Muhammad Ali ~ Legenda Tinju Dunia yang Tak Bisa Terlupakan Oleh Perusahaan Apple

Muhammad Ali

Image dari History.com

Pada hari Jumat (3 Juni 2016) atau Sabtu (4 Juni 2016) waktu Indonesia kemarin, kita diberikan kabar yang mengagetkan dari dunia, yaitu meninggalnya sang legenda petinju dunia Muhammad Ali. Ya, dengan komplikasi penyakit parkinson yang diidapnya beberapa tahun lamanya akhirnya Muhammad Ali akhirnya harus menyerah dan menghembuskan nafas terakhirnya di usia 74 tahun.

Petinju yang memiliki nama lahir Cassius Marcellus Clay, Jr memang sosok yang sangat fenomenal. Meski juga pernah beberapa kali membuat kontroversi seperti memberikan pesan kebanggaan ras untuk Afrika Amerika serta perlawanan terhadap dominasi putih dan menentang keterlibatan Amerika dalam perang Vietnam, sosok yang kemudian memeluk agama Islam pada tahun 1964 ini adalah tokoh yang inspiratif dan juga tak bisa dilupakan oleh dunia, terutama oleh perusahaan Apple (Apple Inc.).

Lalu mengapa perusahaan #Apple tidak bisa melupakan sosok Muhammad Ali? Dan ada kaitan apakah Muhammad Ali dengan perusahaan Apple ini? Berikut ulasannya.

Punya Kedekatan dengan Perusahaan Apple

Seperti dikatakan sebelumnya Apple memang memiliki kedekatan yang sangat intens dengan petinju peraih 3 gelar juara kelas berat ini. Jadi pada tahun 1997 yang lalu, Apple pernah menjadikan Muhammad Ali sebagai ikon bintang iklan. Meski hanya berdurasi 15 menit saja, namun video iklan Apple yang menghadirkan petinju Muhammad Ali ini sangat berkesan bagi Apple. Iklan ini sendiri berwarna hitam-putih yang sengaja dipilih Apple untuk menunjukkan kesan klasik walau ketika itu sudah ada televisi berwarna.

Dalam iklan video ini sendiri petinju yang mendapat gelar “The Greatest” tersebut terlihat menantang lawannya untuk beradu tinju dan mengatakan pada lawannya bahwa dirinya tak pernah gagal dan kalah. Dari iklan video tersebut Apple seolah ingin memperlihatkan dan menunjukkan pada masyarakat bahwa berpikir beda atau think different adalah hal yang bisa membawa pada kejayaan.




Artikel lain: Bunda Teresa ~ Tokoh Kemanusiaan Peraih Nobel Perdamaian

Kesedihan Perusahaan Apple

Meninggalnya Muhammad Ali pada akhirnya meninggalkan kesedihan yang begitu mendalam bagi perusahaan teknologi Apple. Untuk menunjukkan rasa belasungkawa dan rasa sedihnya itu Apple kemudian mengubah laman depan situs resminya dengan foto Ali dengan latar warna hitam-putih.

Warna latar hitam putih ini sendiri menandakan bahwa Apple memang sangat berduka atas meninggalnya petinju legendaris terhebat di dunia ini. Tidak hanya memajang foto Muhammad Ali, pada kesempatan yang sama Apple juga mengutip ucapan terkenal dari petinju yang dianugerahi “Sportsman of the Century” oleh Sports Illustrated.

Dalam situs resminya tersebut Apple memajang foto hitam putih Muhammad Ali dengan kutipan “Muhammad Ali. 1942 – 2016. The Man who has no imagination has no wings”. Meski Apple kemudian tidak menyebut dan menjelaskan alasan di balik aksi pengubahan halaman depan itu, namun dipercayai bahwa hal itu berkaitan dengan kedekatan Apple dengan Muhammad Ali.

Belasungkawa dari Para Pesohor Dunia

Meski telah tiada, sosok Muhammad Ali akan selalu dikenang oleh dunia. Memang berita meninggalnya Muhammad Ali sontak menjadi pembicaraan dunia dan trending topic. Tidak hanya Apple, tapi beberapa pesohor dunia lain juga mengungkapkan rasa sedih dan rasa belasungkawanya, meski hanya melalui media sosial. Beberapa pesohor yang menyatakan rasa belasungkawanya tersebut adalah David Beckham yang menyatakan rasa belasungkawanya via #Instagram.




Dalam instagram-nya mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu menyatakan bahwa “sebuah hal mustahil adalah opini bukalah fakta. Hal mustahil juga bukan deklarasi, tapi keberanian. Mustahil juga merupakan potensi. Maka dari itu hal mustahil itu hanya bersifat sementara dan kemustahilan itu tidak ada.”

Selain David Beckham, rasa belasungkawa juga datang dari rekan seprofesinya yaitu Mike Tyson dan Manny Pacquiao yang menyatakan rasa belasungkawanya melalui #media sosial Twitter.

Baca juga: Alfred Bernhard Nobel ~ Kisah Panjang Sang Inisiator Penghargaan Nobel 

Sosok yang Akan Selalu Dikenang Oleh Dunia

Pada akhirnya sosok yang apa adanya dan jujur ini memang akan selalu dikenang semua orang di dunia ini. Laila Ali, anak Muhammad Ali yang juga petinju wanita sendiri kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya pada semua orang yang telah berbelasungkawa dan mendoakan ayahnya. Sebagai petinju yang telah mencatatkan rekor 56 kemenangan ini memang sangat fenomenal. Apalagi dengan julukan “The Greatest” ini maka dianggap tidak ada petinju yang belum bisa menyamainya.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Muhammad Ali memang sosok yang luar biasa terlihat ketika upacara pemakaman yang dihardiri ribuan orang

  2. Muhammad Ali memang luar biasa, terima kasih untuk informasinya kang.
    Salam santun dan salam silaturahim kang.
    Assalamu`alaikum.Wr.Wb

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud