gCloud ~ Solusi Inventory Bisnis Distribusi Dan Retail UKM

Image dari Engineersgarage.com

Menurut data yang dihimpun dari pemerintah menyebut bahwa sebenarnya faktor penggerak ekonomi kerakyatan yang terbesar di Indonesia adalah berasal dari usaha kecil menengah atau UKM. Oleh karena itu, bisa dibilang UKM menjadi salah satu tulang punggung yang harus didukung tidak hanya oleh pemerintah namun juga masyarakat selaku konsumen.

Dukungan sebenarnya juga bisa kita lakukan yakni lewat penciptaan #teknologi yang mampu memperlancar tumbuhnya UKM di Indonesia. Terlebih bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknologi serta pembuatan perangkat lunak, tentu bisa memberikan sumbangsih nyata lewat karya digital.

Salah satunya yakni layanan aplikasi gCloud yang dikembangkan oleh Adhika Satya Prawira. Melihat adanya ketimpangan transfer pengetahuan serta informasi pasar, dianggap menjadi salah satu hambatan mengapa UKM kurang bisa berkembang. Oleh karena itu gCloud hadir sebagai salah satu solusi terutama mengatasi masalah inventori pada bisnis distribusi dan ritel.




Pengembangan Layanan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Adhika setelah melihat fakta bahwa UKM mampu menjadi penggerak ekonomi yang paling penting di Indonesia. Namun, banyak pelaku UKM yang masih jauh dari kata mampu untuk mengelola beberapa keperluan usaha. Salah satunya yakni untuk urusan inventori.

“Kami memberikan solusi bagi inventori di bisnis distribusi dan ritel. gCloud berbasis cloud sehingga sangat terjangkau untuk bisnis berskala UKM sekalipun,” jelas Adhika.

Artikel lain: Bukutansi ~ Aplikasi Keuangan Bantu Pencatatan Bisnis Anda

Masalah yang ditemui adalah, terkadang untuk mengelola alur pengadaan barang hingga penjualan barang, tidaklah semudah yang difikirkan. Terutama jika bisnis tersebut sudah menyentuh skala yang besar, tentu dibutuhkan teknologi pendukung agar nantinya kebutuhan inventory tetap bisa berjalan dengan baik.

Tanpa ada penunjang yang memonitor barang masuk dan keluar, pihak UKM akan kewalahan saat sudah tiba waktunya stock opname. Dari situlah pada tahun 2013, Adhika mulai mengembangkan layanan aplikasi gCloud.




Bermula Dari Skripsi

Terkait awal mula Andhika mengembangkan gCloud, sebenarnya terinspirasi dari tugas akhir atau skripsi ketika ia masih duduk di bangku kuliah.

“Saat itu saya melihat banyak sekali UKM yang belum menggunakan teknologi untuk menunjang proses bisnisnya. Di sisi lain, ada banyak produk enterprise seperti SAP dan Oracle yang sudah pasti tidak bisa dijangkau oleh para UKM,” kenangnya.

Tidak langsung mengembangkan layana gCloud, layanan pertama yang menjadi cikal bakal layanan tersebut adalah Finabis. Finabis sendiri merupakan bisnis startup yang mengembangkan sistem enterprise resource planning (ERP) untuk bisnis kecil dan menegah.

Tantangan Usaha

Dalam mengembangkan usaha tersebut, tentunya Andika tetap harus menghadapi beberapa kendala. Salah satunya yakni terkait dengan beraneka ragamnya bisnis UKM yang ada di Indonesia.

“Kesulitan yang sering kami temui adalah proses bisnis UKM di Indonesia yang sangat beragam, bahkan dalam jenis bisnis yang sama, “ungkap Andhika.

Namun ketika ada suatu masalah, tentu dengan usaha keras kita bisa menemukan solusi dari masalah tersebut. Demikian juga untuk masalah yang dihadapi oleh Andika, pada waktu itu muncul ide untuk berkolaborasi dengan pengembang aplikasi yang ada di bandung.

“Baru pada sekitar 2015, saya pitching ide saya dan kemudian bermitra dengan salah satu software house di Bandung untuk mengembangkan SaaS SCM (sistem inventori berbasis cloud) yang ditujukan untuk UKM,” jelasnya.

Keuntungan dari sistem SCM Saas ini adalah, penggunaan layanan berbasis cloud computing. Dengan begitu konsumen nantinya bisa memastikan keseimbangan barang yang masuk dan keluar sampai memastikan pengiriman barang kepada konsumen dengan tepat waktu.

“gCloud merupakan sebuah sistem, yang secara otomatis ‘memahami’ bisnis Anda agar tumbuh menjadi lebih baik. gCloud dapat menakar kapan Anda harus mulai restock barang kembali karena stok menipis, kapan Anda harus menyetop supply ke gudang karena persediaan masih tinggi. gCloud ibarat sebuah mesin akuntansi otomatis, sehingga tidak perlu orang yang ahli akuntansi untuk menggunakannya,” jelasnya secara rinci.

Baca juga: Meeber Pos ~ Aplikasi Mobile Untuk Bantu Pemilik Usaha Kuliner Memanajemen Bisnisnya

Langkah ke depan yang ingin diraih oleh Andika untuk pengembangan gCloud adalah ingin mengemas ulang layanan tersebut agar mampu menjadi solusi terintergrasi untuk bisnis dalam implementasi sistem teknologi di perusahaan dengan mudah.

“Jadi nanti kami akan mempunyai berbagai aplikasi yang saling terintegrasi untuk membantu pengusaha dalam mengelola bisnisnya lebih mudah dan efisien,” ujarnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud