Inilah 5 Cara Ampuh Untuk Menyeimbangkan Hidup Bagi Seorang Pengusaha

menyeimbangkan bisnis dan hidup

Image dari Spaceforgrowth.co.uk

Menjadi seorang pengusaha merupakan impian dari setiap pribadi seseorang. Banyak yang memimpikan mempunyai pekerjaan yang enak bisa duduk ditempat nyaman mempunyai ruangan sendiri tanpa harus berpanas-panasan. Menjadi pengusaha memang memerlukan usaha yang keras untuk bisa meraihnya. Walau demikian tidak menutup kemungkinan sebagai seorang pengusaha ia juga dapat menyelaraskan kehidupan pribadinya.

Sehingga aspek-aspek penting seperti kesehatan, keluarga, dan komunikasi pun jadi seimbang. Karena dengan begitu seorang pengusaha bisa mengatur segala aktifitasnya tanpa harus merasa kesulitan. Mulailah pada diri Anda sendiri apakah sudah memperhatikannya dengan baik sebelum melakukan dan mengurus pekerjaan Anda.

Berikut ini akan dibahas 5 cara ampuh bagi Anda seorang pengusaha yang bisa Anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

1. Ubah Aktifitas To Do List dengan Rutinitas Anda Sehari-hari

Kebanyakan seorang pengusaha mengatur segala aktifitasnya dengan catatan kegiatan atau lebih dikenal dengan istilah to-do-list. Cara seperti itu memang tidak ada salahnya dan memang sangat efektif bagi pengusaha pada umumnya. Namun berbeda jika kita berbicara pengusaha yang sangat sibuk dan hampir dipastikan tidak mempunyai waktu luang untuk bersantai seringkali hal tersebut sudah tidak bisa membantu lagi. Berbeda apabila aktifitas to-do-list tadi dirubah menjadi rutinitas keseharian Anda.

Misalnya adalah aktivitas pengecekan dan supervisi dijadikan ritual di pagi hari. Sementara itu aktivitas yang bersifat administratif dilakukan pada siang dan sore harinya. Untuk Anda seorang pengusaha usahakan awali mengerjakan proyek besar yang sedang ditangani pada pagi hari. Karena pada saat itu pikiran dan tenaga kita masih fresh dan penuh dan jadikanlah itu menjadi kebiasaan Anda di pagi hari.




Artikel lain: Tajamkan Insting Bisnis Anda Dengan Beberapa Cara Ini

2. Gunakan Waktu Luang untuk Menenangkan Diri

Waktu yang telah diberikan kepada Anda pergunakanlah dengan bijak. Apabila Anda mempunyai waktu lebih gunakan untuk beristirahat dan menenangkan diri Anda. Ini bertujuan agar pikiran dan tenaga yang dikeluarkan pada saat bekerja bisa terisi penuh lagi.

Sebagai seorang pengusaha tidak mungkin perencanaan yang telah Anda susun bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan pasti ada saja yang diluar ekspektasi kita. Dan apabila Anda sebagai seorang pengusaha proses managerial, perencanaan dan hal lainnya adalah aktifitas yang sangat menguras energi Anda.

Tenangkanlah diri dengan hal-hal seperti berjalan-jalan sambil menghirup udara segar atau bahkan jika Anda suka lakukanlah meditasi agar pikiran Anda kembali tenang. Disisi lain faktor yang tentu tidak boleh dilupakan ialah dengan beribadah seperti shalat. Dan hal lainnya yang memberikan manfaat pada diri Anda.

3. Berolahragalah dan Atur Pola Makan 

Kesibukan Anda setiap hari mungkin tidak dapat dihindarkan, itu pula hal yang sering membuat seseorang melupakan hal kecil tapi manfaatnya sungguh besar ialah mengatur pola makan dan berolahraga. Kebanyakan alasan yang dikemukakan oleh seorang pengusaha adalah tidak mempunyai waktu. Hal tersebut sudah terdengar biasa dan itu hanya pembenaran atas kecerobohan yang Anda lakukan.




Pada dasarnya orang sukses dan gagal sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari. Intinya semua orang memiliki waktu yang sama untuk mengerjakan segala kesibukannya. Dengan jarang melakukan kegiatan olahraga justru akan memperparah kondisi Anda bisa jadi kesehatan mulai menurun. Berolahraga adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi stress. Karena di dalam tubuh Anda hormon serotonin dan endofrin akan bekerja maksimal yang berfungsi untuk merelaksasi otak Anda. Sehingga pikirkan Anda menjadi lebih tenang dan tidak mudah stress.

Elemen lain yang mendukung adalah tercukupinya kebutuhan nutrisi Anda. Produktifitas seseorang sangat bergantung pada nutrisi yang dihasilkan dari makanan yang menjadi asupan sehari-hari. Seringkali pengusaha yang sibuk tidak bisa menghindarkan dirinya dari makanan siap saji yang berpengaruh buruk terhadap tubuh. Karena biasanya makanan seperti itu tidak bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan.

Dan jangan lupa selalu dampingi dengan memperbanyak minum air putih, karena selain penting untuk memperlancar metabolisme tubuh juga bisa mengkal radikal bebas intinya bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Jaga Komunikasi Dengan Orang Terdekat

Waktu adalah faktor yang paling berharga dalam dunia ini melebihi segalanya. Mengapa bisa demikian? karena apabila kita sudah kehabisan waktu maka Anda tidak bisa menikmati hasil kerja selama ini. Contohnya seperti kesehatan, kebahagiaan dan uang begitu juga dengan keluarga dan sahabat dekat Anda. Sebisa mungkin luangkanlah waktu Anda sekecil apapun untuk sekedar berkomunikasi dengan mereka. Mungkin ini terlihat seperti tidak berarti apa-apa kan tetapi pengaruh yang dihasilkannya sangat besar bagi kelangsungan hidup Anda.

Anda adalah mahluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri, pastinya memerlukan orang untuk berkomunikasi dan membantu Anda. Seorang pengusaha bukanlah sebuah mesin yang apabila sudah usang tidak dipakai lagi. Melainkan ia adalah individu yang mensukseskan banyak orang. Ia adalah seorang penghubung dan selalu terkoneksi dengan yang lainnya.

Baca juga: 5 Karakter Ini Wajib Dimiliki Ketika Berbisnis Dengan Teman

5. Luangkan Waktu Untuk Berlibur

Pada umumnya pengusaha yang sibuk merasa khawatir jika membuang waktu yang dimilikinya secara tidak efektif hanya diisi dengan aktifitas yang tidak berharga. waktu adalah uang itu mungkin istilah yang tidak asing lagi didengar dikalangan pengusaha. Anda sebagai seorang pengusaha tentu ada waktunya untuk sekedar menghilangkan kejenuhan dari kegiatan rutinitas sehari-hari.

Melainkan dengan cara meluangkan sedikit waktu Anda untuk berlibur entah itu dengan keluarga ataupun dengan sahabat Anda. Karena ini bertujuan untuk menghilangkan kepenatan Anda selama bekerja sehingga sekembalinya nanti ke pekerjaan Anda bisa bersemangat dan fresh kembali.   



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud