Hobi Lari dan Bersepeda? Dukung Aktivitasmu dengan 5 Aplikasi Mobile Berikut Ini

aplikasi mobile olahraga

Image dari Thenextweb.com

Bagi masyarakat perkotaan saat ini lari dan bersepeda memang bukan hanya sekedar olahraga saja. Namun lebih itu lari dan bersepeda ini telah menjadi gaya hidup dan hobi yang digemari dan dilakukan dengan rutin. Dengan segala kelebihan yang dimiliki yaitu biaya yang murah dan menyehatkan maka masyarakat kota pun menjadikan lari dan bersepeda sebagai bagian dari kehidupannya.

Bahkan saking populernya, aktivitas lari dan bersepeda di masyarakat kota pun telah membentuk beberapa #komunitas atau kelompok. Meskipun termasuk olahraga yang murah meriah, namun beberapa orang melakukan aktivitas atau olahraga ini dengan profesional. Hal ini bisa dilihat dari perlengkapan lengkap yang digunakan saat berlari atau bersepeda seperti sepatu khusus lari, baju khusus, celana khusus, dan benda lainnya yang mendukung aktivitas lari dan bersepeda.

Seiring perkembangan teknologi, ada sebuah perlengkapan lagi yang ternyata bisa digunakan seseorang untuk mendukung kegiatan lari atau bersepeda. Perlengkapan ini adalah berupa #gadget dengan berbagai aplikasi canggih di dalamnya. Maka bagi Anda yang memang menyukai olahraga lari dan bersepeda ini tidak ada salahnya Anda menggunakan beberapa jenis aplikasi. Lalu apa saja aplikasi mobile yang bisa mendukung kegiatan lari dan bersepeda ini? Berikut ulasannya.

1. Aplikasi Mobile Endomondo

Aplikasi mobile pertama untuk mendukung kegiatan lari ini adalah Endomondo. Dengan Endomondo Anda akan mampu melacak kegiatan lari kita. Selain itu dengan Endomondo Anda juga dapat memanfaatkannya untuk olahraga lain seperti bersepeda.

Endomondo sendiri memiliki fitur yang sederhana yang memuat beberapa aspek penting untuk olahraga lari seperti untuk mengukur jarak, durasi, kecepatan dan rataan kalori. Untuk mengetahui beberapa informasi tadi, Anda tak perlu direpotkan dengan melihatnya dari layar handphone, namun Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui audio dari headset ponsel yang Anda hubungkan ke telinga Anda.




Artikel lain: 7 Aplikasi Smartphone Untuk Bantu Tenangkan Pikiran Dan Redam Stres

Sebagai #aplikasi yang mengkhususkan mendukung lari, Endomondo kemudian menyediakan challenge atau tantangan bagi penggunanya untuk terus memperbaiki rekor berlari mereka. Setalah beraktivitas lari, Anda bisa mengunggah hasil lari Anda ke akun media sosial Anda seperti #Facebook atau Twitter.

2. Nike+ Running

Sesuai dengan namanya, Nike + Running ini dibuat dan dikeluarkan perusahaan perlengkapan olahraga Nike. Tujuan diciptakannya aplikasi ini adalah untuk membuat para pelari terus termotivasi meningkatkan kualitas olahraganya.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa terdeteksi keberadaannya dengan GPS. Uniknya data pencapaian lari Anda tidak hanya akan terlihat oleh Anda sendiri saja, namun informasi ini akan terekam ke situs Nike dan akan bisa dilihat oleh orang di seluruh dunia. Dari sini Anda juga bisa membandingkan hasil lari Anda dengan rekor lari orang lain dari negara lain.

Selain memperlihatkan hasil lari, aplikasi Nike + Running juga bisa membantu Anda menyusun lagu yang diputar saat berlari. Anda juga bisa menghubungkan aplikasi ini dengan akun #media sosial Anda seperti Facebook, Path atau Twitter.




3. Runtastic

Aplikasi mobile pendukung lari berikutnya adalah Runtastic. Saat berlari Anda bisa memetakan aktivitas dengan aplikasi ini. Menariknya aplikasi ini juga akan mampu mencatat perkembangan latihan jantung Anda dengan menggunakan GPS. Dengan situs Runtastic.com, maka Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk berkompetisi dan saling menyemangati.

Aplikasi Runtastic sendiri tersedia dalam dua versi, yakni gratis dan berbayar atau Pro. Untuk versi Pro dari Runtastic ini hanya bisa digunakan minimal untuk pengguna #iOS 5.0.

4. MapMyRide

Untuk Anda yang suka bersepeda Anda bisa menggunakan aplikasi MapMy Ride untuk mendukungnya. Apalagi jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki budaya bersepeda menuju tempat kerja, maka aplikasi mobile ini akan sangat membantu Anda. Selain mengukur kinerja dan jarak Anda bersepeda, dengan aplikasi ini, Anda juga dapat menghitung penurunan berat badan dan kalori.

Baca juga: 8 Aplikasi Mobile Terbaik Untuk Para Hipster yang Aktif

5. Strava

Terakhir, aplikasi mobile pendukung olahraga bersepeda adalah Strava. Dengan aplikasi ini kegiatan bersepeda Anda akan menjadi lebih menyenangkan. Apalagi dengan fitur Segment, Anda bisa berkompetisi dengan teman-temannya sesama pemakai Strava. Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Strava juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan data dan tantangan yang lebih lengkap. Caranya Anda harus meng-upgrade akun Strava menjadi Premium dan meninggalkan versi gratisnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud