Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan Kantor ke Rumah

Image dari The1thing.com

Image dari The1thing.com

Dunia modern seperti saat ini menjadikan dunia kerja semakin padat dan ketat. Deadline dan target dari perusahaan maupun kantor serasa semakin menghimpit para karyawannya. Bahkan sampai-sampai waktu dan jam kerja kantor pun tidak cukup untuk meng-cover semua tuntutan tersebut.

Keadaan ini memaksa mereka untuk mengerjakan tanggung jawab di luar jam kerja. Sering saya melihat, atau mungkin Anda sendiri mengalaminya sampai lembur dengan membawa pulang pekerjaan ke rumah.

Sebenarnya, dengan memaksakan diri membawa pekerjaan kantor ke rumah, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Memang jika itu adalah tuntutan dan harus segera diselesaikan, maka Anda sebagai tanggung jawab dari tugas harus segera menyelesaikannya juga. Namun, dengan membawa pekerjaan pulang ke rumah yang biasanya pekerjaan diselesaikan di kantor, Anda harus mewaspadai hal negatif di bawah ini.

1. Tidak Imbangnya Pekerjaan Kantor dengan Keluarga

Kenapa demikian, karena Anda harus memahami juga orang yang terbiasa bekerja di kantor dengan orang yang memang pekerjaannya berada di rumah. Ketika Anda biasa bekerja kantoran dan tidak pernah bekerja di rumah, maka respon dari keluarga tentu akan berbeda. Meskipun mungkin mereka tetap berusaha menerima keadaan baru ini, namun tetap saja sedikit banyak akan mengurangi keseimbangan hubungan kekeluargaan Anda.

Yang paling terasa biasanya adalah berkurangnya waktu untuk berinteraksi, sekedar ngobrol ringan, bercanda dan yang lainnya. Dan itu adalah hal yang sangat penting bagi keseimbangan keluarga meskipun terlihat seperti hal yang sepele.

Artikel lain: Cermatlah Sebelum Memutuskan Bekerja dari Rumah

2. Kesulitan Fokus untuk Mengerjakan Tugas

Bagi sebagian orang yang tidak pernah bekerja di rumah, fokus bisa menjadi masalah utama. Kesulitan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal jika berada di rumah. Jika Anda sudah memiliki anak, mungki sekali akan mendapat gangguan dari anak.

Jika masih lajang, biasanya pengalaman saya sendiri, kita sering diminta membantu atau disuruh orang tua. Sebagai anak, saya tidak mungkin bisa menolaknya. Nah, ini sering membuat fokus kita sering hilang sehingga hasil pekerjaannya pun juga tidak akan maksimal.

3. Berkurangnya Kualitas Istirahat

Tentu saja membawa pekerjaan pulang ke rumah akan mengurangi waktu Anda beristirahat. Sedangkan istirahat yang berkualitas sangat penting ketika Anda dalam posisi sedang tertekan. Harapan Anda mungkin dengan membawa pekerjaan dari kantor pulang ke rumah bisa sesegera mungkin untuk diselesaikan.

Namun, sering terjadi justru sebaliknya, Anda hanya membawa beban dari kantor ke rumah saja tanpa mampu untuk menyelesaikannya. Bahkan bisa lebih buruk lagi, Anda akan terancam masuk ke dalam jurang stres dan depresi ketika waktu istirahat dan recharge energi Anda berkurang.




4. Membuat Krisis Kepercayaan Diri

Ini sangat penting dan harus Anda perhatikan benar-benar. Kekurangan waktu dalam beristirahat baik secara fisik maupun psikis, pasti akan berpengaruh terhadap berkurangnya kepercayaan diri Anda. Kenapa demikian, karena dengan istirahat yang kurang secara otomatis tubuhpun akan melakukan respon yang negatif.

Penampilan kamu menjadi tidak ramah, wajah kusut dan tubuh tidak akan bisa fresh. Dari sini menjadikanmu dipandang sebagai pribadi yang kurang bisa menghargai diri sendiri sehingga akan banyak orang menilai Anda sebagai pribadi yang tidak menarik. Nah, hal inilah yang tentu saja akan mengurangi rasa percaya diri Anda sedikit demi sedikit.

Baca juga: Kesalahan Yang Menyebabkan Bisnis Online dari Rumah Anda Gagal

5. Hubungan Dengan Pacar Bisa Hancur

Nah, ini penting bagi kalian yang sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang terkasih. Layaknya pekerjaan, seorang pacar juga menuntut perhatian dari kalian. Jangan hanya pekerjaan saja yang kalian utamakan. Bisa-bisa pacar kalian akan cemburu dengan pekerjaan kalian.

Sehingga akan memperburuk hubungan kalian dengan pacar, bahkan dampak terburuk bisa menghancurkan hubungan kalian. Janganlah memaksakan diri untuk mengerjakan pekerjaan dari kantor diselesaikan di rumah, terlalu banyak orang dekat yang juga akan merasakan dampak negatif dari keadaan ini.

Nah, dari beberapa faktor negatif di atas, bisa kita ambil pelajaran berpikir dua kali sebelum benar-benar membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan dulu sebelum memutuskan itu.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. bener sekali.. saya dulu sering bawaan kerjaan kantor kerumah.. yang ada bukan selesai tapi tambah runyam… hanya akan membuat suasana dirumah jadi tidak nyaman …

    • itulah

  2. Ada teman Saya di kantor dia paling Anti bawa kerjaan ke rumah, katanya daripada bawa kerjaan ke rumah mendingan lembur aja di kantor, atau pulangnya lebih lambat, karena kita dirumah katanya untuk istirahat. Kalau masih kerja juga di rumah terus kapan istirahatnya??

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud