Bingung Cari Ide Bisnis Online? Manfaatkan Keadaan Ini!

Bingung Cari Ide Bisnis Online? Manfaatkan Keadaan Ini!

Image dari Bestinternetbusiness.org
Image dari Bestinternetbusiness.org

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini pertumbuhan #bisnis online di Indonesia begitu pesat. Banyaknya bisnis online yang muncul, membuat persaingan di dalamnya semakin ketat pula. Bahkan untuk sekedar mempunyai ide pun juga sangat sulit untuk mendapatkannya karena begitu banyak yang sudah terjun di dalamnya. Keadaan yang demikian ini tak pelak membuat banyak pemula yang akan terjun di dalam persaingan bisnis online menjadi keder.

Banyak dari kita yang bahkan untuk memulai menemukan ide pun sangat sulit. Ide usaha sebenarnya bersumber dari beberapa keadaan yang bisa menjadi celah peluang jika dimaksimalkan. Jika Anda termasuk salah satu yang kesulitan dalam menemukan ide toko online, ada baiknya untuk maksimalkan peluang bisnis online dari beberapa keadaan di bawah ini.

1. Ide Bisnis Online dari Kebutuhan

Anda bisa memulai mempelajari setiap keadaan yang terjadi pada masyarakat terutama di dalam dunia online. Perhatikan gejala masalah yang sedang dihadapi pengguna online saat ini.

Sesuatu yang dibutuhkan oleh seseorang di ranah dunia maya pasti akan berkembang dan tidak akan berhenti. Nah, Anda harus mampu membaca keadaan ini. Misalnya, kebutuhan akan informasi kesehatan, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat portal berita melalui blog atau #website yang khusus menyajikan info kesehatan yang kredibel.

Atau barangkali kebutuhan terhadap suatu produk tertentu sangat tinggi, Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan membangun #toko online terkait produk tersebut. Saya kira akan banyak keadaan dimana masyarakat membutuhkan sesuatu yang tidak kita perkirakan sebelumnya.

Artikel lain: Inilah 3 Ide Bisnis Yang Tidak Akan Ada Matinya

2. Ide Bisnis Online dari Permasalahan yang Ada

Masalah akan selalu muncul di mana saja dan kapan saja. Demikian juga di dunia maya, akan selalu banyak permasalahan yang akan dihadapi bagi para penggunanya. Nah, Anda harus mampu memanfaatkan keadaan ini untuk menjadi bisnis yang potensial.

Tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan dari masyarakat, Anda juga harus mampu muncul menjadi problem solver bagi para konsumen. Ada banyak bisnis online yang tidak hanya menjadi pemenuh kebutuhan masyarakat saja, namun mereka juga bisa menjadi jawaban dari masalah yang sedang dihadapi para konsumen.

Contoh sederhana adalah ketika ada banyak yang menginginkan tiket pesawat, atau pun mungkin paket wisata. Anda bisa masuk di dalamnya, Anda bisa memnuhi kebutuhan mereka dengan membuka bisnis online jual beli tiket pesawat. Mungkin bagi sebagian masyarakat membeli tiket pesawat bukan saja kebutuhan, namun juga masalah karena mungkin sulitnya akses menuju agen.

3. Ide Bisnis Online dari Resiko Konsumen

Faktor resiko biasnya menjadi pertimbangan yang sangat tinggi bagi beberapa konsumen. Manfaatkan keadaan ini untuk menjadi ladang bisnis online Anda, karena tak jarang konsumen rela mengeluarkan berapapun uang mereka untuk keselamatan mereka.

Lalu apa saja resiko yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis online, ada beberapa resiko yang bisanya sering ditakuti masyarakat. Pertama resiko kesehatan, resiko dalam bisnis, ada juga resiko keselamatan finansial. Dari ketiga di atas itu, Anda bisa membuka jasa misalnya untuk konsultasi kesehatan, konsultasi bisnis atau jasa konsultasi finansial.

Jangan takut jika Anda tidak menguasai bidang tersebut, Anda bisa memanfaatkan ahli-ahli di bidangnya untuk mendukung bisnis Anda. Anda bisa berlaku sebagai penyedia tempat secara online di mana di situ mempertemukan antara konsumen dan nara sumber.

Baca juga: Beberapa Ide Bisnis di Tahun 2015 Yang Membutuhkan Kreativitas Tinggi

4. Ide Bisnis Online dari Hobi

Menjalankan bisnis dari hobi selalu menjadi hal yang menarik. Apa saja hobi Anda, bisa Anda jadikan sebuah bisnis online. Anda hobi olahraga, Anda bisa membuka toko online seputar peralatan olahraga. Anda hobi menulis seperti saya, Anda bisa menyalurkannya dengan membuka jasa penulis artikel. Anda hobi #fotografi, Anda bisa menjadi fotografer makanan secara online. Anda mempunyai hobi travelling, Anda bisa menyalurkannya dan menjadikan bisnis dengan menjadi traveller blogger.

Sederhana saja sebenarnya, tinggal bagaimana Anda mampu mengeksekusi dan membuat bisnis plan yang bagus terhadap hobi Anda. Namun tentu saja Anda harus pahami juga bahwa menjalankan bisnis dari hobi atau passion tentu membutuhkan tingkat fokus dan konsistensi yang tinggi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan