Gimana Sih Cara Mendapatkan Karir Sesuai Dengan Minat? Ini Dia Tipsnya

Image dari Mycity-web.com

Image dari Mycity-web.com

Minat seseorang terhadap sesuatu tentu tidak bisa dipaksakan. Dalam karir pekerjaan pun terkadang minat seseorang menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Sebagai bukti banyak kita temui, seseorang bekerja dengan tidak pada minat mereka yang sesungguhnya dan akibatnya pekerjaan merekapun tidak bisa maksimal. Namun jika pekerjaan yang kita pilih sesuai dengan minat dan bakat, tanpa diperintah atasanpun biasanya kita akan bekerja dengan maksimal.

Yang menjadi masalah kemudian adalah kita sendiri sulit menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Okelah jika Anda mungkin mengerjakan bisnis Anda sendiri yang bisa disesuaikan dengan minat Anda. Namun bagaimana jika kemudian Anda sulit berbisnis dengan berbagai alasan? maka mau tidak mau Anda harus memperjuangkan karir Anda tentunya.

Nah, jika teman-teman ingin mendapatkan karir yang sesuai dengan minat, coba perhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Pelajari Minat yang Ada Pada Diri Dulu

Tentu saja sebelum memutuskan untuk meniti karir yang bisa cocok dengan minat, pelajari terlebih dahulu minat yang ada pada diri Anda. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengetahui seberapa besar minat seseorang terhadap sesuatu.

Misalnya dengan menjawab pertanyaan tentang kegiatan favorit apa yang paling kamu sukai ketika mengisi waktu luang. Atau bisa juga dengan menulis hobi yang Anda sukai pada selembar kertas kecil. Catatan sederhana ini akan memudahkan Anda dalam mencari minat Anda terhadap sesuatu. Paling tidak Anda akan mendapatkan gambaran tentang sesuatu yang Anda sukai.

Artikel lain: Ingin Hobi Jadi Bisnis? Jawab Pertanyaan Ini Dulu Agar Sukses

 2. Penelusuran Terhadap Minat dan Bakat

Cara ini bisa dilakukan dengan berbagai media. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan #media online yang bisa diakses secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa lembaga swasta untuk mendapatkan informasi terkait minat dan bakat yang ada pada diri Anda melalui sebuah tes.

Jika Anda menggunakan #internet sebagai media penelusuran minat Anda, barangkali kesimpulan yang diberikan masih secara garis besar. Namun itu juga tidak apa-apa, paling tidak Anda sudah mendapatkan garis besar minat yang ada pada diri Anda.

Selain itu pilihan lain yakni lewat jasa penelusuran minat dan bakat. Untuk jasa penelusuran minat dan bakat melalui sebuah lembaga tertentu, biasanya mereka juga menyediakan layanan konseling, seperti menjelaskan juga pekerjaan atau karir yang cocok untuk Anda.

3. Jalin Hubungan Dengan Orang yang Memiliki Kesamaan Minat

Perbanyaklah teman atau siapa saja yang memiliki ketertarikan dan minat yang sama terhadap sesuatu. Saat ini #komunitas yang berbasis pada kesamaan hobi, minat atau bakat cukup mudah untuk ditemui. Nah, perbanyaklah pertemanan Anda dengan mereka-mereka ini.




Tujuannya apa? Tidak lain adalah untuk menambah informasi mengenai minat yang ada pada diri Anda. Sering-seringlah bertukar pikiran dengan mereka, berdiskusilah tentang berbagai hal yang terkait dengan minat Anda. Bisa berdiskusi tentang peluang karir, peluang bisnis dan lain-lainnya.

4. Gali Informasi Tentang Pekerjaan yang Sesuai Dengan Minat

Nah, jika Anda merasa sudah cukup dengan berbagai persiapan pada diri Anda sendiri, sekarang waktunya bagi Anda untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda. Anda bisa mencari informasi dari mana saja, bisa dari internet, televisi, radio atau juga bisa melalui koran.

Carilah karir yang Anda rasa cocok dengan minat Anda, kualifikasikan beberapa sebagai target Anda untuk awal meniti sebuah karir. Tanyakan lebih jauh mengenai deskripsi pekerjaan sejelas-jelasnya agar Anda bisa menyiapkan diri dengan baik.

Baca juga: Menjalankan Hobi Dapat Melatih Beberapa Softskill Berikut ini

5. Terus Asah Minat dan Bakat Anda

Jangan berhenti berkreasi, jangan berhenti berlatih, apapun minat dan bakat Anda, maksimalkan setiap saat. Jangan sampai karena Anda tidak atau belum memiliki karir yang sesuai dengan minat lantas Anda berhenti berkreasi atau berhenti berlatih.

Teruslah nikmati minat Anda diwaktu senggang, cara ini bisa menjaga kualitas Anda jika nantinya Anda bisa mendapatkan karir yang sesuai dengan minat. Sehingga Anda akan tetap memiliki kemampuan lebih terhadap minat yang Anda sukai tersebut. Jadi ketika Anda mendapat panggilan kerja, maka Anda akan langsung siap tancap gas dalam berkarir.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud