Beranda Bisnis 5 Fakta Tentang Bisnis Online yang Tidak Diketahui Banyak Orang

5 Fakta Tentang Bisnis Online yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Fakta Tentang Bisnis Online
Ilustrasi dari businessinsuranceline.co.uk

Fakta Tentang Bisnis Online – Memiliki bisnis sendiri adalah impian hampir semua orang, termasuk saya. Sebuah kepuasan tersendiri bagi kita bila memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan baik dan memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Bisnis online adalah salah satu peluang usaha yang selalu menawarkan solusi dalam memiliki sebuah usaha. Banyak orang yang sudah berhasil di bisnis online dan mememiliki penghasilan yang besar dari bisnis online mereka. Bahkan beberapa orang mengatakan, bisnis online adalah solusi terbaik untuk memulai sebuah bisnis karena bisa dijalankan di mana saja dan dengan mudah. Benarkah demikian?

Jika ada orang yang mengatakan bisnis online dapat memberikan penghasilan besar dengan cepat, mudah, dan santai, maka saya bilang itu adalah sebuah pernyataan yang tidak sepenuhnya benar. Agar sukses dalam berbisnis online tidak semudah yang Anda bayangkan, tapi tidak sesulit yang Anda pikirkan juga… hehehe, jadi bingung ya. Intinya, menjalankan bisnis online itu akan mudah, santai, menyenangkan, dan bisa memberikan penghasilan yang besar, tapi dengan syarat Anda harus mengerti dalam menjalankannya.

Saya melihat ada banyak sekali pemula yang sangat berambisi untuk menjalankan bisnis online, salah satunya adalah seorang teman saya. Dia selalu mengatakan “Enak lu ya Max, bisa kerja santai dari rumah dan tiap bulan selalu dapat kiriman uang dari USA”. Dan di lain kesempatan dia juga bilang “Ajarin gw dong Max, gw juga mau belajar berbisnis online kayak lu”. Namun, teman saya itu tidak tahu bagaimana awal saya memulai semua bisnis online yang saya jalankan. Faktanya, bisnis online itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, dan tidak sesantai yang dipikirkan orang.

Memang ada banyak sekali orang yang sukses dalam menjalankan bisnis online mereka, tapi yang gagal di bisnis online justru lebih banyak lagi. Bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline, butuh effort, keseriusan, dan kesabaran dalam menjalankannya. Untuk bisa berhasil di dalam bisnis online itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar, tidak seperti yang sering kita dengar dan baca.

Sebelum kita mulai berbisnis online, ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang bisnis internet ini. Kita harus bisa melihat peluang, kelebihan, dan kekurangan dari bisnis online sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di masa yang akan dengan lebih bijak. Beberapa orang yang gagal dalam berbisnis online mungkin akan bisa bangkit kembali dan berjuang lebih keras, tapi beberapa orang lainnya bisa jadi mengalami frustasi dan putus asa dengan bisnisnya.

Nah, inilah yang harus kita pahami sejak awal, yang namanya berbisnis, resiko mengalami kegagalan itu sudah ada di depan mata. Sudah siapkah kita menjadi orang yang berhasil di bisnis online? Sudah siapkah kita menghadapi kegagalan?

Artikel lain: Peluang Bisnis Online

Berikut ini adalah fakta tentang bisnis online yang harus kita pahami:

1. Bisnis Online Butuh Modal

Fakta tentang bisnis online yang pertama adalah bisnis ini perlu modal. Modal yang dimaksud di sini adalah modal materiil dan modal non materiil. Modal yang paling penting menurut saya adalah modal non materiil, yaitu dari diri kita sendiri. Kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk memulai sebuah bisnis online, harus konsisten & persisten, mau bekerja keras, kreatif, inovatif, dan pantang menyerah.

Selain modal non materiil, tentunya kita juga harus punya modal materiil. Yang namanya bisnis online tentunya hanya bisa dijalankan kalau kita punya koneksi internet, dan ini pasti butuh modal. Walaupun nilainya tidak terlalu besar, ini tetap harus diperhitungkan sebagai modal yang kita keluarkan.

Jika kita tidak punya perangkat untuk menjalankan bisnis online, seperti PC/ laptop dan modem internet, kita bisa menjalankan bisnis online dari warnet (warung internet). Namun, pastikan Anda bisa menjaga keamanan semua akun Anda di internet.

Nah, dari sini kita sudah bisa melihat bahwa bisnis online itu pasti butuh modal materiil. Jadi, jangan percaya dengan bahasa marketing jualan ebook yang bilang bisnis online itu bisa dijalankan tanpa modal sama sekali alias modal dengkul.

2. Bisnis Online Butuh Kerja Keras dan Cerdas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis online itu butuh kerja keras. Orang yang sudah bisa menjalankan bisnis onlinenya dengan santai adalah mereka yang sudah melalui banyak tahapan belajar yang tidak sebentar dan telah berhasil melewati berbagai rintangan. Berbeda halnya dengan mereka yang masih pemula, semua orang yang baru belajar bisnis online butuh kerja keras dan cerdas dalam membangun bisnis online mereka.

Agar bisa menjalankan bisnis internet dengan baik tentunya kita harus punya pengetahuan yang memadai tentang bisnis online. Proses belajar dan juga pengalamanlah yang bisa memberikan itu semua, ilmu internet marketing itu tidak bisa dikuasai hanya dalam satu-dua malam saja, itu mustahil walaupun Anda seorang yang jenius.

3. Fakta Tentang Bisnis Online yang Memang Butuh Waktu

Sama halnya dengan poin 2 di atas, bisnis online itu butuh waktu untuk bisa berhasil. Jadi, jika ada sales letter jualan ebook yang mengatakan bisnis online itu bisa berhasil dalam waktu singkat maka saya boleh bilang itu adalah SCAM atau penipuan, hati-hati dengan bahasa marketing seperti ini.

Kalau Anda serius ingin membangun sebuah usaha online, maka Anda harus menganggapnya sebagai sebuah investasi jangka panjang. Memang ada beberapa bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat, namun tidak semua jenis bisnis online seperti itu. Salah satu contoh adalah forum kaskus yang dibangun oleh Andrew Darwis dan sahabatnya Ken Dean Lawadinata. Proses keberhasilan forum terbesar di Indonesia ini membutuhkan waktu hingga beberapa tahun sampai akhirnya bisa seperti sekarang ini.

Artikel terkait: Usaha Sampingan

4. Bisnis Online Bisa Dikerjakan Siapa Saja

Salah satu kelebihan bisnis online adalah dapat dikerjakan oleh siapa saja. Ketika saya melamar di perusahaan tempat saya dulu bekerja, dalam wawancara mereka menanyakan ijazah kuliah saya, nilai indeks prestasi saya, apa nama kampus saya, dan pengalaman kerja. Ini memang prosedur yang harus kita lalui jika ingin bekerja di dunia kantoran.

Tapi hal ini tidak terjadi dalam dunia bisnis online, karena siapa saja bisa mengerjakannya tanpa harus punya pendidikan formal yang tinggi. Yang paling penting dalam bisnis online adalah kerja keras dan cerdas, kemauan untuk selalu belajar, dan punya semangat juang yang tinggi. Hari ini mungkin Anda adalah seorang pemula yang masih baru belajar, tapi mungkin saja beberapa tahun ke depan Anda akan menjadi seorang ahli dalam dunia internet marketing.

Saya tidak mengatakan bahwa pendidikan formal itu tidak penting. Yang mau saya tekankan adalah semua orang bisa berhasil di bisnis online jika mereka bersungguh-sungguh, tidak perduli apa latar belakang pendidikannya karena ada banyak jenis bisnis online yang bisa dikerjakan.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet

5. Banyak Jutawan dan Miliarder dari Bisnis Online

Ini adalah fakta tentang bisnis online yang menggembirakan bagi semua orang yang menyukai bisnis internet. Semua orang punya peluang menjadi seorang jutawan atau bahkan miliarder dari bisnis online. Beberapa contoh orang Indonesia yang sukses di bisnis online dan punya penghasilan yang sangat besar adalah Anne Ahira (pemilik AsianBrain.com), Andrew Darwis (pemilik Kaskus.co.id), Hendrik Tio (pendiri Bhineka.com), Budiono Darsono (pendiri Detik.com), dan masih banyak lagi.

Nah, melihat fakta-fakta tentang bisnis online yang disebutkan di atas, apakah Anda siap untuk memulai bisnis online Anda sendiri? Bisnis online memang menawarkan potensi keuntungan yang menggiurkan, tetapi bisnis online juga punya resiko sendiri, walaupun resikonya tidak sebesar bisnis konvensional.

Baca juga:

Selain itu, bisnis online bisa dijalankan secara otomatis, 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, jadi potensi keuntungannya akan lebih besar dibanding bisnis offline. Namun, bukan berarti Anda bisa menganggap ini adalah sesuatu yang mudah karena untuk menjadi seorang pebisnis online itu membutuhkan waktu, harus tekun belajar, dan tidak mudah menyerah. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

64 KOMENTAR

  1. Ya seperti kata pepatah, nahkoda yang hebat tidak lahir dari laut yang tenang, banyak orang yang melihat ketika seseorang terlihat sukses, tapi tidak pernah melihat ketika sedang mati-matian berjuang, malah terkadang bisanya nyinyir

  2. Kerja keras, kerja cerdas, dan sabar. Bisnis online tidak mudah. Perlu semangat dan konsistensi tinggi. Kalau ada ungkapan bisnis online mudah, bisa dikerjakan di rumah, sambil tiduran, tidak banyak kerja, itu omong kosong. Sepuluh sampai 15 tahun lalu, ungkapan itu mungkin benar. Tetapi, kini persaingan sangat tinggi hingga perlu kerja keras, cerdas dan sabar.

  3. Pada intinya semudah apapun sesuatu yang ingin dicapai, didalamnya tetap membutuhkan yang namanya usaha. Terima kasih. Artikel yang bermanfaat.

  4. Semua butuh modal, jadi orang yang cari di internet bisnis tanpa modal seperti itu sulit. Jadi dropship/reseller pun masih butuh modal.

  5. nah ini artikel yang bagus, pas bgt lagi cari artikel tentang bisnis online

  6. Tantangan terbesar adalah ketika sudah sekian waktu namun belum nampak tanda-tanda akan hasilnya…

  7. Bacaan yang sangat memberikan motivasi pantang menyerah dan mencari peluang baru dalam menjalankan Bisnis Online, yang persaingannya sangat ketat ini!!

    Bisnis Online ngga selalu dengan modal mahal, ada juga Bisnis Online Yang modalnya sangat ringan produknya laris dan sangat bermanfaat, karena peminatnya banyak sehingga penghasilannya sangat tinggi .

  8. Wuih mantap gan, saya juga pemula nich . Tapi tekad saya kuat ingin membangun bisnis online sendiri, kalo agan berminat jadi penasehat saya pasti saya sangat berterima kasih ke agan , email saya di *** terima kasih

  9. Lebih baik bisnis ofline saja onlinenya buat pemasaran produk dan jasanya. Bisnis online gak jelas..

    • Lha yo ngga jelas, wong ora mudeng. Coba sampeyan mudeng. Pasti dah pindah bisnis onlen.. bisnis onlen modal sosmed, bisnis onlen kudu sewa ruko barang, dll. Kalo ngga rame. Bayar utang ruko darimana coba… :)

  10. pelangsing wsc biolo

    Dulu waktu sy mulai mengenal Bisnis Online,memang seperti itu pengen serba instan,dan pengen langsung menghasilkan.Dan ternyata setelah mempelajari lebih dalam ternyata BO itu sama dengan Bisnis konfensional yang memerlukan waktu untuk pengembangannya.

    Terima ksih sudah sharing masukannya…Menurut pengalaman sy yang masih newbie biasanya orang gagal dalam proses no 3..

  11. harus ada anggaran uang dan waktu, selebihnya usaha.. hihihi
    kadang suka hal menantang, tapi ternyata pernah letoy juga pas nge tes diri sendiri..

    hidup ini asik ^_^

  12. Benar sekali …bisnis online tidak mudah..perlu kerja keras dan ketekunan,pengeluaran dan income sy masih impas di bisnis online,blm masuk kategori sukses

  13. saya sudah bertahun-tahun belajar bisnis online sejak dari kelas 3 SMK hingga sekarang, namun masih belum mampu bicara banyak tentang bisnis online….

  14. memang benar untuk point yang ke 3 , butuh waktu

    semua memang butuh peroses…terimakasih sudah memberi masukan

  15. Suripman prasetyo

    Artikel yang sangat lugas bisa dicerna akal sehat,tidak memprovokasi orang untuk terjerumus manisnya bisnis online,semua bisnis baik online maupun konvesional butuh tahap dan proses.seberapa kita mau untuk menekuninya.
    inspiratif sekali artikelnya.dan bermanfaat buat pemula yang butuh refrensi.

  16. hijab grosir murah

    menarik sekali, saya juga termasuk orang yang jatuh bagun di bisnis online dan yang saya rasakan bisnis apapun itu tidak mudah, harus tahu ilmunya dulu. Untuk tahu ilmunya sendiri tidaklah murah harus melewati banyak proses yang menyakitkan.. tapi menurut saya entah bisnis offline maupun online kalau kita bersungguh-sunggu akan berhasil.. itu

  17. betul sekali , dulu waktu saya baru tau yang namanya bisnis online , saya kira itu mudah , tetapi setelah coba-coba jadi kewalahan sendiri , saya sempat frustasi , dan kapok tetapi 3 bulan yang lalu mulai mencoba untuk menjalani lagi .
    artikelnya bagus :)

  18. Betul mas Marikxon, bisnis online itu ternyata gak segampang dan secepat mengedipkan mata buat profitable. Tapi kadang mikir juga, cepet mana bisnis online sama bisnis offline :D

  19. Mas yendi semangat.tapi saya ga bisa online pasarin barang furniture jati dari jepara dunk. Saya ga bisa online
    Saya bisa di ajak kerja sama
    ne no pin sayA 5474d71e
    No hape saya 082226719117

  20. Terimaksih Informasinya saya Copy sedikit yah.
    Saya Cantumkan sumber.
    Thanks

  21. artikel nya sangat membantu untuk saya yang sedang menjalanjan bisnis di bidang Online shop Thx :)

  22. Inspiratif. Saya sdg membangun bisnis online jg, dgn membaca artikel ini menambah semangat utk trs berusaha.

  23. terima kasih atas pencerahannya mas Marikxon saya sudah 2 thun lebih mempelari bisnis online tapi terjatuh terus dengan mebangun blog sampai website belum berhasil juga akhirnya saya putus asa. pertanyaan saya apa benar ber bisnis online itu butuh waktu lama?

  24. Artikelnya mantap banget, sangat inspiratif. Sukses slalu blognya, salam.

  25. Saya mahasiswa ,, dan ingin mencoba bisnis online .. tapi yang cocok untuk saya apa ya ..yang kira2 1 bulan bisa dapet cukup :) ,, saran nya mas ,,,,

  26. artikelnya sangat bermanfaat, khusus buat Pribadi menjadi rujukan bagi saya yang baru mulai terjung dalam bisnis online bahwa bisnis online itu butuh waktu, fokus, konsisten dan belajar.

  27. masyarakat umum masih banyak yang keliru perihal bisnis online , bisnis online itu sendiri menurut saya ada 2 tipe , bisnis online true sama bisnis online semi , yang true contohnya kaya yang disebutin mas tadi founder2 situs2 besar , sedangkan bisnis online semi itu bisnis konvensional tapi medianya online contoh toko online .. kayaknya begitu ya … mampir diblog saya dong mas , kasih reviewnya .. salam kenal

  28. sangat menginspirasi membaca artikel ini, bisnis online perlu waktu karena harus praktek dan jangan putus asa, yang saya alami juga begitu saya suka mentok tapi setelah membaca artikel ini bisa jadi semangat lagim terima kasih sudah berbagi

  29. Salam kenal mas Marikxon Manurung, saya Anggara Sugiharto..bagus gan artikelnya, saya suka dengan informasi inspiratif seperti ini, smoga sukses slalu dengan blognya ya gan :)

    kunjungi blog saya juga ya mas..yuk sambung silaturahmi sesama blogger :)

    • Salam kenal mas Angwie, terimakasih atas kunjungannya di web saya yang sederhana ini hehehe. Tadi saya mampir sebentar di blog nya mas Angwie, isinya artikel motivasi … semangat mas :)

  30. keren nih, memang seperti itu adanya, apalagi bagi mereka yang berasal dari rakyat biasa, dipandang sebagai pengangguran yang bisanya cuma mau main komputer dan gak mau kerja.

    Ketika udah dapet uang, di kira malah melakukan korupsi, itu gimana mas

    • Dikalangan internet marketer ada istilah ‘pengangguran profesional’. Memang kalau orang awam melihat mereka akan sebelah mata karena dianggap tidak punya kerjaan seperti layaknya pekerja kantoran. Tapi kalau mereka tahu penghasilan internet marketer yang jauh lebih besar dari gaji pegawai kantoran, mereka akan kaget. Langkah terbaik adalah dengan memberikan informasi kepada orang awam tersebut tentang profesi Anda sebagai pebisnis online, apapun bisnisnya asalkan tidak melanggar aturan dan etika pasti akan mendapat apresiasi dari orang sekitar Anda.

  31. Gan mo tny klo kaya kaskus itu dpt laba dari mana ya? Klo diliat iklan gak byk. Sama jg spt facebook, twitter dll mereka dpt laba dari mana pdhal servis mereka gratis.

    • Waduh mas Beboy ini, penghasilan mereka itu dari iklan mas. Iklan di kaskus ada beberapa jenis, iklan mandiri dan juga iklan Google Adsense. Trafik Kaskus per hari banyak sekali, tentunya nilai penghasilan dari iklannya juga pasti besar. Jangan lihat jumlah iklannya mas, yang mas tidak ketahui adalah advertiser berani bayar mahal untuk pasang iklan di sana. Apalagi Facebook dan Twitter, trafik mereka dari seluruh pengguna Global … advertiser mereka itu dari seluruh dunia mas hehehe :)

    • mas beboy

      google juga gratis mas, mulai dari email mesin pencari, youtube dll. tapi tuh perusahaan bisa jadi gede banget! bahkan microsoft aja ketakutan, sampe sampe mereka Joinforce ama yahoo :D, kayanya duitnya dapet dari pesugihan tuh atau jangan jangan google punya tuyul, namanya adwods :D hehehehe

  32. Saya baru beberapa tahun menekuni bisnis online, tapi sampai sekarang belum bisa memaksimalkan hasilnya…setelah membaca artikel ini saya tahu saya berada di bisnis yang tepat..

    tetap semangat..semoga bisa seperti agan Max..

    • mas yande, saya malah semangat setelah membaca koment anda ini :)
      ajarin dong mas, “MEMULAI DARI NOL BISNIS ONLINE ITU” yah tidak apa2 kalau mas membuat saya sebagai objeck mas nantinya sebagai yang “PEKERJA” yang penting bagi saya “MEMULAI” dari nol…
      tolong mas.. saya juga baru buat BLOGGER dan belum ngerti memakainya.. tolong dong mas, please :(

  33. Saeful Confusing Guys II

    om baru2 ni ane buka usaha jasa pembuatan web, boleh minta trick and tip marketingnya? :D thanks before :)

  34. halo teman,saya sangat setuju dengan pendapat dan teori anda .seratus persen setuju!!

  35. Setuju dengan bung Max, terkadang masyarakat terbutakan oleh klaim ‘sesat’ bahwa bisnis online itu tanpa modal, mudah, dan pasti untung. Celakanya, masih banyak yang tidak menyadari bahwa online hanya sekedar cara, yang utama adalah bisnisnya.

  36. Sekedar tambahan aja max, yang banyak di lupakan dalam bisnis online juga adalah skema yang digunakan oleh pemilik atau sebagian besar bisnis online, utamanya yang basicly program bisnis online investasi. Bagaimana dengan skema ponzi bisnis online, apa itu gak penting yah max?
    answear me please :D

    • Program investasi juga harus memperhatikan reputasi pengelola investasinya mas, ga sembarangan perusahaan bisa mengelola investasi, apalagi investasi online. No comment untuk skema ponzi ya :)

  37. Apakah bisnis online bisa di kembangkan di luar misalnya di thai mas juragan kalo memang bisa tolong bimbingannya.

    • Bisa mas Pras, bisnis online itu bisa dijalankan dimana saja yang penting ada akses internet di tempat tersebut.

  38. Betul kata Bang Max.. bisnis online itu mudah bagi yang mau belajar dan tidak kenal menyerah. Survei membuktikan bahwa hanya 10% yang berhasil melewati masa kritis dan yang 90% berpenghasilan kecil, bosan dan menyerah. Itu faktanya.

  39. Saya tertarik dengan.bisnis online apa yang.harus saya lakukan dan.bagaimana.cara memulainya

  40. Badia Raja Simbolon

    mas kira-kira penghasilannya brapa ya perbulan kalau boleh tau,,,
    penghasilan dari adsene, affliate, mlm, pasti banyak dong……
    uda punya toko online juga ga???,maaf nanya soalnya ane perlu motivasi ne,,,ckckckcck

  41. Rahasia Ganteng

    Memang benar apa yang telah dipaparkan Bung Max,kerja online dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang lebih. Terus berjuang…ATM,amati,tiru,modifikasi, :)

  42. Salam mr.Max …!
    saya takjub dgn artikel yg anda tulis dan saya mohon pencerahannya krna saya ingin memulai belajar punya website atau blog yg mnghasilkn rupiah untuk bisa mmbahagiakn kluarga saya dari hasilnya trsebut …saya mohon bimbing saya harus darimana saya memulainya ..saya mohon kerendahan hati anda ..untuk mmberi masukan buat saya …supaya bisa lebih kompeten dan punya prosfek kedepannya ….
    trimakasih ..

    • Halo mas Bima,

      Terimakasih komentarnya. Terus terang saya ingin membantu teman-teman yang lain yang ingin menghasilkan uang dari internet, baik itu dari blog ataupun dari website affiliasi mereka. Saat ini saya sedang menyusun sebuah materi yang saya tulis dalam sebuah eBook, pengalaman saya dalam memulai bisnis online. Mudah-mudahan bisa saya selesaikan dalam waktu dekat ini mas.

      Pengalaman tiap orang itu pasti beda-beda mas. Masukan dari saya, sebaiknya mas Bima mulai saja dari hal-hal yang mas sukai, coba membuat blog atau website yang sederhana.

  43. sepakat, mas! harus telaten yaaaa :D
    semua jenis bisnis online, ataupun bekerja secara online, butuh ketelatenan dan keseriusan! :D

    Semangaat semangaaat :D

  44. sebenarnya teknis bisnis online itu yg bgmana sih gan ?
    apakah hanya sekedar bikin blog2,,, spt itu ?
    yg dikerjakan ngapain aja ?

  45. Harus pinter2 milih bisnis online yang mau dijalankan karena ada juga penipu yang menawarkan bisnis online. Jadi harus tetap waspada, baca dulu review ttg sebuah jenis bisnis online dari sumber yang terpercaya :)

  46. kpengen nyoba nihh
    tapi kbnyakan yang bneran apa tipu2 ya??
    mohon pnjelasannya ni Om

  47. bisnis online apakah nyata apa bnyak yang penipuan sob?
    ane mulai tertarik nih soalnya.
    hehhehehe

  48. ternyata gak ada yang mudah ya sob, hehe
    thanks

    • Memang tidak mudah tapi sangat mungkin, tergantung usaha dan kreatifitas masing-masing orang mas Budi :)

  49. Semoga Max bisa menjadi jutawan juga yaa seperti para pebisnis online di no.5 :).

Tinggalkan Balasan