Inspirasi dari Lima Perempuan Terkaya Di Bidang Bisnis Teknologi

Inspirasi dari Lima Perempuan Terkaya Di Bidang Bisnis Teknologi

Siapa bilang perempuan tidak bisa sukses merintis karir di dunia bisnis?

Saat ini perkembangan zaman membuat wanita lebih leluasa mengembangkan ide dan kreativitas di bidang bisnis. Sosok-sosok wanita yang sukses menekuni dunia bisnis tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang, termasuk wanita yang sukses di bidang bisnis teknologi.

Meskipun belum banyak wanita yang terjun ke bisnis teknologi, namun hal ini tidak menjadi halangan untuk mengembangkan karir di bidang tersebut. Pada periode April 2015, lembaga peneliti Wealth-X dari Singapura secara resmi merilis informasi mengenai 5 orang perempuan terkaya yang berkecimpung di sektor bisnis #teknologi. Kelima perempuan tersebut yaitu :

1. Meg Whitman Sang CEO HP

Meg Whitman menempati urutan pertama dalam daftar 5 wanita terkaya di bidang bisnis teknologi dengan jumlah kekayaan mencapai angka US$ 1.3 milyar (sekitar 16.71 triliun rupiah).

Selain memperoleh kekayaan yang bersumber dari jabatannya sebagai CEO HP (Hewlett-Packard), kekayaan yang dimiliki Whitman juga berasal dari penjualan sahamnya di eBay. Karena pada periode 1998-2008 Meg Whitman memimpin eBay yang kini menjadi salah satu bisnis e-commerce terbesar di dunia. Sehingga tidka mengherankan kalau penjualan saham eBay membuat Whitman memiliki jumlah kekayaan yang nilainya sunguh fantastis.

Artikel lain: Meg Whitman ~ CEO Wanita dengan Gaji Termahal Di Dunia

2. Sherly Sandberg yang Mendulang Sukses Bersama Facebook

Posisi kedua dari daftar 5 wanita terkaya di bisnis teknologi berhasil diraih oleh Sherly Sandberg. Sherly yang berprofesi sebagai COO (Chief Operating Officer) memiliki total kekayaan kurang lebih US$ 1.3 milyar. Kekayaan yang dimiliki Sherly juga berasal dari kompensasi saham Facebook yang diterimanya sejak bergabung dengan perusahaan ini pada tahun 2008.

Pada tahun 2012, Sherly memutuskan untuk menjual sahamnya di #Facebook dan memperoleh uang sebesar US$ 700 juta (sekitar 9 triliun rupiah). Kendati sudah menjual sahamnya, rupanya Sherly masih memiliki sebagian saham Facebook dengan taksiran nilai mencapai US$ 430 juta (sekitar 5.5 triliun rupiah).

3. Lucy Peng, Wanita Terkaya Di Urutan Ketiga

Asia rupanya juga memiliki sosok wanita terkaya yang aktif di bisnsi teknologi. Wanita terkaya di urutan ketiga tersebut adalah Lucy Peng, sang co-founder Alibaba. Kiprahnya sebagai salah satu pendiri bisnis #e-commerce terbesar di Asia membuat Lucy mampu meriah kekayaan mencapai US$ 1.2 milyar (sekiat 15.43 triliun).

Kiprah Lucy Peng di bisnis teknologi memang sudah tidak diragukan lagi setelah sukses berkarir di AliPay dan Alibaba serta masuk ke dalam daftar 53 wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes tahun 2014.

4. Wang Hsueh Hong, CEO Bisnis Teknologi Komunikasi

Dari sektor bisnis teknologi komunikasi, Asia juga memiliki sosok Wang Hsueh Hong sebagai wanita terkaya di urutan keempat. Sosok pekerja keras yang menggawangi kesuksesan inovasi brand HTC Taiwan ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$ 890 juta (sekitar 11.44 triliun rupiah).

Baca juga: Dian Siswarini – Wanita Tangguh yang Menduduki Puncak Kepemimpinan XL Axiata

5. Marisa Mayer, Wanita Terkaya dari Yahoo

Wanita yang bernama lengkap Marissa Ann Mayer ini merupakan salah satu sosok paling berpengaruh bagi Yahoo. Sang CEO Yahoo yang aktif mencari dan memberlakukan inovasi baru bagi perkembangan Yahoo ini memiliki kekayaan senilai US$ 410 juta (sekitar 5.27 triliun rupiah).

Bila dijumlahkan secara keseluruhan, nilai kekayaan yang dimiliki oleh kelima wanit ini memang masih jauh dibandingkan dengan total kekayaan Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Namun bukan hanya nilai kekayaan yang mampu membuat kita takjub, karena semangat dan kerja keras para wanita tersebut adalah esensi utama dari sebuah keberhasilan.

Kalau sosok wanita saja bisa memberikan kontribusi yang besar bagi bisnis berbasis teknologi, seharusnya kita juga belajar banyak hal dan meneladani semangat kerja keras dan ketekunan tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk merintis kesuksesan dan mengejar passion mulai dari sekarang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan