Menjalankan Hobi Dapat Melatih Beberapa Softskill Berikut ini

Menjalankan Hobi Dapat Melatih Beberapa Softskill Berikut ini

hobi

Menjalankan hobi rasanya memang menyenangkan. Kita jadi bisa menyalurkan kegemaran sekaligus bersantai. Setelah menjalankan hobi, tubuh dan pikiran pasti jadi lebih rileks dan siap menjalankan rutinitas harian berikutnya. Apalagi kalau hobi tersebut membawa kita untuk berkumpul dengan komunitas hobi yang besar. Sudah pasti kita bisa mendapatkan banyak pengalaman dari hobi tersebut.

Siapa bilang hobi hanya bermanfaat untuk senang-senang saja. Ternyata menjalankan hobi juga bisa memberikan kita pelatihan softskill bisnis secara tidak langsung lho. Beberapa softskill yang berguna untuk bisnis berikut ini bisa kita pelajari setelah menjalankan hobi secara teratur :

1. Menyalurkan Kreativitas

Hobi yang membuat kita senang biasanya tentu mampu membuat kita menyalurkan kreativitas. Sehingga tanpa kita sadari, jiwa kreativitas kita menjadi lebih terasah melalui hobi tersebut. Ya, hobi apapun tentu butuh kreativitas. Misalnya saja hobi memancing, dibutuhkan kreativitas untuk membuat umpan pancing atau mencari lokasi yang pas untuk mencari ikan.

Selain itu, hobi-hobi lainnya seperti koleksi die-cast juga butuh kreativitas lho. Menata die-cast secara apik dan rapi akan memberikan kepuasan tersendiri bagi si hobis atau orang-orang yang melihat benda koleksinya. Pada intinya, menjalankan hobi dengan hati yang senang akan membuat kita lebih rajin berkreasi dan berinovasi dengan sendirinya.

Artikel lain: 4 Tips Menjadikan Hobi Jadi Bisnis Yang Sukses

2. Membuat Kita Jadi Pandai Bergaul

Sangat senang rasanya kalau bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Membicarakan dan melakukan hobi bersama teman-teman komunitas membuat kita menjadi lebih luwes dalam bergaul. Tidak perlu merasa canggung dengan lingkungan yang asing, karena sebenarnya teman-teman satu komunitas sudah menganggap kita seperti saudara sendiri. Dengan demikian, kemampuan kita untuk bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang menjadi kian terasah setelah kita menemukan komunitas hobi yang tepat.

3. Mampu Belajar Menghargai Orang Lain

Komunitas hobi yang baik bisa dibentuk oleh sekelompok hobiis yang aktif. Kelompok hobiis tersebut tentu membuat kita merasa tertarik untuk berinteraksi serta berbagi ilmu dan pengalaman. Jadi, komunitas hobi tersebut menjadi wadah bagi kita untuk mampu belajar menghargai pendapat orang lain. Tidak mudah lho menyatukan pendapat dari banyak orang agar bisa memiliki satu visi. Dengan alasan tersebut, maka kita akan mulai memahami pentingnya menghargai orang lain serta pendapat yang berbeda.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Setelah merasa leluasa bergaul dengan anggota komunitas hobi, maka rasa percaya diri yang kita miliki akan mulai timbul dengan sendirinya. Kita akan jadi lebih aktif dalam menyuarakan pendapat atau sekedar menyumbangkan ide demi kemajuan komunitas. Rasa percaya diri seperti ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Sebab tanpa rasa percaya diri, kita tentu tidak bisa menjalin keakraban dengan sesama pelaku bisnis. Memiliki rasa percaya diri yang baik nantinya tidak hanya akan kita miliki saat berada dalam komunitas hobi, namun juga saat berada di dunia bisnis.

5. Pandai Memanfaatkan Waktu Luang

Kalau kita ingin menjalankan hobi di sela-sela aktivitas, biasanya kita akan berusaha memanfatkan waktu luang yang kita miliki untuk bisa melakukan hobi tersebut. Kebiasaan mencuri-curi waktu ini sangat baik bila bisa kita lakukan saat menjalankan bisnis. Di sela-sela aktivitas bisnis yang padat, mencuri kesempatan untuk mengeluarkan ide-ide kreatif atau menjalin keakraban dengan pelaku bisnis lainnya akan membuat kita menjadi orang yang pandai melakukan multi-tasking juga.

Baca juga: Fotografi ~ Hobi Yang Bisa Jadi Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

6. Terbiasa Berpikir Secara Sistematis

Pola pikir yang sistematis terbentuk ketika kita mulai terbiasa menyesuaikan antara aktivitas pekerjaan dengan aktivitas di komunitas hobi. Kita mungkin akan mulai terbiasa untuk membagi waktu antara mengutamakan pekerjaan, menyusun jadwal pertemuan komunitas atau sekedar memenuhi undangan event komunitas. Tentu menyenangkan sekali melatih pola pikir sistematis sambil memanfaatkan waktu demi menjalani hobi, ya.

Hobi apapun yang sifatnya positif tentu sangat baik dan menarik untuk dijalankan. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menekuni hobi kita secara serius. Jangan lupa untuk mengambil banyak manfaat sambil menjalankan hobi yang menyenangkan tersebut, ya. Karena dengan menjalankan hobi, kita bisa mempelajari banyak softskill yang berguna untuk kehidupan kita. Selamat menjalankan hobimu !

TIDAK ADA KOMENTAR