Di Tangan 7 Wanita ini, Mereka Bisa “Mengatur” Dunia!

Image dari Womanbizlife.com

Image dari Womanbizlife.com

Jaman Siti Nurbaya kini sudah jauh berlalu, kini tidak ada lagi istilah wanita tidak bisa berkarya sama seperti kaum pria. Bahkan dalam strata puncak pemimipinan, saat ini sudah banyak kaum hawa yang maju dan menjadi inspirasi emansipasi.

Dalam dunia internasional, kita bisa melihat banyak sekali nama-nama petinggi wanita yang duduk di kursi pemerintahan, korporasi hingga kelembagaan besar.  Mereka berhasil mencapai posisi tersebut tentu bukan hal yang mudah. Bahkan diakui atau tidak, jalan yang harus dilalui seorang pemimpin wanita nyatanya terkadang jauh lebih berat dari seorang pemimpin pria.

Terkait bidang ekonomi dan pemerintahan, inilah 7 wanita luar biasa yang diklaim mempunyai andil besar menjalankan kebijakan tingkat dunia. Bahkan di tangan merekalah, tak jarang muncul kebijakan yang mampu mempengaruhi kondisi dunia. Siapa saja mereka? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Janet Yellen

Bagi yang berkutat di bidang ekonomi seperti sahan dan falas, tentu tak asing dengan nama yang satu ini. Sebagai Kepala Federal Reserve AS, tak berlebihan jika Yellen berada di posisi wahid dalam daftar ini. Pasalnya istri peraih nobel, Georges Akerlof tersebut mempunyai tanggung jawab besar yang mampu mempengaruhi kondisi ekonomi global.

Prestasi besarnya menjadi anggota tim kondisi ekonomi AS lewat kebijakannya di tahun 2009, membawa nama Yellen hingga bisa berada di tampuk kepemimpinan FED di tahun 2013.




Artikel lain: Inspirasi dari Lima Perempuan Terkaya Di Bidang Bisnis Teknologi

2. Angela Merkel

Disebut-sebut sebagai salah satu wanita dengan kekuasaan tertinggi di daratan Eropa, Angela Merkel tidak pernah menganggap sebagai pencapaian melainkan sebuah tanggung jawab. Posisinya sebagai perdana menteri Jerman memang sangat erat dengan berbagai pemangku kepentingan tertinggi di benua biru tersebut. Ia memulai karir di tahun 1989 ketika dua kubu Jerman bersatu dan mulai menampakkan kapasitasnya di ranah legislatif Jerman dengan berbagai kebijakan besar.

3. Christine Lagarde

Menduduki posisi Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), wanita yang satu ini sempat membuat gebrakan di bidang ekonomi pada tahun 2007. Kala itu disaat banyak orang menyudutkannya dalam gaduh masalah harga bahan bakar, ia dengan tegas mengajak semua orang yang merasa merugi untuk mengubah pola hidup dengan menggunakan sepeda.

Posisi IMF yang kerap menjadi jujukan banyak negera mencari “utang”, menuntut wanita asal Perancis ini selalu sigap dan tegas. Tak jarang pula dana pinjaman yang dikucurkan IMF akhirnya bisa mengubah kondisi suatu negara.

4. Dilma Rousseff

Yang menarik dari presiden wanita pertama negara Brasil ini adalah kegigihannya melawan ketidak benaran yang ada di tanah kelahirannya. Bahkan sebagai konsekuensi, sebelum berhasil naik kursi kepresidenan, ia pernah ditangkap, dipenjara dan disiksa oleh rezim diktator yang sebelumnya menguasai Brasil.




Dengan beragam langkah berani dan revolusionernya, Brasil mampu bangkit dengan kondisi rakyatnya yang lebih terjamin.

5. Geun-hye Park

Geun-hye Park mempunyai kisah yang tak kalah miris sebelum akhirnya menjadi presiden Korea Selatan. Tragedi yang mengubah hidupnya terjadi pada tahun 1979, ketika sang ayah dan ibu tewas terbunuh setelah menjadi korban spionase intelijen.

Membawa “dosa” lama mendiang ayah, Ia justru mendapat kepercayaan mayoritas penduduk negeri ginseng tersebut di tahun 2013. Salah satu wujud totalitas wanita single tersebut, ia mengaku telah “menikah” dengan bangsanya, dan akan memberi segalanya untuk tanah airnya.

6. Sri Mulyani Indrawati

Membanggakan! Tak ada kata lain untuk salah satu putri bangsa, Sri Mulyani. Setelah melepas posisi sebagai menteri Keuangan di tahun 2010,  kini ia nyaman mengisi pos Managing Director Bank Dunia. Dengan kemampuan managerial serta mental anti-korupsi yang ia miliki, tak mengherankan jika talenta wanita kelahiran Bandar Lampung itu tercium petinggi Bank Dunia.

Baca juga: Sri Mulyani ~ Sosok Wanita Indonesia yang Mengawal Kelancaran Bank Dunia

7. Ertharin Cousin

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia PBB (FAO) ini menyeret karirnya dari level yang sangat rendah. Kala itu dirinya yang dibesarkan di daerah miskin di Chicago, AS tersebut bahkan tidak menyangka dengan posisi yang ia ampu saat ini.

FAO sendiri merupakan organisasi besar yang menjadi tumpuan banyak negara berkekurangan utamanya akibat bencana atau konflik perang. Seakan menjadi misi sejak kecil yang selalu ia ingat, Ertharin ingin memberikan bantuan kemanusiaan sebaik mungkin untuk lebih banyak manusia di dunia.

Demikianlah informasi tentang 7 wanita dengan kemampuan mengeluarkan kebijakan yang luar biasa untuk dunia. Salah satu kesamaan yang bisa dilihat dari 7 srikandi tersebut adalah mereka menjadi wanita pelopor pada posisi yang mereka tempati saat ini.

Dengan dedikasi serta usaha keras, tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai. Dan mimpi akan lekas terwujud jika kita segera melangkah, mulai dari sekarang!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah hebat benar 7 wanita diatas!
    Kira-kira diIndonsia ada enggak ya yang bisa mengatur hanya sebatas SEA dulu?? :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud