Cristiano Ronaldo ~ Dedikasi Dan Integritas Membawa Portugal Menjadi Kampiun Piala Eropa

Cristiano Ronaldo ~ Dedikasi Dan Integritas Membawa Portugal Menjadi Kampiun Piala Eropa

Cristiano Ronaldo
Image dari Telegraph.co.uk

Bagi penggila sepakbola tentu sudah mengenal dengan mega bintang Real Madrid ini. Yup, Cristiano Ronaldo, mungkin hampir tidak ada penggemar bola dunia yang tidak mengenal namanya. Cristiano Ronaldo adalah salah seorang pesepakbola dengan fans yang paling banyak sejagat raya. Sepak terjangnya di dunia sepakbola selalu dinantikan oleh banyak orang.

Meski fansnya begitu banyak di dunia, ia juga tak luput dari haters yang juga tak sedikit. Banyak pembenci nya yang mengatakan bahwa Ronaldo adalah sosok yang arogan dan berbagai macam penilaian negatif lainnya.

Namun di perhelatan Piala Eropa yang baru saja usai kemarin dan menahbiskan Portugal yang menjadi juara, nampaknya ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Cristiano Ronaldo. Cristiano Ronaldo yang menjadi kapten dari Portugal, meski di final tidak bermain full time, tetap saja sepak terjangnya tak luput dari pengamatan. Banyak nilai positif yang bisa dijadikan sebuah pelajaran hidup untuk kita bersama.

1. Ronaldo Bisa Menjadi Motivator Bagi Temannya

Cristiano Robaldo adalah kapten timnas sepakbola Portugal. Ia bertanggung jawab penuh di lapangan saat mereka bermain. Di situ peran Ronaldo dalam memberikan motivasi pada rekan-rekan setimnya nampak sangat kental. Ia bisa membangkitkan semangat rekan-rekannya untuk terus berjuang sampai titik darah penghabisan.

Bahkan beredar juga video rekaman saat Portugal akan beradu penalti. Saat itu Ronaldo menunjuk salah satu rekannya untuk berani mengambil penalti dan tak lupa juga dengan memberikan dorongan pada nya. Ia terus mengatakan bahwa ia bisa melakukannya. Satu motivasi yang sangat berharga ketika menghadapi saat-saat yang mendebarkan.

Artikel lain: Muhammad Ali ~ Legenda Tinju Dunia yang Tak Bisa Terlupakan Oleh Perusahaan Apple

2. Tak Pernah Menyerah Dengan Kondisi Bagaimanapun

Tak pernah menyerah, mungkin itulah sikap yang selalu dipertontonkan Cristiano Ronaldo di manapun ia bermain. Bagaimanapun sulitnya keadaan yang sedang dihadapi, ia selalu dengan penuh semangat dan kerja keras tetap tidak mau menyerah dengan keadaan. Seperti kita tahu, perjalanan Portugal dalam menggapai gelar juara Piala Eropa tidak lah mudah.

Mereka selalu terseok-seok saat menghadapi negara lain, bahkan Cristiano Ronaldo pun pernah gagal dalam mengeksekusi penalti, yang itu sangat jarang ia lakukan. Namun, sesulit apapun kondisi yang sedang terjadi, ia tetap fokus dan berjuang sekuat tenaga untuk meraih cita-citanya dan cita-cita semua orang Portugal menjadi juara Piala Eropa.

3. Tetap Berusaha Memberikan yang Terbaik Untuk Negara

Ronaldo tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk negaranya. Meski ia dalam kondisi cidera, ia tetap berusaha sekuat tenaga memberikan apa yang bisa ia berikan kepada negara. Tampak dengan tertatih-tatih, ia berdiri di bench cadangan dengan wajah yang kadang terlihat tegang, kadang terlihat sangat emosional, dan tak jarang ia berdiri di pinggir lapangan dengan terus memberikan motivasi pada rekannya yang tengah berjuang di tengah lapangan.

Sikap yang sangat menunjukkan betapa ia ingin tetap bisa memberikan kontribusi pada negaranya dan tetap bisa berjuang dengan rekan-rekan setimnya.

Baca juga: Bunda Teresa ~ Tokoh Kemanusiaan Peraih Nobel Perdamaian

4. Totalitas yang Tak Ada Batasnya

Totalitas Cristiano Ronaldo memang sudah tidak diragukan lagi. Apapun klub yang dibelanya, ia selalu memberikan yang terbaik pada klub tersebut. Terlebih untuk timnas, maka tak ragu lagi, seakan Ronaldo memberikan apapun untuk membela negaranya. Meski di final Piala Eropa kemarin Ronaldo hanya bermain lebih kurang 25 menit saja, tak lantas membuatnya hanya diam dan melihat rekannya berjuang di lapangan saja.

Ia tetap menunjukkan totalitas dan dedikasinya pada negara dengan terus memberikan semangat pada temannya. Cristiano Ronaldo seperti mengabaikan rasa sakit yang membekap lutut nya, ia terus berdiri, berteriak dan apapun yang bisa ia lakukan untuk memberi dorongan pada teman-temannya. Sungguh sesuatu yang sangat pantas untuk dijadikan teladan.

Itulah beberapa sikap dari Cristiano Ronaldo yang bisa kita tiru dan jadikan teladan dalam kehidupan. Mungkin Cristiano Ronaldo bukanlah orang yang sempurna dan tak pernah melakukan kesalahan. Namun demikian, ia juga bukan lah orang yang tidak pernah melakukan kebaikan. So, kita sebagai pengamat, harus bisa mengambil yang baik dan meninggalkan yang buruk dari siapapun.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan