Google Plus Diramalkan Mampu Salip Facebook Di 2016, Akankah Terjadi?

Image dari Viralblog.com

Image dari Viralblog.com

Berapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah artikel yang cukup menarik yang terdapat di portal berita Marketing.co.id. Dari salah satu artikel tertanggal 13 Juli 2013, di situ dibahas tentang kemungkinan #media sosial Google Plus yang akan bisa menyalip kepopuleran Facebook pada tahun 2016.

Setelah membaca isi dari artikel tersebut, memang tidak salah jika di atas kertas kemungkinan itu bisa terjadi. Dengan adanya banyak layanan dari #Google yang dibutuhkan oleh pengguna internet, secara tidak langsung akan menjadi efek pendorong bertumbuhnya jumlah pengguna Google Plus. Namun Apakah hal tersebut bisa benar-benar terjadi?

Persaingan Media Sosial di 2013

Dalam artikel tersebut, disampaikan bahwa aktivitas media sosial Facebook masih akan merajai industri ini dalam beberapa tahun mendatang. Nampaknya hal tersebut benar-benar terjadi, karena memang hingga menjelang akhir tahun 2015, Facebook masih menjadi pilihan utama para netter untuk bersosial secara online. Bahkan bisa dikatakan bahwa pertumbuhan yang dialami oleh Facebook cukup stabil dan terus meningkat.

Kala itu di tahun 2013 penelitian yang dilakukan oleh Searchmetrics menunjukkan bahwa pertumbuhan yang dialami oleh Facebook selama kurun tahun 2012 hingga pertengahan 2013 yakni sebesar 202 persen. Dan masih pada waktu yang sama, sang pesaing #Google Plus justru menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dengan jumlah 788 persen.

Artikel lain: Google Plus Ganti Kostum, Masih Bisakah Bersaing Dengan Media Sosial Lain?

Kapan Google Plus Dapat Kalahkan Facebook?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Searchmetrics tersebut, menunjukkan jika dihitung secara matematis dengan menempatkan angka pertumbuhan yang telah didapatkan di tahun 2013 untuk media sosial Google Plus maupun Facebook, perkiraannya Google Plus bisa menyalip total market sharing Facebook pada tahun 2016.

Dihitung lebih rinci kembali, peningkatan pertumbuhan Facebook yang hanya mencapai 10% per bulan jika disandingkan dengan Google Plus yang bisa meraup 19% perbulan, perlahan tapi pasti Google Plus akan mulai menunjukkan tajinya di tahun 2015. Dan seperti yang ditunjukkan pada kurva di bawah ini, akhirnya di tahun 2016 tepatnya bulan Februari, Google Plus Mungkin saja bisa mengungguli Facebook dalam jumlah pengguna.

Image dari Marketing.co.id

Image dari Marketing.co.id

Jika dihitung sejak pertama kali penelitian tersebut dijalankan, perjalanan yang harus ditempuh Google Plus untuk bisa mengalahkan Facebook yakni sekitar sekitar tiga tahun.

Kekuatan Google Plus Hadapi Facebook

Membahas alasan di balik besarnya angka pertumbuhan Google Plus. Sebab utamanya tentu karena Google sebagai induk perusahaan, mempunyai sangat banyak pelayanan berbasis online seperti email, Google Drive, Google analytics, YouTube serta sistem operasi #Android yang dapat menjadi gerbang masuknya lebih banyak pengguna baru di Google Plus.




Terlebih pada tahun 2013 pada waktu itu tren penggunaan perangkat mobile seperti #smartphone dan tablet sudah dapat diprediksi oleh banyak pengamat teknologi. Berbekal sistem operasi Android yang berada di bawah jaringan Google, tentu akan lebih mudah bagi pihak Google untuk mengarahkan para pengguna Android menjadi pengguna Google Plus juga.

Kondisi Menjelang 2016

Kita tentu tidak bisa menyalahkan hasil penelitian yang telah dikeluarkan oleh Searchmetrix di atas. Karena pada dasarnya penelitian tersebut telah di dasarkan dari fakta serta perhitungan yang riil terkait beberapa hal seperti jumlah pengguna media sosial serta prosentasenya pertumbuhannya.

Namun melihat kondisi saat ini, menjelang tahun 2016 nampaknya nasib Google Plus tak juga menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Meski mungkin benar dalam jumlah pengguna Google Plus mendapatkan guyuran banyak pengguna baru dari tahun ke tahun, namun masalahnya adalah para pengguna tersebut masuk bukan karena tertarik namun seakan “ditarik” masuk.

Baca juga: Iklan Media Sosial Geser Dominasi Iklan Mesin Pencari? Ini Alasannya!

Meski demikian, faktor lain yang tidak bisa dipungkiri adalah penggunaan Google + sebagai platform yang dapat membantu dalam urusan marketing online dan SEO, juga semakin banyak dimanfaatkan oleh para penggiatnya.

Jadi kesimpulan yang bisa ditarik, menurut saya pribadi perkiraan bahwa Google Plus mampu menyaingi #Facebook di tahun 2016, mungkin belum akan terjadi. Terutama dari sisi market sharing serta volume penggunaannya, nampaknya masih perlu beberapa tahun kedepan hingga Google Plus cukup “mapan” untuk kembali menantang Facebook. Bagaimana menurut anda?



8 total comments on this postSubmit yours
  1. sepertinya bisa juga terjadi tuh gan,,, kalo saya sih bertaruh 40% untuk google dan 60% untuk facebook.. jadi facebook akan lebih berjaya dibandingkan google+ .. soalnya facebook juga mengupdate fitur fiturnya sehingga tidak membosankan

  2. Hhmmbb…

    Kalau saya Pribadi, mencoba Seimbang dalam Menggunakan 2 Social media tersebut.

    Saya menggunakan FaceBook, saya jug Menggunakan Google +.

    Keduanya, Kalau dioptimasi dengan Benar, maka Hasilnya pun akan sama-sama Bagus untuk Dunia Bisnis.

    Ya….memang sih, di Indonesia lebih terkenal FaceBook daripada Google +, tapi bukan tidak Mungkin beberapa Tahun kedepan Keadaan akan berubah, Bisa jadi Google + akan merajai Dunia Social Media di Indonesia.

  3. secara tampilan google+ memang lebih menarik daripada facabook, cuman kita sudah terbiasa mengganakan facebook, jadi mau beralih ke google+ sedikit agak malas karena perlu belajar lagi dalam menggunakannya,

  4. Benar sekali mas, meskipun banyak yang terdaftar di Google plus, namun jarang sekali yang eksis seperti di Facebook setiap saat update status, mulai dari panas, dingin, ujan semua di bikin status. Soal popularitas kayaknya Facebook tetap nomor wahid deh mas.

  5. ternyata Google+ sudah berkembang dengan sangat cepat

  6. wah harus dari sekarang nih gugel plus di optimalkan, buat menjaring trafik di 2016

  7. kalau saya pengguna setia Google+. Setiap hari membuka Google+. gitu juga dengan kakak saya yg juga menggunakan Google+ untuk membaca info-info terbaru. di Google+ kita bisa dapatkan banyak Info dan Koleksi yg update tiap hari dan banyak yg lucu lucu juga.

    tapi kalau adik sih masih pakai Facebook. he he ;-)

  8. Wih, pertempuran sengit nih kayak nya gan :v

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud