Email Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis, & Tips Memaksimalkannya

Apa-Itu-Email-Marketing

Ketika Anda ingin mengembangkan sebuah brand atau usaha, email marketing menjadi salah satu alat pemasaran yang paling populer dan efektif untuk melakukan marketing campaign. Terlebih ketika cara ini dinilai bisa menghemat biaya pemasaran.

Sudah seharusnya email marketing menjadi pilar utama dari strategi pemasaran digital Anda. Terlebih di era digitalisasi seperti saat ini. Dimana teknologi semakin canggih dan berinovasi setiap harinya.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian email marketing, jenis, manfaat, strategi, hingga strateginya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Email Marketing?

Dilansir dari laman mailchimp.com, email marketing adalah saluran pemasaran yang kuat, suatu bentuk pemasaran langsung dan digital yang menggunakan email untuk sarana mempromosikan produk dan/atau jasa terbaru yang ditawarkan.

Keberadaan alat pemasaran ini memungkinkan pelanggan yang menerimanya bisa langsung terintegrasi secara otomatis dengan pemasaran yang Anda lakukan. Hal ini juga berperan penting dalam strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Melalui email marketing, Anda bisa mendapatkan prospek, brand awareness, membangun hubungan dengan pelanggan, hingga melibatkan pelanggan dalam pemasaran yang dilakukan.

Artikel terkait: Sebenarnya, apa itu internet marketing?

Sedangkan dari laman brevo.com menyebutkan bahwa email marketing adalah saluran pemasaran langsung yang memungkinkan Anda untuk berbagi produk, penjualan, hingga pembaharuan terbaru dengan nama-nama pelanggan yang ada.

Penggunaan alat pemasaran ini dinilai bisa menghasilkan ROI (Return on Investment) yang tinggi. Sehingga tidak heran jika hal ini harus masuk dalam daftar teratas dalam strategi pemasaran digital bisnis Anda.

Jika dulu penyebarannya lebih mementingkan banyaknya orang yang menerima, kali ini semua diganti dengan segmentasi, personalisasi, bahkan persetujuan dari penerima email. Kelebihan lainnya adalah bisa membangun komunitas yang sadar akan brand bisnis Anda.

Manfaat Email Marketing

Hal yang menarik adalah email bukanlah teknologi baru. Melainkan sebuah  alat komunikasi yang ditemukan di tahun 1971. Namun hingga kini, email masih menjadi salah satu alat strategi pemasaran nomor satu.

Mungkin Anda sendiri pun bertanya-tanya, bagaimana sebuah email marketing bisa memiliki peran yang begitu penting dan manfaat yang banyak untuk bisnis Anda. Padahal jika dibandingkan dengan strategi lainnya, email jauh lebih kuno.

Jawabannya sederhana sekali. Hal ini dikarenakan alat pemasaran ini bisa dipersonalisasi atau disesuaikan lebih luas dibandingkan sosial media. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih rendah daripada melakukan promosi di channel lain. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan akses untuk masuk ke dalam kotak masuk email pelanggan.

Jika masih ragu, coba Anda perhatikan beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk bisnis di bawah ini.

Bersifat Pribadi

Email marketing bersifat pribadi atau personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Ketika mereka merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.

Informasi Terkirim Lebih Cepat

Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi, kita juga harus menunggu respon pelanggan melalui surat yang mereka kirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif. Dengan alat pemasaran ini Anda bisa menjangkau pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.

Biaya Jauh Lebih Murah

Memang kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsif direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa alat pemasaran ini sangat menguntungkan.

Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan.

Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui alat pemasaran ini. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.

Jenis-jenis Email Marketing

Perlu diketahui bahwa, ada banyak jenis email marketing dengan tujuannya masing-masing. Bahkan target audience-nya pun bisa berbeda. Bisa berisikan informasi, promosi, dan lainnya.

Berikut beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Baca juga: Cara Membuat Email Baru

Email Promosi

Jenis yang pertama adalah email promosi. Isinya berupa informasi seputar produk baru yang dirilis, promosi produk, dan lainnya seputar produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

Jenis ini cenderung ditujukan kepada umum dan banyak orang. Tidak ada spesifikasi khusus terkait demografi dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menciptakan brand awareness atau melakukan peluncuran produk dan/atau jasa baru,

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah email promosi mengandung call to action atau CTA yang mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya seperti melakukan pembelian, subscribe newsletter, mengunjungi laman tertentu, dan masih banyak lagi.

Email Informasi

Selanjutnya adalah email informasi yang bersifat newsletter yang berisikan pengumuman atau informasi tertentu. Manfaatkan email ini untuk membagikan insight, opini, tips, atau hal apapun yang bisa memberikan nilai atau manfaat untuk pelanggan.

Umumnya, isi newsletter disertai dengan artikel, blog, atau ulasan pelanggan yang bisa mendukung tujuan dari email tersebut dan memiliki call to action atau CTA.

Re-engagement Email

Re-engagement email atau email keterlibatan ulang adalah jenis email marketing yang bisa membantu Anda untuk terhubung kembali dengan pelanggan. Umumnya email ini berisikan pertanyaan atau pernyataan yang menyebutkan bahwa Anda ingin terhubung kembali dengan pelanggan jika mereka sudah lama tidak aktif.

Welcome Email

Selanjutnya ada welcome email yang lebih ditujukan untuk pelanggan baru. Tujuannya adalah mendorong pelanggan untuk lebih mengenal produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan. Umunya, isinya disertai dengan beberapa penawaran terbaik. Mulai dari potongan harga, voucher belanja, dan promosi lainnya. Sehingga nantinya Anda bisa mengetahui mana pelanggan yang potensial dan mana yang tidak.

Email Survei

Jika Anda membutuhkan umpan balik atau feedback dari pelanggan, Anda bisa menggunakan email survei. Jenis email marketing yang satu ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, karena mereka merasa dihargai dan dianggap dengan meminta pendapat. Sehingga nantinya, Anda juga bisa menggunakan data tersebut untuk evaluasi, meningkatkan kualitas, dan berinovasi pada produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

Email Musiman

Satu lagi jenis email marketing yang perlu Anda tahu adalah email musiman atau seasonal marketing emails. Pada prakteknya, jenis email ini digunakan pada saat event tertentu. Misalnya memberikan informasi dan promosi pada hari raya, musim liburan, dan hari-hari lainnya.

Tips Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis

Email Marketing Pengertian, Manfaat, Jenis, & Tips Memaksimalkannya
Email Marketing Pengertian, Manfaat, Jenis, & Tips Memaksimalkannya

Meskipun terlihat mudah, mengirim email marketing tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berakhir di kotak spam. Sangat disayangkan bukan jika email yang sudah dibikin sedemikian rupa tidak berakhir di kotak masuk.

Nah berikut beberapa tips memaksimalkan email marketing untuk bisnis yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah:

Menggunakan Lead Magnet

Tips memaksimalkan email marketing yang pertama adalah menggunakan lead magnet atau kata ajakan yang bisa menarik atensi pelanggan. Misalnya, Anda bisa memberikan potongan harga pada pelanggan yang mendaftarkan emailnya atau bisa dengan menawarkan hadiah bagi pelanggan yang bergabung dalam milis.

Sehingga nantinya, Anda bisa mendapatkan alamat email pelanggan secara organik selain menggunakan jasa agensi atau yang lainnya. Kendati demikian, jangan terlalu berharap banyak, sebab cara ini tidak bisa langsung mendapatkan hasil.

Perhatikan Regulasi yang Berlaku

Baik Anda mau mengirimkan email marketing untuk nasional maupun internasional, Anda perlu memperhatikan regulasi yang berlaku. Pastikan Anda sudah memahami dan mematuhi semua persyaratan hukum dan regulasi yang berlaku di wilayah yang akan dikirim email. 

Ada beberapa regulasi yang bisa dijadikan acuan untuk mengirim email marketing. Seperti Undang-undang CAN-SPAM di Amerika Serikat, Undang-undang Anti Spam Kanada, dan General Data Protection Regulation atau GDPR di Uni Eropa.

Manfaatkan Email Marketing untuk Berinteraksi

Manfaat email marketing untuk bisnis Anda sangat banyak. Salah satunya adalah sebagai wadah atau alat untuk berinteraksi dengan pelanggan. Misalnya seperti menanyakan pendapat mereka setelah membeli produk dan/atau jasa Anda. Tentu mereka akan memberikan jawaban yang bisa membantu Anda untuk berinovasi..

Jangan Kirim Email Marketing Terlalu Sering

Tips terakhir ini adalah yang harus benar-benar Anda perhatikan. Jangan mengirimkan email marketing terlalu sering. Cukup mengirimkannya jika memang diperlukan. Ketika pelanggan memberikan alamat email mereka, berarti mereka percaya pada bisnis yang Anda jalankan.

Maka dari itu, jangan sampai merusak kepercayaan atau minat mereka dengan membombardir kotak masuknya dengan email marketing. Fokuskan saja untuk mengirimkan hal-hal seperti informasi yang sesuai, pesan promosi, atau sekedar menanyakan kabar dan memberikan promosi.

Kesimpulan

Email marketing memiliki manfaat yang banyak untuk kelangsungan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa berhubungan dengan pelanggan. Ketika dilakukan dengan benar, hal ini bisa membawa bisnis Anda pada keuntungan.

Misalnya seperti menarik pelanggan baru, pembelian berulang, hingga tujuan pemasaran pun bisa tercapai. Terlebih penggunaan email marketing yang sangat rendah biaya dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan alat pemasaran ini untuk kelangsungan bisnis Anda! Semoga bermanfaat!

Advertisement
Maxmanroe

A Blogger, YouTuber, and Trader. Start getting to know Online Business since 2012 and continue to learn about internet business until now. Currently active as a content writer at Maxmanroe.com.

35 thoughts on “Email Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis, & Tips Memaksimalkannya”

  1. Kebetulan ketemu sama artikel ini, Thanks admin.

    Soalnya Ane lagi belajar internet marketing jadi sekali lagi terima kasih sudah nulis artikel ini

    Reply
  2. ternyata email marketing bagus sekali manfaatnya. setelah baca artikel ini, sy jadi lebih paham. terima kasih pemaparannya.
    lanjut artikel berikutnya

    Reply
  3. makasih mas atas pencerahannya….sebenarnya sudah ane coba, kelemahannya adalah menunggu waktu yang lama…tapi begitu baca artikel ini saya jadi semangat lagi.

    Reply
  4. Saya mau kirim email only ke karyawan bank se indonesia.
    Gimana caranya ?
    Adakah vendor yg bisa melayani permintaan seperti ini ??

    Reply
  5. kalo email marketing yang menggunakan html itu ada artikelnya gan cara menggunakannya? krn ane liat kalo di situs jual beli sperti bklpk, dsj itu email marketingnya keren keren pada bagian body text nya

    Reply
    • Belum pernah bikin artikelnya gan. Sebenarnya itu tinggal masukin URL gambar dan link saja….memang sih tidak sesederhana itu, tapi prinsipnya seperti itu. Biasanya layanan email responder sangat berpengaruh juga, tidak semua layanan email responder bisa ditambahkan image atau tombol link di dalam email marketing.

      Reply
    • Kalo mau yg simple tinggal upload gambar sudah rapih dan ok? Gak perlu ngerti coding atau html.. Sy menyediakan dan ada ribuan template. Kontak ke email sy ya? Harga di jamin paling murah

      Reply
  6. Hiii om Max, ane sangat tertarik dengan teknik email marketing ini. Tapi bagaimana caranya ya membangun visitor tetap menggunakan sistem email otomatis untuk di terapkan pada situs / blog kita tanpa plugin berbayar? Untuk menampilkan form newsleter ane sudah bisa om, tapi tidak ada yang mendaftar melalui form itu. Gimana ya solusinya?

    Reply
    • Saya punya solusi buat bapak arlancor.. Mengenai form untuk memperbanyak database dan di template di web bapak. Silahkan langsung kontak ke email sy untuk selanjutnya pak. Tx

      Reply
  7. Email marketing sangat membantu para internet marketer tentunya. bagi saya kampanye melalui email terbukti sangat efektif

    Reply
  8. kalo kayak toko online bgtu sering banget kirim emaill, menganggu

    kalo sehari satu kali send masih ok, tapi kalo terlalu bikim nesu

    Reply
  9. berapa batasannya sehingga e-mail marketing kita di kategorikan sebagai spam atau tidak? sekali sehari apakah dikategorikan sbg spam?

    Reply
    • Sekali sehari sebenarnya masih wajar, asalkan email yg kita kirim bermanfaat bagi penerima email. Tapi kalau isi emailnya semuanya menawarkan/ menjual sesuatu, ya bisa dianggap SPAM.

      Reply
  10. email saya kadang ada yg ngirimi promosi gitu mas, ya tertarik sih. Tapi gak ada budget membelinya.
    Seperti itu ya yg di namakan email marketing?

    Reply
  11. betul sekali mas, email lebih bersifat pribadi. lebih menjaga kepribadian seseorang ketika berjualan. karena banyak kasus yag saya lihat berjualan dengan terang-terangan mendapat banyak kendala.

    Reply
  12. gimana ya caranya mengirim email kepada banyak orang dengan satu klik? trus, gimana dapat list email orang yang aktif selain dari subcriber? #nubi

    Reply
    • Kita harus menyewa layanan Autoresponder. Dengan autoresponder kita bisa menyimpan banyak list email dan mengirimkan email secara massal ke list email tersebut.

      Reply
  13. Nemu web ini di list alexa. mantabs,., eh mas max itu yang point 3 siapa yang jual mail list,., hehe

    Reply
    • Biasanya salah satu cara membangun list email itu dengan cara memberikan freebies ke pengunjung website kita mas. Misalnya ebook gratis atau tutorial gratis dengan mendaftarkan email, sangat efektif :)

      Reply
  14. email marketing ya ?! belum pernah terfikirkan oleh saya untuk memaksimalkan kegunaan email untuk berpromosi. nanti bisa saya coba, izin bookmark

    Reply
  15. Sebenarnya cara diatas efektif, tampi lebih di anggap sebagai Spam saja dan hanya di abaikan.

    Pun sy juga merambah bisnis online dengan menggunakan cara yang sama dengan artikel Mas ^.^

    Reply
  16. ya betul banget, saya lagi coba belajar list building E-mail, katanya profitnya menjanjikan ?

    Reply
  17. artikelnya keren dan menjelaskan dengan detil mengenai email marketing,
    pendapat saya memang email sekarang sudah dimiliki orang setiap orang jadi pasti akan sangat bagus dan potensial untuk dimanfaatkan demi kemajuan bisnis yang kita jalani..
    tetap posting artikel yang berkualitas seperti ini.

    Reply

Leave a Comment