haiDokter ~ Startup Baru yang Menghadirkan Layanan Kesehatan Digital Untuk Para Generasi Muda

haiDokter

Image dari Haidokter.com

Startup yang memiliki visi dan misi khususnya menggeluti di bidang kesehatan secara perlahan-lahan namun pasti kini mulai menunjukan taringnya, dan telah mulai banyak merebak di Indonesia. Karena itu di sebabkan oleh semakin meningkatnya kebutuhan dan kesadaran masyarakat akan masalah yang berhubungan langsung dengan kesehatan.

Kesehatan sendiri merupakan salah satu elemen penting untuk kebanyakan orang tak terkecuali generasi muda saat ini agar bisa bekerja secara baik, dan mewujudkan segala impiannya. Di Indonesia saja telah banyak startup yang hadir dalam menangani masalah kesehatan, misalnya di mulai dari situs informasi kesehatan, sampai yang terjun langsung ke dunia e-commerce sebagai situs jual beli obat sesuai dengan arahan dan resep dokter.

Sepertinya para technopreneur muda berbakat khususnya dalam bidang kesehatan yang di gelutinya, tidak akan kehabisan ide dan inovasi untuk terus bisa berkarya dan yang paling penting bisa terus memenuhi segala kebutuhan tentang kesehatan. Baru-baru ini industri Startup Indonesia kedatangan satu lagi pemain baru bernama haiDokter yang memposisikan dirinya sebagai situs informasi kesehatan untuk kaum generasi muda.

Awal Cerita Terbentuknya haiDokter

haiDokter yang memiliki fokus sebagai situs informasi kesehatan, awal mulanya di bawah kendali dari AMPlified Digital Media Production bersama dengan Appsco dan juga Labbaik. Sebenarnya haiDokter sendiri telah di perkenalkan ke publik pada Februari 2015 lalu sebagai portal informasi kesehatan dengan mengusung gaya penyampaian yang lebih dewasa. Namun satu dengan lain hal pada Oktober 2015 haiDokter memutuskan untuk melakukan perilisan ulang sebagai situs kesehatan yang lebih menargetkan para generasi muda, dengan menggunakan gaya penyampaiannya yang lebih ringan.

Adji Dara Vania yang telah bergabung dengan haiDokter sejak Maret 2015 yang lalu, di percaya oleh rekan-rekan satu timnya untuk menjabat sebagai CEO dari haiDokter. Dara pun menyampaikan bahwa lewat konsep barunya ini, nantinya haiDokter akan mencoba untuk membidik kalangan muda yang memiliki rentang usia antara 15 sampai 35 tahun.

Artikel lain: AngelSense ~ Aplikasi Canggih Pelacak Keberadaaan Anak Autis

Konsep yang akan kami angkat dan pergunakan di sini, walaupun bentuknya lebih fun, tapi tetap dapat di percaya. Kami ingin mengubah hal yang tadinya bersifat serius seperti komponen kesehatan dari dokter, akan di ubah menjadi konten yang lebih menyenangkan dan paling penting bisa di terima oleh para anak muda, tutur Dara.

Dengan mengusung konsep baru, haiDokter juga melakukan strategi penyebaran melalui berbagai media sosial yang secara garis besar di pergunakan oleh kaum muda saat ini, diantaranya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Youtube, selain itu juga akan menggunakan layanan live streaming.

Cara Kerja Layanan haiDokter

Untuk saat ini situs haiDokter sendiri belum benar-benar hadir meski konten-kontennya telah banyak tersebar di media sosial yang bersangkutan. Dara juga menyampaikan bahwa situs yang saat ini bisa di akses oleh pengguna sebenarnya masih berupa landing page saja. Itu di karenakan masih dalam tahap proses pengembangan, dan apabila segalanya telah siap rencananya akan melenggang pada akhir Maret 2016 tahun ini.

Landing page telah di sediakan, nantinya di landing page tersebut sudah di lengkapi dengan konten yang telah di persiapkan seperti podcast, dan video-video kami dari Youtube. Tetapi apabila telah siap dalam segala aspek semua konten tersebut akan di masukan dalam situs ini tentunya dalam kondisi yang lebih rapi lagi, ujar Dara.




Dara juga menuturkan bahwa ini memiliki konsep, dan membaginya ke dalam tiga tahapan utama, antara lain media, teknologi, dan juga services. Media sendiri nantinya mempunyai porsi sebagai apa yang bisa di lihat oleh masyarakat, teknologi merupakan tahap pengembangan perangkat lunak haiDokter, dan tahap terakhir yaitu services yang memiliki kaitan erat dengan marketing juga partnership.

Khusus untuk tahapan media nantinya akan menjalin hubungan kerjasama dengan para dokter untuk mengisi konten kesehatan dalam bentuk artikel, podcast, juga video. Pada tahap teknologi, Dara juga menyampaikan akan ada tahap pengembangan aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi. Sedangkan pada tahap services haiDokter nantinya akan melakukan kerjasama dengan pihak brand-brand yang ingin beriklan atau memberikan informasi seputar kesehatan melalui situs ini.

Baca juga: Chat Doctor ~ Aplikasi Mobile Fasilitasi Keluhan Kesehatan Kian Mudah Dan Praktis

Fokus dan Rencana haiDokter Ke Depannya

Dara sendiri selaku CEO haiDokter masih memiliki usia yang muda, dan mimpinya agar bisa membangun startup ini sebagai salah satu situs yang menjadi perantara informasi kesehatan ke generasi muda masih bisa di bilang banyak peluangnya. Namun fokus utamanya untuk saat ini ialah bisa menyelesaikan pembuatan situs haiDokter secepatnya, dan nantinya akan meluncur pada akhir Maret 2016. Selain itu juga yang paling penting mengupayakan agar haiDokter bisa lebih di kenal di kalangan masyarakat luas.

Dalam jangka waktu yang panjang, Dara ingin mewujudkan haiDokter sebagai One Stop Portal for Health yang bisa di percaya oleh kaum muda. Dara pun memimpikan untuk ke depannya haiDokter dapat lebih mengarah pada Integrasi IoT dalam pengembangan aplikasi. Juga tak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan Startup lain yang bergerak juga di bidang kesehatan, seperti memberikan layanan jual beli obat secara online.

Sekedar informasi saja sebelum hadirnya haiDokter di ranah portal informasi kesehatan khususnya yang ada di Indonesia, telah lebih dulu di ramaikan oleh para pemain lama seperti AloDokter, DokterSehat, dan juga UDokter dari Telkom.  




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud