Catherine Hindra Sutjahyo ~ Optimisme Alfaonline Bersama Sang CEO Anyar

Catherine Hindra Sutjahyo

Image dari Dailysocial.id

Sebelumnya sukses menjadi salah satu toko waralaba ternama di Indonesia, kini Alfamart mulai untuk memfokuskan dalam melebarkan bisnisnya dengan memanfaatkan media berbasis online. Melalui Alfaonline yang pada awalnya hanya berfungsi sebagai additional channel, sekarang ini semakin menunjukan keseriusannya agar lebih bisa mengembangkan channel tersebut, sebagai #ecommerce yang dapat diperhitungkan khususnya di Indonesia sendiri.

Strategi yang dijalankan oleh Alfamart pastinya menjadi sangat logis saat ini, karena disaat bersamaan pula industri e-commerce tanah air makin menunjukan keberadaannya, dan masyarakat Indonesia pun telah terbiasa dengan pola transaksi hingga sistem pembayaran yang ditawarkan.

Catherine Hindra Sutjahyo dan Harapannya Bersama Alfaonline

Alfaonline adalah situs #belanja online yang terintegrasi langsung dengan jaringan minimarket Alfamart, mencoba untuk menawarkan kemudahan, kecepatan, dan juga kelengkapan produk dengan memaksimalkan jaringan yang ada. Awal rencana dari Alfaonline untuk bisa mulai masuk ke ranah online itu ditandai dengan bergabungnya Catherine Hindra Sutjahyo, dan ditunjuk sebagai Chief Executife Officer (CEO).

Sosok seorang Catherine sendiri bukanlah pemain baru di dunia #startup Indonesia, wanita kelahiran Surabaya 14 Januari 1983 ini merupakan putri kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Hindra Sutjahyo dan juga Emi. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Direktur Pengelola Zalora Indonesia, berbekal pengalamannya saat bergabung dengan McKinsey yakni perusahaan konsultan bisnis kelas  dunia, sehingga pada akhirnya ia pun berhasil membawa Zalora sebagai salah satu raksasa ecommerce terbesar di Indonesia.

Artikel lain: Lea Kusumawijaya ~ Sebarkan Motivasi Wanitapun Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis




Sekarang Catherine dipercaya sebagai CEO Alfaonline, dan untuk seterusnya memiliki tanggung jawab untuk memperluas usaha dan mengembangkan bisnis yang ada. Saya merasa sangat terhormat dan juga senang atas kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari Alfaonline, untuk ke depannya Alfaonline akan menjadi ecommerce yang memungkinkan semua kalangan merasakan mudahnya berbelanja online, ucap Catherine.

Menjual Berbagai Produk Untuk Semua Kalangan

Hingga saat ini jaringan Alfamart hanya menjual kebutuhan sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum. Dengan hadirnya Alfaonline akan mengalami penambahan produk yang lebih beragam seperti halnya produk fashion, gadget, elektronik, dan kebutuhan gaya hidup lainnya. Nantinya semua produk ini akan mudah untuk dibeli oleh seluruh masyarakat Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan dari Alfamart yang telah tersebar diberbagai pelosok Indonesia.

Menerapkan strategi online to offline (O2O) telah bisa dipastikan Alfaonline akan menjadi pilihan baru, mudah dan cepat untuk masyarakat Indonesia. Alfaonline akan memberikan kebebasan dan kemudahan kepada konsumen dalam memilih produk yang diinginkan. Kemudian bisa langsung diambil diseluruh jaringan Alfamart di Indonesia, atau menggunakan jasa antar langsung ke rumah.

Tantangan Besar Menanti Catherine Hindra Sutjahyo

Alfaonline juga diharapkan nantinya bisa menjadi perusahaan ecommerce O2O (Online to Offline) ternama dan terbesar di Indonesia. Juga memungkinkan para konsumen untuk membayar, mengambil produk di toko-toko Alfamart yang tersebar di Indonesia, ujar Catherine. Saat ini Alfaonline telah melakukan hubungan kerjasama dengan ATRI Distribusindo untuk hal proses pengiriman barang.

Namun demikian adanya fokus paling utama dari Alfaonline adalah bisa memaksimalkan jaringan distribusi Alfamart yang luas, terdiri dari 31 pusat distribusi, dengan 11 ribu lebih toko Alfamart yang telah tersebar di lebih 500 kota madya dan kabupaten seluruh Indonesia. Melalui toko Alfamart, konsumen dari Alfaonline bisa melakukan pembayaran, pengambilan barang dari toko Alfaonline Pick Up Point. Layanan ini telah tersedia di 6.200 toko Alfamart se Indonesia, untuk produk kebutuhan sehari-hari yang di jual di Alfamart.




Selain itu juga produk dengan keterangan ‘dijual oleh Alfaonline’ sudah dapat diambil di lebih dari 300 toko Alfamart di daerah Jakarta dan Tangerang. Nantinya Pick Up Point bagi produk tersebut juga akan menyebar di seluruh toko Alfamart di Indonesia, serta beberapa tempat pendukung lainnya yang sudah pasti tentu akan mudah diakses.

Baca juga: Dian Siswarini : Wanita Tangguh yang Menduduki Puncak Kepemimpinan XL Axiata

Saat ini sebagian besar dari transaksi belanja online hanya terpusat di kota besar saja. Dengan hadirnya Alfaonline, kami ingin merangkul semua kalangan dimana pun itu melalui jaringan Alfamart yang tersebar luas, ucap Catherine.

Harapan di Masa Mendatang

Kehadiran Catherine Hindra Sutjahyo sebagai CEO wanita nampaknya bisa menjadi wajah baru, dan sangat menjanjikan dilihat dari sepak terjangnya selama ini di dunia bisnis. Salah satu kendala yang masih dirasakan oleh pelaku e-commerce saat ini masih minimnya dalam hal kemampuan melayani seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu yang coba dimanfaatkan oleh Alfaonline, agar bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen di seluruh pelosok Indonesia. Apakah nantinya produk dan juga layanan yang ditawarkan bisa mendapatkan respon baik dari pelanggan? Tentunya itu merupakan tantangan dari Catherine sendiri selaku CEO baru dari Alfaonline.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud