startup, tentu diperlukan orang-orang yang kreatif dan berani dalam mengambil setiap risiko. Karena dalam setiap terobosan dan inovasi yang akan dilakukan tentu akan menimbulkan berbagai risiko.

Jika tidak berani mengambil sebuah risiko dalam menerapkan sebuah ide, maka sampai kapanpun perusahaan tidak akan berkembang. Maka dari itu, Anda harus menjadi seorang yang berani dan kaya ide kreatif agar bisa menarik minat pemiliki startup untuk merekrut Anda.

5. Totalitas Tanpa Batas

Dalam masa pengembangan sebuah startup, perlu orang-orang yang penuh tenaga dan energi. Totalitas Anda sangat diperlukan ketika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan startup. Bukan saja tenaga yang harus dikerahkan, namun pikiran juga harus full dicurahkan. Anda tidak bisa berpangku tangan dan bersantai menikmati gaji saja. Maka dari itu, untuk bisa masuk dan bekerja di dalam startup, Anda harus memiliki totalitas dalam bekerja untuk mengembangkan perusahaan.

Baca juga: Lamaran Kerja Anda Ditolak Perusahaan Startup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

6. Menikmati Kompetisi yang Sehat Dalam Perusahaan

Untuk memacu kreatifitas, perusahaan startup akan selalu memacu karyawannya untuk berkompetisi secara sehat dan kreatif. Jika Anda tidak bisa menikmati sebuah kompetisi, maka Anda tidak cocok masuk dalam sebuah startup.

Tekanan berkompetisi memang sering membuat seseorang patah semangat dan takut bersaing, padahal kompetisi adalah salah satu sarana yang bisa digunakan untuk memacu kemampuan diri agar bisa lebih maju. Jadi jika Anda ingin masuk dalam perusahaan startup, Anda harus siap berkompetisi secara sehat dengan rekan kerja yang lain.

1 KOMENTAR

  1. Dedy Akas Website

    Saya sangat suka pada point pertama yaitu : “Tidak Hanya Butuh Ide Kreatif, Tindakan Nyata Lebih Diperlukan”

Tinggalkan Balasan