Fakta Dibalik Facebook Ads Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Image dari Reportgarden.com

Sebagai salah satu #media sosial terbesar di dunia saat ini, Facebook tentu tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya pengguna umum namun juga entrepreneur dan brand yang ingin memperkenalkan bisnisnya.

Dari situlah kemudian layanan periklanan Facebook ads, banyak dipilih dengan alasan kemampuan mencakup pasar yang lebih luas serta biaya yang relatif terjangkau. Namun ternyata masih ada beberapa informasi yang mungkin belum kita ketahui terkait tentang Facebook ads. Berikut ulasannya.

1. Facebook Bids Sangat Tergantung Dengan Musim

Musim yang dimaksud disini bukanlah seperti musim panas, atau musim dingin, melainkan masa dimana terjadi event tertentu yang hanya dilakukan pada waktu khusus.

Algoritma #Facebook dalam menentukan bidding system atau sistem penawaran terhadap harga dari iklan didasarkan dari beberapa faktor. Dan faktor terbesar yang mempengaruhi semakin mahalnya harga impresi iklan yakni ketika semakin banyak yang melakukan penawaran.

Artikel lain: Hindari 3 Kesalahan Umum Ini Dalam Menjalankan Facebook Ads

Oleh karena itu pada beberapa momen seperti momen Natal, Black Friday atau beberapa hari khusus lain, biasanya cost per click dari iklan Facebook akan menanjak naik.

2. Facebook Menawarkan Opsi Periklanan “Click To Chat”

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa ada opsi iklan yang berbentuk click to chat. Meskipun bukan merupakan opsi baru, namun jenis iklan ini tidak banyak diketahui karena tergolong sepi peminat.

Sebagai informasi, opsi periklanan ini sangat baik jika kita menerapkan layanan customer service. Ketika pengguna sudah seringkali mengakses situs kita dan ada kemungkinan bagi pengguna tersebut melakukan pembelian atau transaksi, maka jenis iklan ini sangatlah tepat untuk kita manfaatkan.

Karena nantinya, konsumen akan ditampilkan iklan khusus yang akan mengarah pada fitur chatting dengan pihak brand. Jika konsumen merasa nyaman dengan layanan customer service lewat fitur chat tersebut, maka bukan tidak mungkin mereka akan melakukan pembelian.




3. Penempatan Iklan Facebook Memerlukan Strategi Yang Berbeda-Beda

Belum lama ini Facebook memberikan pilihan bagi para pengiklannya untuk membuat iklan yang bisa tampil pada beberapa jenis perangkat sekaligus. Namun perlu diketahui ternyata setiap perangkat seperti desktop atau perangkat mobile, membutuhkan strategi penempatan iklan serta perilaku konsumen yang berbeda-beda. Akan lebih baik jika kita membagi kampanye iklan kita yang khusus untuk perangkat tertentu saja.

4. Jumlah Teks Dalam Materi Iklan Mempengaruhi Keberhasilan

Hal ini disampaikan langsung oleh Facebook dalam keterangannya bahwa, Facebook lebih mengharapkan materi iklan gambar yang hanya berisi sedikit atau tidak berisi teks sama sekali. Jenis materi iklan gambar semacam ini akan mendapat kesempatan distribusi yang lebih tinggi, serta harga iklan per impresi yang lebih rendah.

Hingga saat ini Facebook sudah mempunyai klasifikasi untuk jumlah teks yang muncul dalam materi iklan gambar. Klasifikasi tersebut dibagi menjadi ok (tepat), low (rendah), medium (sedang) dan high (tinggi).

5. Materi Iklan Perlu Selalu Diperbaharui

Faktanya, hampir keseluruhan tipe kampanye iklan yang ditawarkan Facebook tidak memberikan kontrol bagi para pengiklan untuk mengatur seberapa sering sebuah iklan muncul untuk satu pengguna tertentu. Padahal, bisa dibayangkan jika sebuah iklan secara terus menerus muncul di akun seorang pengguna, bukan tidak mungkin pengguna tersebut akan merasa tidak nyaman bahkan tidak tertarik untuk melakukan pembelian.

Oleh karena itu, kita perlu memperbarui materi iklan yang kita miliki, agar nantinya pengguna tidak merasa bosan karena bisa melihat iklan yang terus berganti.

6. Manfaatkan Wawasan Pengguna

Program periklanan Facebook mempunyai fitur khusus yakni wawasan pengguna atau Audients Insight, dan ini sebenarnya merupakan fitur yang sangat berguna untuk melakukan targeting konsumen.

Di dalamnya terdapat informasi terkait bagaimana kebiasaan online pengguna, pendapatan, daya beli, dan masih banyak informasi penting lain. Berbekal informasi tersebut kita bisa menjalin komunikasi kepada target konsumen yang sesuai dengan bisnis kita, dari situ kita bisa memperlebar pencapaian dari kampanye iklan.

Baca juga: Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan Untuk Facebook Ads

7. Iklan Video Tidak Efektif Untuk Mendapat Respon Langsung

Jika tujuan dari iklan yang kita buat adalah untuk mendapat respon langsung hari konsumen, maka jenis iklan video Facebook adalah alternatif yang harus kita hindari. Karena, iklan Facebook dalam bentuk video lebih maksimal jika ditujukan untuk menyampaikan pesan tertentu bukan mendapat respon balik.

Sebuah video yang tampil di Facebook memang bisa saja menggugah minat konsumen untuk berhubungan dengan brand kita. Namun, pada kenyataan mayoritas dari konten video tersebut hanya menghasilkan komentar atau like yang tinggi tanpa ada konversi positif semisal traffic pada situs bisnis kita.



5 total comments on this postSubmit yours
  1. makasih infonya lagi belajar FB Ads

  2. saya pribadi tidak cocok atau mungkin masih kurang mengerti menggunakan facebook ads, bahkan untuk tautan ke instagram pun saya masih pusing. Saya masih lebih mending menggunakan cara konvensional dari jasa pemilik akun yang udah tenar dan sesuai kebutuhan.

  3. Betul, iklan video ternyata gak bagus kalau di FB, teman saya pernah coba

  4. Facebook ads..
    Maaf mau tanya mas..
    Terkadang saya melihat facebook ads, itu banyak sekali yang menyukainya, dan mengikutinya.
    Bahkan sampai jutaan orang yang menyukainya..
    Yang saya tanyakan..
    Yang mengikuti, dan yang menyukai facebook ads sampai jutaan orang, apakah itu murni manusia..?

    • Ada banyak fan page yang fan & followersnya bot. Jangan terlalu fokus pada jumlah fans dan like sebuah fan page, tapi perhatikan keterlibatan fansnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud