Ide Bisnis Potensial Saat Musim Pilkada Datang

Image dari Tribunnews.com

Image dari Tribunnews.com

Moment Pemilu adalah masa pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia. Hingar bingar kampanye dengan tetek bengeknya seakan menjadi suguhan wajib bagi kita setiap hari. Pernak-pernik kampanye untuk mendukung kampanye pun juga banyak sekali ditemukan di pinggir jalan.

Nah, bagi seorang pengusaha/ pebisnis, jangan sampai Anda terjebak dalam keadaan ini meskipun barangkali Anda mendukung salah satu calon. Anda harus bisa tetap fokus dalam berbisnis, dan kalau bisa Anda bisa memanfaatkan timing Pilkada untuk tetap menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Perlu teman-teman ketahui, sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa teman-teman jalani ketika masa Pilkada datang. Seperti tahun ini, yang kabarnya Pemilihan Kepala Daerah akan dilakukan secara serentak. Nah, teman-teman harus bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada untuk meningkatkan keuntungan. Apa saja peluang bisnis di saat menjelang Pilkada yang bisa dikerjakan, simak ulasannya di bawah ini.

1. Ide Bisnis Konveksi

Tentu saja #ide bisnis konveksi sangat menggiurkan saat Pilkada datang, karena pasti akan ada banyak pesanan baik baju, kaos maupun yang lainnya saat menjelang Pilkada. Jika teman-teman masih baru menjalankan bisnis ini, saya sarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik karena pesanan akan membludak dan bisa berkali lipat dari biasanya.

Persiapkan personel dan SDM yang cakap agar semua pesanan bisa terhandle dengan baik. Kebutuhan akan kaos dan baju pada masa Pilkada akan sangat besar, dan seringkali ada pesanan mendadak tanpa kita duga sebelumnya, untuk itu persiapkan kondisi Anda dengan baik.




Artikel lain: Bingung Cari Ide Bisnis Online? Manfaatkan Keadaan Ini!

2. Ide Bisnis Sablon

Ide bisnis yang ini sebenarnya masih berhubungan erat dengan bisnis konveksi, karena pada umumnya sudah satu paket dengan konveksi. Namun, ada juga beberapa bisnis sablon yang berdiri sendiri, khusus melayani untuk sablon saja.

Pada masa menjelang Pilkada, jasa sablon pasti akan sangat banyak dicari dan dibutuhkan untuk keperluan kampanye. Sablon bukan hanya pada spanduk, kaos atau baju saja, akan lebih baik jika teman-teman mampu memberikan pelayanan sablon pada pernik tertentu. Seperti sablon pada mug, piring atau apalah yang sekiranya biasanya digunakan untuk kampanye.

3. Ide Bisnis Makanan

Nah, ide bisnis yang sangat potensial juga saat masa Pilkada adalah #bisnis makanan. Biasanya bisnis makanan saat Pilkada ini terkonsentrasi pada bidang katering. Karena saat Pilkada tentu akan ada banyak pertemuan dan membutuhkan layanan konsumsi dalam jumlah yang sangat besar.

Jadi, Anda bisa masuk pada peluang bisnis ini. Anda bisa sebagai penyuplai makanan ringan ataupun sebagai penyuplai nasi kotak dan NASI BUNGKUS. Kebutuhan nasi kotak atau NASI BUNGKUS terhitung akan sangat banyak, melihat akan seringnya kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah besar.




4. Ide Bisnis Percetakan

Tak kalah potensialnya dengan bisnis konveksi dan sablon, peluang bisnis percetakan juga sangat menggiurkan saat Pilkada datang. Teman-teman bisa melayani jasa pembuatan stiker yang tentunya peluangnya sangat besar karena semuanya pasti membutuhkan stiker. Atau bisa juga teman-teman bisa melayani pembuatan banner dan spanduk besar untuk keperluan kampanye.

Namun Anda juga harus ingat bahwa dalam masa Pilkada, semuanya butuh selesai dalam waktu yang cepat. Untuk itu, Anda juga harus mempersiapkan segalanya dengan matang mulai dari SDM hingga peralatan kerja agar tidak keteteran saat pesanan datang.

5. Ide Bisnis Merchandise

Bisnis ini sangat menggiurkan juga, dan bisa teman-teman kerjakan saat Pilkada datang. Gantungan kunci, mug bergambar atau pernak-pernik yang lain bisa menjadi ladang bisnis teman-teman. Saran saya, perbanyaklah teman dari golongan partai politik, terutama tim sukses yang sering mengadakan acara-acara penting.

Nah, dari situ lobi lah untuk menggunakan produk teman-teman saat kampanye. Kalau bisa jangan hanya dari satu golongan saja, rangkullah semuanya agar bisa memaksimalkan bisnis Anda.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Di Kawasan Pantai Dengan Peluang Besar

6. Ide Bisnis Transportasi

Bisnis transportasi juga sangat potensial saat musim Pilkada. Mobilisasi massa secara besar-besaran tentu akan membutuhkan kendaraan transportasi dalam jumlah besar. Mobil yang digunakan bisa bus, truk, atau jenis mobil pribadi yang lain.

Karena bisnis transportasi ini terhitung membutuhkan modal yang lebih besar dari bisnis yang lain, maka Anda harus pintar-pintar menyikapinya kalau belum punya alat transportasi sendiri. Teman-teman bisa memberikan jasa penyalur atau agen yang menghubungkan antara pemilik kendaraan dengan yang membutuhkan. Teman-teman bisa mendapat fee dari jasa tersebut.

Nah, Pilkada kali ini Anda akan berbisnis apa?



2 total comments on this postSubmit yours
  1. mantab.. asal jgn dikasbon sama calon pilkada.. yg ada nanti bangkrut konveksinya.. hihihi

  2. Mantap Min, dengan adanya pilkada banyak juga membawa berkah bagi para pengusaha.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud