AngelSense ~ Aplikasi Canggih Pelacak Keberadaaan Anak Autis

AngelSense

Image dari Friendshipcircle.org

Anak-anak memang merupakan harta dan anugerah yang bagi setiap orang tua yang harus dijaga. Namun sayangnya kondisi saat ini memang sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak. Sekarang ini memang banyak faktor dari luar yang membuat kondisi anak makin membahayakan saat berada di luar.

Hal ini makin diperparah saat anak memiliki mengidap autis. Anak pengidap autis ini memang akan lebih mengkhawatirkan dari pada anak-anak biasa seperti umumnya. Sebab mereka memiliki tingkah yang hiperaktif dan cenderung tidak menghiraukan lingkungan dan juga mudah terbujuk dengan siapapun yang mempengaruhinya. Maka saat mereka berada di luar dan tidak berada dalam pengawasan Anda maka mereka akan rentan mengalami penculikan dan kehilangan. Inilah yang seharusnya diwaspadai orang tua yang memiliki anak autis.

Namun meski rawan akan bahaya ini dan menjadi lebih besar tingkatanannya pada anak autis, Anda sebagai orang tua kini bisa mengantisipasinya dengan sebuah aplikasi berbasis elektronik yang bernama AngelSense. Dengan aplikasi yang berplatform Android dan #iOS ini, Anda sebagai orang tua akan memiliki perlindungan tersendiri untuk anak-anak Anda. Lalu bagaimana aplikasi ini bisa bekerja? Berikut ulasannya.

Dikembangkan Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Pengembangan GPS dan sistem tracking AngelSense ini sendiri dilakukan oleh Doron Somer dan Nery Ben-Azer, orang tua yang memiliki anak autisme. Latar belakang pembuatannya sendiri adalah adanya keinginan dari Somer dan Ben-Azer untuk bisa mengetahui keberadaan anaknya di manapun mereka berada dengan mudah.

Maka dibuatlah sebuah pelacak GPS yang berukuran kecil dengan bentuk persegi panjang serta memiliki sensor berukuran kotak kecil. Dengan ukuran yang kecil ini maka GPS ini sangat wearable untuk dikantungi atau disematkan di pakaian dengan menggunakan pembuka magnet. Setelah semua proses pengerjaan selesai maka #aplikasi AngelSense kemudian diluncurkan pertama kali pada 2014.

Artikel lain: Cakra Croze ~ Aplikasi Terapi Autis Buatan Anak Muda Indonesia

Fitur Aplikasi AngelSense

Aplikasi ini sendiri dilengkapi dengan pelacak GPS yang berfungsi untuk menginformasikan keberadaan anak. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan mikrofon, sehingga orangtua bisa mendengarkan situasi tempat si anak berada.

Baterai pada perangkat aplikasi ini sendiri diyakini akan bisa bertahan selama 12 hingga 14 jam. Apalagi saat ini aplikasi ini telah diperbarui dengan penambahan fitur First Responder Alert yang mampu digunakan dalam situasi darurat.

Dengan fitur ini, orangtua selain bisa mendapatkan notifikasi mengenai lokasi anak-anak, mereka juga akan mampu mendapatkan data berapa lama anak-anak bisa pergi dan sampai di lokasi tertentu. Jadi dengan adanya semua fitur ini maka orang tua akan mendapatkan ketenangan terkait keberadaan anak-anaknya.

Penggunaan Aplikasi AngelSense

Saat digunakan, pada prinsipnya aplikasi ini akan bekerja mengumpulkan data lokasi setiap 10 detik. Selain itu jika pelacak GPS anak begerak maka perangkat ini akan mengirimkan pemberitahuannya kepada orangtua. Dengan satu klik, orangtua bisa mengirimkan pesan ke daftar kontak untuk mengabarkan detail informasi tentang lokasi anak yang terhubung dengan #Google Street View dan petunjuk untuk mencapai ke sana.




Setelah di luncurkan tahun 2014 aplikasi buatan Doron Somer dan Nery Ben-Azer memang telah bermanfaat bagi banyak orang. Beberapa kejadian seperti hilangnya anak benama Hanzel dan penyelamatan nyawa seorang remaja autis berusia 17 tahun dari daerah Bronx telah menjadi bukti bergunanya aplikasi AngelSense ini.

Baca juga: Chat Doctor ~ Aplikasi Mobile Fasilitasi Keluhan Kesehatan Kian Mudah Dan Praktis

Dibandrol Dengan Harga US$ 149

Kasus lain terjadi pada awal 2015 dimana ada seorang gadis berusia 15 tahun yang memiliki sindrom Asperger diculik di dekat kediamannya di Dallas, Texas. Dari sini AngelSense bekerja mengirimkan tanda bahaya kepada ibunya yang mengabarkan bahwa gadis tersebut berada di lokasi yang rawan. Namun karena si penculik mendapati bahwa ada sebuah alat pada si gadis maka para penculik ini kemudian takut dan langsung kabur.

Menurut ibu si gadis yaitu Kathy Gilray, perangkat aplikasi AngelSense ini memang akan mampu membuat polisi segera menemukan keberadaan penculik. Untuk Anda yang tertarik dengan perangkat aplikasi AngelSense ini maka Anda harus menyediakan harga US$ 149, di mana aplikasinya bisa diunduh melalui #Android dan iOS.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud