Beranda Pemasaran 100+ Contoh Kartu Nama dengan Desain Terbaik Berbagai Profesi

100+ Contoh Kartu Nama dengan Desain Terbaik Berbagai Profesi

Contoh Kartu Nama

Apakah Anda sedang mencari contoh kartu nama untuk keperluan pribadi, bisnis, atau perusahaan? Jika ya, maka Anda harus membaca artikel ini secara lengkap, mulai dari awal hingga akhir.

Memiliki kartu nama merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seorang profesional atau pebisnis yang sering berinteraksi dengan orang baru. Namun, memilih desain kartu nama yang sesuai dengan profesi tertentu bisa menjadi tantangan tersendiri lho.

Nah, di artikel ini saya akan membagikan contoh desain kartu nama yang keren dan unik yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis/ profesional, atau perusahaan, serta beberapa pengetahuan tentang kartu nama.

Jadi, setelah membaca artikel ini Anda akan mendapatkan pengetahuan dan inspirasi baru seputar kartu nama, diantaranya;

  • Memahami apa itu kartu nama dan fungsinya.
  • Mengetahui desain dan ukuran standar kartu nama.
  • Mendapatkan ide baru dari contoh kartu nama berbagai profesi.
  • Mengetahui beberapa kesalahan dalam membuat kartu nama.

Apa Itu Kartu Nama?

Sebelum melihat contoh desain kartu nama, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu kartu nama, apa fungsinya, serta desain dan ukuran yang disarankan.

Secara umum, pengertian kartu nama adalah sebuah kartu berukuran kecil yang di dalamnya terdapat informasi mengenai identitas seseorang, pekerjaan, posisi, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak yang bisa dihubungi (nomor telepon, email).

Sebenarnya kartu nama atau yang sering disebut juga dengan kartu bisnis bisa digunakan oleh siapa saja. Namun yang paling banyak menggunakannya adalah mereka dari kalangan profesional dan pengusaha.

Pada umumnya seseorang memberikan kartu namanya kepada orang lain ketika berkenalan. Dengan informasi yang terdapat pada kartu nama tersebut, maka orang lain tidak perlu menanyakan lebih detail informasi mengenai pekerjaan seseorang.

Kartu nama dapat menjadi bukti profesionalitas dan mencerminkan kepribadian diri seseorang. Selain itu, orang lain cenderung akan lebih percaya pada seseorang ketika membaca sebuah kartu nama ketimbang bila mendengar penjelasan secara langsung dalam bentuk verbal.

Desain dan Ukuran Kartu Nama

Sebelum membuatanya, sebaiknya perhatikan desain kartu nama yang akan dibuat, baik itu pemilihan warna, font, dan lainnya. Secara umum, orang-orang lebih menyukai desain minimalis karena cocok untuk semua jenis profesi.

Perlu kita ketahui juga bahwa ukuran kartu nama di setiap negara itu berbeda-beda. Berikut ini beberapa ukuran kartu nama standard di berbagai negara:

  • Indonesia, New Zealand, Denmark, Australia, India, Norwegia, Colombia, Taiwan, dan Vietnam: Ukuran 90 mm x 55 mm.
  • Negara-negara Eropa (misalnya Prancis, Italia, Spanyol): ukuran 85 mm x 55 mm.
  • Inggris: ukuran 85 mm x 55 mm.
  • Malaysia, Hongkong, Singapura: ukuran 90 mm x 54 mm.
  • Amerika, Kanada, Belanda: ukuran 89 mm x 51 mm.
  • Cekoslowakia, Hungaria: ukuran 90 mm x 50 mm.
  • Jepang: ukuran 91 mm x 55 mm.

Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran standard sebuah kartu nama di Indonesia yaitu 90 mm x 55 mm. Namun, pada proses pencetakannya bisa sedikit berubah, misalnya menjadi 88 mm x 53 mm.

Sedangkan kertas cetak yang digunakan biasanya Art Paper/ Art Carton dengan berat 260 gsm. Umumnya, kartu nama menggunakan permukaan yang licin dan mengkilat sehingga tidak mudah kotor karena tinta.

Contoh Kartu Nama Keren dengan Desain Terbaik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, desain kartu nama merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, desain kartu nama tersebut akan menggambarkan kepribadian pemiliknya.

Dengan desain yang unik, simple, dan menarik, tentunya Anda akan lebih percaya diri ketika memberikan kartu nama kepada orang lain.

Berikut ini adalah 100+ contoh kartu nama keren yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, atau perusahaan Anda.

1. Contoh Kartu Nama Perusahaan

Contoh kartu nama perusahaan
Betavart

Desain kartu nama dengan tema warna putih dan kayu ini terlihat sederhana akan tetapi terkesan mewah. Kartu nama Betavart ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan atau individu yang menyukai kesederhanaan (simplicity).

Kartu Nama Perusahaan

Contoh desain kartu nama perusahaan ini terlihat sangat premium. Dengan latar berwarna hitam dan corak batik berwarna emas, mencerminkan sisi profesionalitas pemilik kartu nama ini.

Contoh kartu nama perusahaan

Dari desainnya yang terlihat premium menunjukkan pemiliknya merupakan sosok kelas atas dan cocok untuk para petinggi di suatu perusahaan ternama.

Contoh kartu nama perusahaan

Desain kartu nama yang satu ini bisa digunakan untuk perusahaan. Desain minimalis dimana latarnya berwarna putih dengan gambar dedaunan berwarna hijau, menggambarkan perusahaan yang eco-friendly.

2. Contoh Kartu Nama Bisnis Musik

Contoh Kartu Nama

Contoh kartu nama berikutnya adalah kartu profesional yang bertemakan piano. Kartu yang satu ini sangat cocok untuk digunakan oleh seorang musisi (pemain piano) atau guru piano/ keyboard.

Desain kartu ini terlihat sangat sederhana dan unik dimana di dalam kartunya hanya memuat sedikit informasi.

Contoh kartu nama

Hanya dengan melihat desainnya, kita langsung dapat menebak bahwa kartu nama ini digunakan oleh seseorang bergelut di dunia musik. Yup, desain kartu profesional ini cocok untuk seseorang yang berprofesi sebagai produser musik.

Latar belakang bergambar gitar dengan warna sederhana menunjukkan pengguna kartu nama ini merupakan seorang musisi. Lebih tepatnya seorang pemain gitar.

Latar belakang bergambar beberapa alat musik menjelaskan bahwa pemilik kartu nama ini adalah seorang conductor music.

3. Kartu Nama Photographer

Contoh Kartu Nama

Desain yang satu ini bertemakan photographer dengan latar orang yang sedang mencari posisi untuk mengambil foto. Dilihat dari desainnya, kartu ini sangat unik dan cocok untuk seseorang yang ingin terlihat kreatif dan colorful.

Contoh Kartu Nama

Desain kartu nama ini juga dibuat untuk mereka yang berprofesi sebagai photographer. Pada bagian latar terdapat gambar kamera berwarna biru dan tampilan lensa yang besar, sedangkan pada bagian informasi pemilik terlihat latar putih bersih yang menonjolkan kesederhanaan.

4. Kartu Nama untuk Agribisnis

Contoh Kartu Nama

Kartu profesional yang satu ini memiliki tema dedaunan dengan warna hijau daun dan coklat. Latar yang sederhana dengan paduan warna yang menarik membuat kartu nama ini terlihat unik dan menarik.

Desain kartu nama seperti ini sangat cocok untuk digunakan oleh seseorang yang berprofesi sebagai konsultan taman atau di bidang pertamanan.

contoh kartu nama sederhana

Latar belakang bernuansa asri dan hijau dengan gambar seperti di peternakan menunjukkan bahwa pemilik kartu nama ini bekerja di bidang peternakan atau pertanian.

5. Kartu Nama Florist

Contoh Kartu Nama

Desain kartu profesional yang satu ini sangat sederhana. Latarnya berwarna putih dan hanya menampilkan gambar bunga saja.

Kartu nama ini menggambarkan seseorang yang menyukai kesederhanaan. Contoh desain kartu nama ini cocok untuk digunakan oleh seorang pengusaha florist atau penjual bunga.

6. Kartu Nama untuk Dokter

Contoh desain kartu nama

Contoh desain kartu nama

Contoh kartu nama yang satu ini didesain untuk mereka yang berprofesi sebagai dokter umum. Warna putih dan biru pada latar kartu serta corak yang sederhana menyiratkan ketenangan dan profesionalitas pemilik kartu ini.

Kartu profesional ini sangat unik dan menggambarkan profesi pemiliknya sebagai seorang dokter mata. Latar belakangnya berwarna hitam dan putih, dengan tampilan huruf untuk tes ketajaman mata. Cukup unik ya.

Contoh kartu nama pribadi

contoh kartu nama pribadi

Ini merupakan contoh kartu nama pribadi yang sangat sederhana dimana desainnya menunjukkan pemiliknya adalah seorang dokter hewan atau seorang pecinta hewan.

7. Kartu Nama Wedding Organizer

Contoh kartu nama bisnis

Ini merupakan contoh kartu nama bisnis yang bertemakan pernikahan. Kartu nama ini memiliki dua warna dasar dan tema yang premium.

Desain kartu nama ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki bisnis di bidang wedding organizer atau wedding planner.

8. Kartu Nama Bisnis untuk Barbershop, Stylist Rambut, dan Makeup Artist

Contoh kartu nama bisnis

Kartu nama ini dibuat untuk mereka yang memiliki bisnis barbershop. Desain kartu nama ini cukup simpel, dengan warna latar belakang hitam dan paduan warna biru putih merah pada sisi bagian kiri sudah menggambarkan sebuah bisnis barbershop.

Contoh desain kartu nama

Desain kartu nama ini dibuat khusus untuk mereka yang berprofesi sebagai stylist rambut. Latar dan warna yang sederhana serta icon berbentuk gunting rambut memberikan kesan profesional kepada pemilik kartu nama ini.

Desain kartu nama yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang berprofesi sebagai hair stylist. Dari gambar latar dan pemilihan warnanya sangat sesuai dengan profesi penata rambut.

Tampilan kartu nama ini terlihat begitu unik dan cocok untuk seorang make up artist. Pada bagian depannya terdapat gambar menyerupai mata tertutup, sedangkan bagian belakang berwarna hitam.

9. Kartu Nama Public Relation

Contoh kartu nama

Desain kartu profesional yang satu ini cukup sederhana namun tetap terlihat catchy. Warna kuning yang menarik serta kata “hi” pada kartu menyiratkan pemiliknya merupakan seseorang yang ramah dan perhatian sehingga sangat cocok untuk mereka yang berprofesi di bidang public relation.

10. Kartu Nama untuk Notaris

Contoh desain kartu nama

Kesan simpel dan elegan langsung terlihat dari desain kartu nama yang satu ini. Kartu ini dibuat dengan background monochrome dan logo sederhana sehingga memberikan kesan sederhana dan profesional kepada pemiliknya.

11. Kartu Nama Pengacara

Contoh desain kartu nama

Contoh desain kartu nama

Desain kartu nama di atas ini dibuat khusus untuk mereka yang berprofesi sebagai pengacara. Dari pemilihan warna dan gambar latar kartu tersebut memberikan kesan premium sehingga menonjolkan sisi profesionalitas seseorang.

12. Contoh Kartu Nama Bisnis Otomotif

Contoh kartu nama

Ketika melihat desain kartu nama ini, kita akan langsung tahu bahwa pemiliknya bekerja di bidang otomotif. Background berwarna putih dengan gambar ban mobil, kartu nama ini terlihat sporti dan elegan serta merepresentasikan profesi di bisnis otomotif.

Contoh desain kartu nama

Desain kartu profesional ini menampilkan latar bergambar speedometer dengan tulisan testers speed. Dari desainnya kita bisa langsung mengerti bahwa kartu ini didesain untuk seorang mekanik otomotif.

Contoh kartu nama

Contoh desain kartu nama ini sangat sederhana dimana gambar latarnya menunjukkan gambar mobil dan busa. Dari desainnya orang dapat mengetahui bahwa pemilik kartu nama ini adalah seorang pemilik bisnis cuci mobil.

Pada desain kartu nama ini terlihat gambar peralatan ban, seperti tang, obeng, pengukur tekanan kompresor, dan lainnya. Ilustrasi tersebut menjelaskan bahwa pemilik kartu nama ini bekerja di bidang otomotif, khususnya ban kendaraan.

13. Contoh Kartu Nama Bisnis Baby Care

Contoh kartu nama berikut ini bisa digunakan untuk seseorang yang punya bisnis toko perlengkapan bayi atau bisnis daycare. Tampilan sederhana dengan latar belakang putih memberikan kesan menarik dan lucu pada kartu nama ini.

Contoh desain kartu nama

14. Kartu Nama Nutritionist

Profesi yang bekerja di bidang pelayanan gizi dan makanan biasanya memiliki kartu nama. Desain kartu nama berikut ini menunjukkan gambar buah dan sayur yang melambangkan makanan dan gizi sehingga sangat cocok bagi mereka yang berprofesi sebagai nutrisionis.

Contoh kartu nama

15. Kartu Nama untuk Fashion Blogger

Seorang yang berprofesi sebagai fashion blogger tentunya sering bertemu dengan orang baru yang juga bekerja di industri fashion. Nah, jika Anda adalah seorang fashion blogger maka beberapa contoh kartu nama berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi.

Contoh desain kartu nama

contoh kartu nama pribadi

Contoh desain kartu nama

16. Contoh Kartu Nama Bisnis Makanan/ Minuman

Bagi pengusaha di bidang makanan tentunya memiliki sebuah kartu nama merupakan sesuatu yang sangat penting. Dengan memiliki kartu nama, pebisnis makanan dapat memperkenalkan dirinya dengan cepat kepada calon pelanggan.

Barikut ini beberapa contoh kartu nama bisnis makanan:

Kartu nama bisnis makanan

Desain kartu nama bisnis makanan

Contoh kartu nama bisnis makanan

Contoh kartu nama bisnis

17. Kartu Nama untuk Arsitek

Arsitek sangat erat hubungan dengan desain bangunan, baik itu desain interior maupun eksterior. Berikut ini merupakan beberapa contoh desain kartu nama untuk mereka yang berprofesi sebagai arsitek.

desain kartu nama

Contoh desain kartu nama

Contoh desain kartu nama

Contoh kartu nama keren

18. Kartu Nama untuk Perajin

Para perajin seringkali bertemu dengan banyak orang baru, baik itu konsumen maupun sesama perajin lainnya. Nah, untuk mendukung aktivitas tersebut maka perajin membutuhkan kartu nama.

Berikut ini adalah beberapa contoh kartu nama untuk para perajin atau pekerja seni lainnya.

19. Kartu Nama Guru

Pada dasarnya desain kartu nama haruslah menggambarkan profesi yang digeluti, terutama untuk para tenaga pendidik atau guru. Sebagai inspirasi, berikut ini adalah beberapa contoh kartu nama untuk para guru.

20. Kartu Nama untuk Event Organizer

Profesi di bidang event organizer juga merupakan pekerjaan yang membutuhkan kartu nama. Pasalnya, mereka sering bertemu orang baru yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Berikut ini adalah beberapa contoh kartu nama untuk profesi di bidang event organizer.

21. Contoh Kartu Nama Sederhana

Bicara tentang desain kartu nama yang sederhana, sebenarnya ada banyak sekali contohnya. Dalam hal ini, kesederhanaan desain akan menggambarkan karakter pemiliknya yang juga sederhana. Berikut ini beberapa contoh kartu nama sederhana.

contoh kartu nama sederhana 01

contoh kartu nama sederhana 02

Sebagai catatan, desain kartu nama yang Anda lihat di atas merupakan beberapa contoh kartu nama di situs Printerous.com yang diupload ke Maxmanroe.com atas seijin Printerous. Dan tidak menutup kemungkinan masih ada desain baru lainnya yang bisa Anda temukan di sana.

Cetak Kartu Nama Secara Online di Printerous

Setelah melihat semua contoh desain kartu nama di atas, tentunya Anda sudah ada gambaran desain yang sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya, proses yang tidak kalah penting dari pemilihan desain adalah proses cetak kartu nama itu sendiri. Saya pribadi merekomendasikan untuk mencetak kartu nama Anda secara online di Printerous.com.

Mengapa?

Ada beberapa alasan mengapa saya lebih merekomendasikan jasa Printerous untuk mencetak kartu nama Anda. Berikut beberapa keunggulan membuat kartu nama di Printerous:

  • Template desain gratis; Di Printerous, kita bisa melihat ratusan contoh kartu nama dengan desain yang keren dan unik untuk berbagai kebutuhan.
  • Editor untuk custom kartu nama; Kita juga bisa melakukan editing desain kartu nama di situs Printerous. Jadi, Anda tidak perlu software khusus karena sudah tersedia di Printerous.
  • Tersedia 3 jenis kartu nama; Jenis kartu nama bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu; Standar, Premium, dan Eksklusif.
  • Metode Pembayaran & Waktu Penerimaan; Di Printerous terdapat beberapa opsi pembayaran populer, diantaranya: via transfer Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Permata), kartu kredit, Gopay, Ovo, dan Kredivo. Kita juga bisa menyesuaikan waktu penerimaan kartu nama sesuai dengan tingkat kebutuhan.
  • Opsi pilihan cetak hari ini kirim hari ini; Bila Anda membutuhkan proses cetak yang lebih cepat, Printerous juga menawarkan opsi pilihan cetak hari ini kirim hari ini. Tentunya tanpa mengesampingkan kualitas hasil cetakan.
  • Harga murah; Di Printerous, proses transaksi dilakukan secara online sehingga memangkas banyak biaya operasional. Itulah salah satu alasan mengapa biaya cetak kartu nama di Printerous akan lebih murah tanpa mengesampingkan kualitas.
  • Tidak repot; Kita tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke percetakan. Cukup kirim contoh desain kartu nama yang diinginkan ke Printerous, mereka akan mencetak dan mengirimkannya ke rumah.

Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Kartu Nama

Desain kartu nama sudah seharusnya dibuat sebaik mungkin dan dapat merepresentasikan karakter dan profesi seseorang. Namun, tidak jarang terjadi kesalahan dalam memilih desain kartu nama.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam membuat kartu nama yang harus Anda hindari:

1. Menggunakan Font yang Tidak Sesuai

Pemilihan font dan penentuan kerapatan huruf (kerning) merupakan hal yang sangat krusial dalam pembuatan kartu nama. Pastikan untuk memilih font yang sesuai dengan kerapatan huruf yang tepat sehingga dapat terbaca dengan baik oleh orang lain.

2. Menggunakan Kertas Berkualitas Rendah

Alasan penghematan biaya seringkali menjadi alasan memilih kertas berkualitas rendah untuk membuat kartu nama. Namun, kita jangan pernah lupa bahwa kartu nama dapat menjadi cerminan karakter dan profesionalitas seseorang.

Jadi, sebaiknya pilihlah kertas premium dan anggaplah hal tersebut sebagai bentuk investasi dalam perjalanan bisnis Anda.

3. Paduan Warna yang Tidak Sesuai

Memadupadankan warna dasar kertas dan warna font membutuhkan eksperimen beberapa kali. Pastikan Anda telah menemukan paduan warna yang pas sebelum naik cetak.

4. Tidak Mencantumkan Informasi Lengkap

Informasi di dalam kartu nama sebaiknya dicantumkan secara lengkap sehingga orang lain dapat mengetahui lebih jauh mengenai pemilik kartu nama tersebut. Beberapa informasi yang biasanya terdapat di dalam kartu nama, antara lain;

  • Nama pemilik kartu
  • Nama perusahaan
  • Alamat website
  • Akun media sosial
  • Alamat email

5. Terlalu Banyak Memasukkan Informasi

Mencantumkan informasi terlalu banyak di dalam kartu nama ternyata bukan hal yang baik lho karena akan membuat orang lain tidak fokus pada hal yang terpenting dari sebuah kartu nama.

Pastikan tidak menambahkan informasi yang tidak relevan dengan profesi atau bisnis Anda di dalam kartu nama.

6. Mencetak Hanya Pada Satu Sisi Kartu

Penyebaran informasi pada kartu nama pun harus dilakukan dengan baik sehingga tidak ada ruang kosong. Komposisi huruf sebaiknya diatur sedemikian rupa agar penyebaran informasi pada kartu nama tidak menumpuk pada satu sisi saja.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Kartu Nama Dalam Bisnis

Penutup

Penggunaan kartu nama mungkin telah mengalami pergeseran ke media lainnya yang lebih ringkas. Namun, kartu nama masih memiliki banyak potensi untuk meningkatkan citra positif Anda di mata orang lain.

Mudah-mudahan dengan melihat beberapa contoh kartu nama yang ditampilkan di artikel ini, Anda memiliki ide atau gambaran mengenai desain kartu nama keren yang sesuai dengan style Anda.

Semoga bermanfaat!

5 KOMENTAR

  1. Parah, source imagenya gak di kasih kredit. kan gak ada salahnya dicantumkan sourcenya dari freepik, behance atau yang lainnya, saya yakin imgnya diambil dari sana. gak perlu di kasih link lah.. parah parah. Bukannya saya mau bersikap negatif, tapi ini sebuah kritikan loh.

    Saya bukan pejuang etika menulis atau apalah, tp ya tetep ini minim etika menulis.

    Mungkin pos ini paid postnya printerous, diberi kreditlah.

    gak perlu di approve comment ini dibaca dan direnungi sama-sama tim. Semoga berbahagia.

    • Halo terimakasih atas kritikannya. Tapi terus terang ini image dikirim oleh Printerous, editor Maxmanroe.com tidak mengetahui source image dari mana dan kita pikir itu punya mereka.

  2. Wah keren keren ya contoh desain kartu namanya, jadi pengen bikin kaya gtu,, makasih pk,, Ulasannya bisa saya jadikan referensi.. 😇

Tinggalkan Balasan