Contoh Iklan Pengumuman untuk Berbagai Kebutuhan

Advertisement-Scroll to Continue

Perhatikan contoh iklan pengumuman berikut dan pakai sesuai dengan keperluan. Iklan pemberitahuan, juga dikenal sebagai iklan pengumuman, adalah jenis iklan untuk memberikan informasi penting.

Pesan ditujukan pada masyarakat luas atau target audiens tertentu. Iklan dapat memakai berbagai bentuk dan memakai media berbeda-beda. Sebut saja, media cetak, televisi, radio dan online.

Tujuan utama dari iklan pemberitahuan adalah menyampaikan pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak dengan jelas dan tepat.

Sebelum membuat iklan pengumuman. Ketahui terlebih dahulu struktur pengumuman yang baik dan benar. Kemudian lihat contoh yang ada.

Struktur Iklan Pengumuman

Saat membuat iklan pengumuman, wajib memiliki struktur artikel yang rapi dan tepat. Struktur konten iklan mesti memuat hal-hal mendasar yang wajib ada.

contoh iklan pengumuman

Tujuan iklan sebagai suatu kalimat persuasif harusnya memang mampu menarik perhatian masyarakat. Jadi susunan kalimat sebagai bagian dari struktur artikel pun mestinya mempersiapkan dengan lebih baik dulu.

Jadi sebelum iklan dipublikasikan, lakukan dulu pengecekan keseluruhan. Untuk memastikan isi iklan dan sasarannya tepat.

Pengumuman iklan untuk siapa? Jadi sejak awal pun harus membuat pemetaan segmentasi iklan. Ditujukan untuk siapa, dengan harapan audiens akan melakukan tindakan seperti apa.

Iklan pengumuman harus mengikuti aturan tertentu. Ada judul, deskripsi dan lain sebagainya. Berikut adalah urutan strukturnya yang benar.

1. Judul Iklan

Buatlah judul iklan yang menarik perhatian pembaca. Selain itu, judul juga harus dapat merangkum pesan utama iklan dengan singkat dan jelas.

2. Informasi Penting

Isi iklan dengan nama produk atau jasa. Tuliskan juga informasi lainnya agar lengkap. Sebutkan nama yang diiklankan agar pembaca langsung tahu apa yang ditawarkan.

3. Deskripsi Produk atau Layanan

Anda perlu memberikan penjelasan singkat tentang produk atau jasa. Hal ini termasuk fitur, keunggulan, dan manfaatnya.

4. Detail Kontak

Hal terpenting dalam membuat iklan pengumuman adalah aksi yang diharapkan. Jadi, buat informasi kontak yang jelas, seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat situs web. Pembaca dapat menghubungi atau mengakses lebih lanjut.

cara bikin Iklan pengumuman

5. Panggilan Tindakan (Call to Action)

Anda harus mengajak pembaca untuk melakukan tindakan tertentu. Sebut saja, mengunjungi situs web, menghubungi nomor telepon, atau membeli produk atau jasa tertentu.

6. Visual

Agar menonjol, Anda bisa menambahkan elemen visual seperti gambar atau logo untuk menarik perhatian. Hal ini juga akan memperjelas pesan iklan.

Iklan pengumuman membantu menyampaikan informasi tertentu. Oleh karena itu, Ada perlu membuat iklan pengumuman yang kreatif dan menarik.

Sehingga akan terbangun kesadaran dan identitasnya di pasar. Selain itu, iklan yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan dengan audiens, memicu minat dan interaksi lebih lanjut.

Baca Juga: Iklan: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri-ciri, Syarat Hingga Jenisnya

Beberapa Contoh Iklan Pengumuman Berbagai Acara

Iklan dapat menciptakan antusiasme dan ekspektasi yang positif. Bukan hanya itu saja, tapi dapat mendorong orang mencari tahu lebih lanjut atau bahkan melakukan pembelian.

iklan

Tindakan orang lain pasca melihat contoh iklan pengumuman harus sesuai dengan apa yang menjadi tujuan iklan tersebut terbit. Apakah audiens hanya cukup untuk melihat iklan saja. Atau harus menghadiri suatu acara dalam iklan tersebut.

Feedback yang diberikan para pelihat iklan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi bagi divisi marketing. Jika respons audiens baik, maka saatnya untuk menjangkau lebih luas masyarakat.

Namun jika dalam percobaan implementasi, ternyata tanggapan audiens buruk atau pasif . Maka harus menganalisis kembali konten iklan yang gagal tersebut.

Namun terkadang membuat program iklan baru jauh lebih mudah dan murah. Daripada harus memperbaiki iklan lama yang sudah terlanjur memiliki reputasi buruk.

Berikut adalah beberapa contoh iklan pengumuman dan pemberitahuan penting. Ada yang bersifat informatif, ada juga yang menyarankan konsumtif.

1. Iklan Pemberitahuan Donasi untuk Korban Bencana Alam

  • Gambar: pakai pemandangan bencana alam atau orang-orang yang membutuhkan pertolongan.
  • Judul: Bantu Korban Bencana Alam!

Deskripsi:

Mari bersama-sama membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana alam. Setiap sumbangan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Hubungi kami di [nomor kontak] untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi situs web kami di [alamat situs web].

2. Iklan Pemberitahuan Reuni Sekolah

  • Gambar: Foto-foto kenangan dari masa sekolah.
  • Judul: Reuni SMA [Nama Sekolah] Kelas 1995

Deskripsi:

Hai alumni SMA [Nama Sekolah] angkatan 1995! Mari kita berkumpul kembali dalam reuni sekolah kami yang akan diadakan pada tanggal [tanggal] di [tempat].

Segera daftarkan dirimu dan dapatkan kesempatan untuk bertemu kembali dengan teman-teman lama. Hubungi kami di [nomor kontak] untuk mendaftar.

3. Iklan Reuni Sekolah

  • Gambar: Foto-foto kenangan dari masa sekolah atau logo sekolah.
  • Judul: Reuni SMA [Nama Sekolah] Kelas 1995

Deskripsi:

Hai alumni SMA [Nama Sekolah] angkatan 1995! Mari kita berkumpul kembali dalam reuni sekolah kami yang akan diadakan pada tanggal [tanggal] di [tempat].

Segera daftarkan dirimu dan dapatkan kesempatan untuk bertemu kembali dengan teman-teman lama. Hubungi kami di [nomor kontak] untuk mendaftar.

pengumuman

4. Iklan Panggilan Rapat

  • Gambar: Logo perusahaan atau ilustrasi rapat.
  • Judul: Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham

Deskripsi:

Diberitahukan kepada seluruh pemegang saham bahwa akan diadakan rapat umum pada tanggal [tanggal] pukul [jam] di [lokasi].

Agenda rapat mencakup [susunan acara]. Silakan hubungi [nomor kontak] untuk informasi lebih lanjut.

5. Iklan Niaga

  • Gambar: Produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Judul: Promo Spesial! Diskon 20% di Cafe [Nama Cafe]

Deskripsi:

Dapatkan diskon 20% untuk semua menu di Cafe [Nama Cafe] selama bulan [bulan]. Kunjungi kami di [alamat] dan nikmati hidangan lezat kami. Tawaran berlaku hingga [tanggal].

6. Iklan Ucapan Selamat

  • Gambar: Ilustrasi ucapan selamat atau foto orang yang bersangkutan.
  • Judul: Selamat atas Pencapaian Anda!

Deskripsi:

Kami ingin mengucapkan selamat kepada [nama orang] atas pencapaian luar biasanya sebagai [jabatan atau prestasi]. Semoga sukses selalu!

7. Iklan Kehilangan

  • Gambar: Gambar dokumen atau barang yang hilang.
  • Judul: Pengumuman Kehilangan BPKB Motor

Deskripsi:

Dicari BPKB motor atas nama [nama pemilik] yang hilang di sekitar area [lokasi]. Informasi lebih lanjut hubungi [nomor kontak].

8. Iklan Pengumuman Tender/Lelang

  • Gambar: Logo perusahaan atau ilustrasi proyek yang dilelang.
  • Judul: Pengumuman Tender Proyek Konstruksi

Deskripsi:

Kami mengundang Anda untuk datang ke acara lelang yang kami adakan. Tulis tanggal dan tempat. Jangan lupa untuk menjelaskan item apa saja yang akan dilelang.

model iklan

Contoh di atas adalah contoh iklan pengumuman yang bisa Anda buat dengan penyesuaian tertentu. Anda bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu kegiatan atau kejadian penting.

Perhatikan struktur dan buat dengan kalimat yang singkat dan jelas. Semoga iklan yang Anda buat, akan memperoleh respon sesuai dengan harapan.

Baca Juga: 10 Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang Unik, Kreatif, dan Efektif

Selain itu, Anda bisa membuat iklan pengumuman untuk membeli sesuatu. Buat pengumuman untuk meluncurkan produk baru atau sedang dalam promosi.

Dengan gambar yang relevan, judul menarik, dan deskripsi yang jelas, iklan berhasil menarik perhatian pembaca. Kemudian, mempersulit mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment