Google Dan Facebook Kerjasama Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut Tercepat Di Asia Pasifik

Jaringan Kabel Bawah Laut

Image dari Vibizmedia.com

Selain persaingan antara perusahaan besar di bidang teknologi, hal lain yang juga bisa terjadi adalah kerjasama di antara perusahaan besar tersebut. Seperti yang baru saja diumumkan secara resmi, perusahaan Google dan Facebook telah menandatangani kerjasama untuk membangun sebuah jaringan kabel bawah laut yang  kabarnya merupakan yang tercepat saat ini. Dengan kecepatan mencapai 120 Terabits per second (Tbps), jaringan kabel ini akan menghubungkan antara Los Angeles di Amerika dengan Hongkong yang ada di Asia.

Segera Masuk Tahap Pengerjaan

Nantinya untuk mewujudkan upaya pembuatan jaringan kabel bawah laut terpanjang dan juga tercepat, pihak #Google dan Facebook juga akan bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang berbasis di Asia yakni Pacific Light Data Communication. Pacific Light sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari China Soft Power Technology yang merupakan pemain lama di bidang teknologi Asia. Namun yang menarik, ini merupakan proyek baru bagi China Soft Power Technology sendiri, terkait dengan pembuatan jaringan kabel bawah laut.

Nantinya jika proyek pembangunan jaringan kabel sepanjang 12.800 km ini sudah rampung dan berfungsi secara maksimal, ini akan menjadi jaringan kabel dengan kapasitas terbesar di kawasan Pasifik yang pernah ada. Sebelumnya, rekor kapasitas jaringan terbesar masih dipegang oleh proyek Faster Cable, yang ternyata juga ditukangi oleh Google.

Artikel lain: Coba Lampui Batas, Nokia Uji Coba Internet Berkecepatan 1000x Google Fiber

Sedot Biaya Sangat Besar

Membangun sebuah mega proyek infrastruktur seperti jaringan kabel bawah laut, tentu membutuhkan upaya baik itu konsep maupun dukungan finansial dalam jumlah yang luar biasa besar. Dan untuk proyek ini sendiri, Pacific Light Cable Network kabarnya memerlukan biaya sekitar 400 juta dollar.




Proyek ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun lalu dengan tagline sebagai jaringan penghubung Asia dan Amerika yang paling canggih. Namun pada waktu itu, Pacific Light Cable belum mengumumkan adanya kerjasama dengan perusahaan Google maupun #Facebook sebagai rekanan. Namun saat ini, dengan dukungan dari 2 perusahaan teknologi terbesar, proyek jaringan bawah laut tersebut sangat mungkin untuk segera diwujudkan.

Mengenai detil dari jaringan bawah laut itu sendiri, kabarnya akan terdiri dari 1 jaringan besar yang berisi 5 kabel fiber. Untuk setiap kabel fiber yang terdapat dalam jaringan tersebut, akan mampu menyediakan tak kurang dari 24 Tbps bandwidth yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan besar.

Mengenai kerjasama, Google menyatakan bahwa nantinya setiap perusahaan yang berpartisipasi dalam proyek ini akan mendapatkan porsi tertentu dalam pemanfaatan jaringan ketika nanti sudah memasuki masa aktif di tahun 2018. Dan untuk menjamin privasi jaringan, setiap perusahaan tersebut akan mendapatkan jaringan fiber secara terpisah.

Tingginya Perkembangan Jaringan Kabel Bawah Laut

Hingga tahun 2016, proyek terbaru dari Google dan Facebook ini menjadi proyek yang ke-6 setelah lima proyek jaringan kabel bawah laut lain. Lima proyek tersebut yakni Unity, SJC, FASTER, MONET dan Tannat. Dan ternyata, Google menjadi satu-satunya perusahaan yang ikut dalam pengembangan semua jaringan kabel bawah laut tersebut.

Hal ini menjadi sinyal bahwa Google memang memberikan prioritas tinggi untuk pengembangan jaringan yang menyeluruh tidak hanya terpusat di benua Amerika saja. Dengan andil yang begitu besar dalam pembuatan jaringan menuju kawasan lain, seperti Asia Pacific, Australia serta Eropa, menjadikan Google  sebagai perusahaan yang memiliki progres pengembangan paling cepat di dunia.




Baca juga: Menguak 6 Inovasi Terburuk Di Bidang Internet yang Pernah Ada

Di sisi lain, menilik kerjasama antara Google dan Facebook, mungkin bukan merupakan hal yang sering terjadi utamanya karena kedua perusahaan tersebut memang mempunyai persaingan yang alot di beberapa lini industri teknologi. Namun jika melihat ke belakang, kerjasama pengembangan jaringan kabel antar perusahaan besar juga pernah terjadi. Sebagai contoh ada Microsoft dan Facebook yang mengembangkan jaringan kabel Trans Atlantik, dengan kecepatan hingga 160Tbps namun dengan panjang jaringan setengah dari proyek trans-pacific.

Ke depan, Google menyatakan bahwa jaringan kabel baru ini akan memberi latency yang lebih minim namun dengan bandwidth yang lebih besar untuk para pengguna yang ada di kawasan Asia Pasifik. Demikian juga untuk layanan Facebook, tentu semua pengguna Facebook akan bisa merasakan kelebihan yang sama setelah proyek ini rampung dilaksanakan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. google memang Perusahaan tertop di dunia dalam bidang teknologi :-)

  2. Satu saja sudah terbukti luar biasa hebat (Facebook/Google),apalagi jika mereka bergabung menjadi satu,tentunya akan menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa sekali. Amazing…!!!

  3. Mantap sekali inovasi mereka dalam pengembangan teknologinya, apalagi 2 raksasa website terbanyak pengunjungnya bisa ber kerjasama, akan semakin jaya nih mereka

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud