Contoh Plakat untuk Berbagai Acara dengan Material Berbeda

Advertisement-Scroll to Continue

Bagi perusahaan, pejabat pemerintah dan bahkan sekolah, plakat adalah souvenir yang sempurna. Desain contoh plakat akan memudahkan kita untuk memesan plakat sesuai dengan kebutuhan.

Apresiasi pada seseorang tidak selalu bisa ditunjukan dengan uang. Kadang, memberikan plakat adalah hal yang cukup populer.

Terdapat berbagai jenis plakat untuk mengungkapkan rasa berterima kasih. Kalau Anda mengundang seseorang dalam suatu acara, pemberian plakat bisa Anda lakukan.

Plakat bisa menjaga hubungan baik antara institusi atau perusahaan dengan kolega yang memiliki hubungan kerjasama.

Kini, hanya Anda perlu memilih jenis plakat yang tepat. Sebab ternyata contoh plakat itu ada banyak jenisnya.

Apa Itu Plakat?

Karya seni yang termasuk bidang desain grafis ini menghasilkan benda berbentuk 3 dimensi. Tampilannya memuat komposisi gambar dan desain artistik.

Contoh plakat

Agar terlihat seimbang, Anda perlu memperhatikan agar tulisan tidak terlalu besar. Atau material bisa Anda terapkan dengan material lainnya.

Selain itu, perhatikan beberapa hal wajib yang sebaiknya ada dalam sebuah plakat:

1. Nama Instansi atau Perusahaan

Saat membuat plakat, wajib  mencantumkan nama instansi atau perusahaan yang mengeluarkan plakat ini. Jadi jangan seperti piala yang cukup membubuhkan tulisan sebagai juara apa.

2. Tanggal dan Lokasi Pemberian Plakat

Untuk tanggal pemberiannya, plakat juga sebaiknya mencantumkan. Selain itu titi mangsa ini juga mencakup pula lokasi di mana plakat ini diberikan.

3. Tujuan Pemberian

Beri keterangan untuk apa memberikan plakat ini. Apakah sebagai penghargaan atau pujian atas suatu prestasi. Atau karena sebab yang lain.

4. Nama Pihak Penerima

Bubuhkan nama pihak penerima secara perseorangan. Maupun secara kelompok dengan menampilkan nama perusahaan atau instansi penerima plakat tersebut.

Plakat

5. Logo atau Ornamen Khas

Jika Anda memilih contoh plakat berbahan akrilik, kemungkinan akan mendapatkan tawarkan untuk membentuknya. Sebagaimana sebuah patung, plakat akan dibentuk sesuai ornamen atau logo perusahaan.

6. Bahan Material Plakat

Pilihlah bahan material yang memang kualitas terbaik. Tidak menjadi persoalan bila membelinya dengan harga yang lebih mahal. Asalkan kualitas terjamin.

7. Duplikat Plakat

Saat hendak mengeluarkan plakat, alangkah baiknya bagi pihak yang mengeluarkan plakat ini agar memiliki duplikat atau salinan pula. Letakkan pada ruang khusus penyimpanan untuk dokumentasi. Tujuannya agar memiliki catatan siapa saja yang pernah mendapatkan plakat ini.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo ~ Dedikasi Dan Integritas Membawa Portugal Menjadi Kampiun Piala Eropa

Contoh Plakat Berkualitas Terbaik untuk Gambar

Gambar adalah salah satu bagian dari plakat. Sebelum membuatnya, kita harus mengetahui opsi yang ada. Ini adalah bagian besar dari tampilan plakat.

Karya seni membutuhkan kreativitas dari masing-masing individu. Jadi, apa sajakah contoh plakat itu?

Berikut adalah contoh gambar plakat untuk Anda pakai sebagai inspirasi. Asosiasi gambar sangat menentukan gambar yang akan Anda pilih.

Material plakat terbaik

1. Plakat Gambar Alat Tulis

Ini adalah hadiah yang pas untuk pengajar. Anda dapat berikan plakatnya pada guru yang akan pensiun. Hal yang sama juga bisa dipakai untuk juri lomba.

Gambar alat tulis adalah representasi dari apa yang sudah Anda capai. Tapi, dengan bentuk unik, tentu memberi makna tersendiri pada penerimanya.

1. Plakat Gambar Logo

Hal termudah dalam membuat plakat adalah memesan dengan gambar logo sekolah, instalasi, perusahaan dan lain sebagainya. Ini adalah opsi mudah karena anda tidak perlu mencari ide gambar.

Anda hanya perlu menyerahkan gambar logo. Kemudian, lengkapi dengan tulisan yang sesuai. Maka plakat Anda sudah jadi dan bisa diberikan pada individu yang diinginkan.

3. Plakat Gambar Olahraga

Ini adalah pilihan gambar untuk souvenir perlombaan. Khususnya untuk olahraga. Anda bisa memilih plakat biasa dan menambah gambar perangkat olah raga, sesuai dengan temanya.

Opsi lain adalah membuat plakat dengan bentuk alat olahraga. Misalnya plakat kristal dengan bentuk pukulan tenis meja yang kreatif.

Semakin rumit bentuk plata yang Anda inginkan, tentu berarti harga jadi lebih mahal. Oleh karena itu, diskusikan gambar dengan pembuat plakat untuk harga yang sesuai budget.

Contoh Plakat dari Jenis Materialnya

Plakat umumnya terbuat dari kayu, akrilik, atau kombinasi beberapa material. Berikut adalah beberapa pilihan material yang biasa kita pakai untuk plakat.

Anda dapat memanfaatkan salah satu material berikut sebagai inspirasi. Saat kita mencari desain terbaik untuk plakat, pertimbangkan estetik dan juga materialnya.

Jasa pembuatan plakat

1. Plakat Akrilik

Jenis plakat ini terlihat mahal dengan tampilan transparan. Bentuknya juga memberikan keleluasaan untuk membuat plakat yang tidak hanya kotak atau bundar saja.

Anda bisa membuat plakat menyerupai bentuk tertentu. Hal ini karena akrilik yang memang mudah untuk kita bentuk.

Kesan dari jenis plakat ini adalah souvenir mahal yang berkelas. Terutama bila Anda padukan dengan wadah bludru atau logam.

Kesan elegan dari plakat akrilik cocok untuk berbagai acara penting. Misalnya untuk souvenir dari acara pemerintahan atau Perusahaan besar.

2. Plakat Kayu

Selain plakat akrilik, plakat kayu termasuk opsi paling popular. Hal ini karena kayu adalah bahan terjangkau dan paling hemat dari material lainnya.

Kayu juga mirip dengan akrilik. Anda bisa membuatnya dalam bentuk sederhana seperti persegi panjang atau cukup kotak sja.

Tapi, Anda juga dapat memilih bentuk 3 dimensi yang menarik. Misalnya berbentuk pulpen atau bulatan yang merupakan bentuk standar yang sering orang pakai.

3. Plakat Resin

Material resin sedikit berbeda dengan opsi lainnya. Karakteristiknya cukup unik dan menarik. Kalau pakai bahan ini, plakat Anda tentu akan menonjol dan atraktif.

Dengan tampilannya yang cantik, plakat resin dapat jadi persembahan yang berharga. Bukan hanya dari plakat, tapi nilai yang terkandung di belakangnya.

Desain plakat

4. Plakat Logam

Jenis plakat ini terlihat eksklusif dengan tampilan menyerupai emas atau perak. Sehingga, mempunyai karakteristik yang kuat dan tidak mudah untuk dilewati.

Dengan bahan dasar logam, plakat akan lebih tahan lama, kuat dari material lain. Hal ini juga berarti harga dari plakat ini akan jauh lebih mahal.

5. Plakat Kristal

Kristal memberikan kesan mewah yang memukau dibandingkan bahan plakat lainnya. Kerajinan dari kaca bening ini, bisa Anda ukir dengan mesin 3d untuk menciptakan objek.

Hasil akhirnya adalah bentuk kristal yang berkilauan. Plakat kenang-kenangan akan lebih berarti dengan memilih bahan termahal yang terlihat paling mewah.

Contoh plakat di atas dapat jadi inspirasi untuk membuat plakat sendiri. Anda bisa memilih jenis plakat dari kristal, kayu, dan material lainnya.

Contoh gambar pun bisa Anda modifikasi sehingga tidak bingung mau memasang apa di plakat. Lakukan sesuai dengan keperluan.

Pada akhirnya, kita bisa memberikan plakat untuk berbagai momen. Bisa saat mengapresiasi pegawai yang mau pensiun. Atau situasi lainnya.

Baca Juga: Alfred Bernhard Nobel ~ Kisah Panjang Sang Inisiator Penghargaan Nobel 

Pilihlah plakat yang tepat secara keseluruhan. Baik dari material, tulisan dan segala sesuatu tentang souvenir ini. Dengan demikian, kita merasa bangga saat memberikannya.

Semoga Anda menemukan plakat yang paling pas Pertimbangkan poin-poin di atas untuk memilih plakat yang paling cantik sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment