Beranda General Deep Web ~ Memasuki Sisi Tergelap Dunia Internet

Deep Web ~ Memasuki Sisi Tergelap Dunia Internet

Deep Web

Seberapa sering kita menggunakan internet? Setiap hari?

Dengan menggunakan internet setiap hari, bukan berarti kita memang sudah mahir dan mengenal seluk beluk dunia internet dengan baik. Mungkin saja kita hanya mengenal bagian “permukaan” internet saja. Sebab dalamnya dunia internet siapa yang tahu?

Bagian dalam dari dunia internet biasa dikenal dengan istilah deep web. Kalau selama ini kita hanya mengenal dunia internet dari kegiatan browsing biasa, maka deep web tidak bisa diakses dengan cara browsing yang biasa kita lakukan. Karena sejatinya deep web menyimpan banyak misteri yang tidak bisa diakses oleh semua orang.

Tentang Deep Web

Istilah deep web pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak tahun 2001, deep web dikenal memiliki konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web. Istilah surface web dan deep web digunakan untuk menganalogikan dunia #internet secara keseluruhan.

Karena ternyata dunia internet yang setiap hari kita akses hanyalah bagian permukaannya saja. Ada banyak sekali konten yang mungkin tidak akan pernah kita ketahui saat berselancar di internet.

Artikel lain: Mengintip Beberapa Website Paling Kontroversial di Dunia

Mengapa Ada Deep Web?

Deep web memuat informasi yang tidak terindeks pada mesin pencarian standar di dunia internet seperti #Google, Yahoo atau Bing. Diperkirakan jumlah konten yang terdapat di deep web memiliki persentasi sebanyak 96% dari total keseluruhan konten internet. Jumlah ini tentu sangat besar jika dibandingkan dengan konten surface web yang biasanya kita akses.

Apa Saja yang Ada Di Deep Web?

Sebagian besar konten yang ada di deep web berupa database hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga peneliti, pemerintahan maupun penelitian yang bersifat pribadi. Sebagian konten lainnya terdiri dari konten porno, ilegal, konten yang dibuat oleh para hacker, dokumen rahasia pemerintahan serta aneka konten ekstrim lainnya yang tidak dapat dideteksi atau di sensor oleh mesin pencarian biasa.

Bahkan ada pula situs penjualan manusia dan situs penelitian yang melibatkan manusia sebagai obyek. Menemukan konten-konten ekstrim seperti eksploitasi anak sebagai obyek seks, jual beli obat-obatan terlarang, jasa pembunuh bayaran dan black market bukanlah hal yang sulit ditemukan di deep web. Intinya, dunia deep web memang sangat luas dan memuat banyak konten-konten berbahaya.

Benarkah Deep Web berbahaya?

Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?

Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.

Baca juga: 7 Tips Mencegah ‘Begal’ Internet Banking, Lakukan Sekarang!

Yang Harus Dilakukan Ketika Membuka Deep Web?

Sebenarnya deep web bukanlah suatu wadah informasi yang patut diakses. Namun bila kita terlanjur mengakses deep web, yang perlu kita lakukan adalah berhati-hati dengan segala sesuatu yang ada di deep web.

Usahakan untuk tidak mengunduh apapun atau memasukkan informasi apapun pada deep web. Sekedar melihat konten-konten liar di deep web mungkin tidak terlalu masalah, tapi jangan sampai kita terlibat terlalu jauh dalam dunia deep web.

Jangan lupa untuk menghapus setiap history dan cache setelah mengakses deep web sehingga informasi pribadi kita tidak mudah ditelusuri oleh para hacker atau pelaku #cybercrime lainnya. Sebaiknya kita memang tidak mengakses deep web sebab “palung” ini memang terlalu berbahaya untuk diselami. Berselancar di “permukaan internet” sudah cukup memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi kehidupan kita.

Jadikan saja deep web sebagai pengetahuan dasar yang membuat kita mengenal dunia internet secara keseluruhan.

38 KOMENTAR

  1. Deep Web = Tempat Para Penjahat Berkumpul

  2. Kalo skedar liat liat aja di deep web apa tetep juga kena virus para blackhat yg berkecimpung di deep.web..walaupun ip kita udah di sembunyikan….?

  3. udah ga berani buka deep web lagi, terakhir kali buka deep web itu langsung mual liat manusia sbg objek percobaan, dan itu masih kebayang ampe skrg

  4. aku udah sering ke deep web. tapi sampai skrng gak ada apa”??

  5. Baru aja saya surfing.. saya melihat bnyk hal seperti hidden wiki,black market,foto foto dari pedofil rusia dan masih bnyk lagi.. al hasil laptop saya di susup.. tapi saya tidak tau cara buat memblokir si peretas..!!
    akhirnya saya hanya menghapus history tor browser,temp dan putuskan koneksi internet..
    minta saran gan. kalau misalnya kita sedang di susup peretas apa yang harus di lakukan ?

  6. Saya mulai tertarik dengan diving dideep web dan mencoba membuat artikel diblog darweb-info.blogspot.com
    kunjungi yaahh :)

  7. Makasih infonya gan, awal tahu istilah Dark Web dari film Hacker..
    Setelah baca di Maxmanroe Eh ternyata tentang sisi gelap internet.
    Apakah Blog Download yang kita miliki termasuk Deep Weeb ya..?^_^ kan ada juga yang tidak terindex google.

  8. kalo mau buka deepweb mendingan di warnet jadi kalo ada apa apa alu ga ikut ikutan

  9. izin repost gan, infonya bagus

  10. Natasya faresha

    bahaya sekali deep web bikin takut , hampis saya mau masuk dan mendaftarkannya

  11. Admin apakah kalau kita mengaskes deep web Dan setelah beberapa hari akan ada polisi berdatangan Dan juga FBI ke rumah kita lalu tertangkap mencemarkan nama keluarga lalu di tembak mati? Kalau gitu kagak ikutlah

    • Ah Anda ini kebanyakan nonton film hollywood. Mengakses deep web itu tidak mudah, harus menggunakan browser khusus. Bahkan kalaupun Anda bisa mengakses deep web maka resiko yang paling parah adalah hacker bisa merusak ‘kehidupan’ mu.

      • Maaf kak
        kalau boleh tau kata merusak ‘kehidupan’ mu itu seperti apa ya ?
        terlalu hyperbola deh kayaknya
        saya aja sering keluar masuk
        bahkan beberapa kali di nongkrong di red room ga pernah ada aja tuh kejadian bang

        bahkan download file-file tutorial terlarang yang ga mungkin bisa di temukan di publik juga ga ada masalah bang

        apa separah itu kah deep web ??
        banyak loh ilmu yang di dapatkan di deep web

        • Tutorial terlarang seperti apa aja bang..? Soalny ane masuk di deep web tpi gak ngrti isiny. Mohon bntuan yang sudah masuk lebih dalam.

  12. izin repost gan, infonya menarik

  13. Izin repost yaaa
    Terima kasihh

  14. bacanya kok rada-rada horror gini yah??? tapi penasaran…

  15. Deep web itu biasa aja kalu mau Cuba silakan aja cuma benar kata admin itu jngan sesekali men download yg blom biasa dngan dunia internet sebaiknya JANGAN! DEEP WEB NERAKA INTERNET

  16. Jadi penasaran. Ada yg udah pernah ke dalam sana?
    Gue sih belum, tapi kalo mau buka sama sama juga oke tuh, barangkali bisa nutupin kekurangan kita satu sama lain.

  17. gw udah buka dark net dan hasilnya yg gw liat adalah kejahatan ilegal

  18. gak usah buka deepweb,, ane buka deepweb ( buat liat sebuah video ) tau” laptop mati wkwkwk, langsung instal ulang

    • jujur. salahnya sendiri bukain kayak gituan…

  19. Deep web biasa saja menurut saya, walaupun banyak situs jahat tapi jangan sekali” buka deep web kalo komputer ada tidak ingin kena virus hacker thanks :)

  20. web untuk mengakses ke deep web apaan

  21. Admin sendiri Udah pernah buka belum deep web atau darknet?

  22. Mengapa ada deep web bisa terus berkembang gak kekontrol saya kira bisa dijawab sama post di forum ini:

    http://www.eyerys.com/comment/7557#comment-7557

    Deep web eksis karena merupakan cara manusia buat ngeluarin hasrat terpendamnya. Alias melegalkan hal yang dilarang sama norma, adat, undang2 dan agama, semua dengan status anonim.

    Malaikat di dunia nyata bisa aja jadi iblis di internet.

  23. klo baca artikelnya… kok serem yah -__-)

  24. Bahaya juga ya ternyata, pernah sih liat game di youtube gan yg isinya seseorang sedang main game di sebuah deep web, dan gamenya agak ga jelas gitu, malah menjurus ke creepy. Serem….

  25. morlan panjaitan

    so jadi gimana caranya kita supaya bisa aksess untuk sekedar melihat lihat deeb web
    apa langkah langkah yang harus kita kerjakan.

    • pake software yang bisa menyembunyikan IP om..
      trus browsernya juga khusus,,searching saja browser khusus Deepweb..

      • Kalo udah pake software buat nyembunyikan ip udah dipastikan aman kena serangan hacker ngga gan?

  26. wah.. bahaya juga nih deep web, pantesan web yang ada di di deep web g bakalan di index sama google. Mungkin google juga takut mau crawl… hehe

Tinggalkan Balasan