Carl Ocab ~  Blogger 14 Tahun, Jadi Internet Marketer Handal Plus Hasilkan...

Carl Ocab ~  Blogger 14 Tahun, Jadi Internet Marketer Handal Plus Hasilkan Ribuan Dolar!

carl ocab
Image dari Retireat21.com

Dunia #bisnis online selalu menawarkan peluang serta kejutan yang mungkin sulit untuk kita nalar. Bahkan para pelakunya yang notabene masih berusia sangat dini, tidak menutup kemungkinan mampu meraih kesuksesan sama seperti yang bisa dilakukan oleh orang dewasa.

Hal tersebut dibuktikan oleh seorang blogger belia bernama Carl Ocab. Pemuda yang berasal dari negara Filipina ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua terutama bagi rekan-rekan yang saat ini sedang menekuni dunia #blogging dan ingin dapat menghasilkan pendapatan secara mandiri dari kegiatannya tersebut.

Bisa dibayangkan ketika dia masih berusia 13 tahun, kala itu dia sudah mulai membuat blog pribadinya dan kemudian mengembangkan blog tersebut sebagai untuk menjaring uang secara online. Yang menarik ternyata pertemuan Ocab dengan dunia online justru dimulai dari sebuah “dilema” yang sedang ia hadapi. Ingin tahu kisah lengkapnya? telah kami rangkum dalam artikel di bawah ini.

Sempat Kecanduan Game Online

Carl Ocab pertama kali berkenalan dengan perangkat teknologi ketika ia masih berusia 4 tahun. Kala itu Carl mendapatkan sebuah perangkat #komputer yang diberikan oleh sang ayah. Komputer tersebutlah yang kemudian mengantarkan dirinya mengenal luasnya ranah online.

Namun bukan langsung masuk pada bisnis, step pertama yang ia kunjungi justru adalah dunia #game online. Dengan perangkat yang ia miliki, pelan yang mengenal keasikan bermain game online. Dan setelah beberapa tahun berjalan kebiasaan Carl bermain game online nampak semakin mengkhawatirkan. Bagaimana tidak dia yang lebih suka menyisihkan uang sakunya untuk membeli paket data #internet yang ia gunakan untuk bermain game online tersebut, telah menghabiskan tak kurang dari lima jam penuh setiap harinya untuk “senam jari” di depan komputer miliknya.

Dari sinilah kekhawatiran orang tua carl muncul. Bagaimana tidak di usianya yang masih sangat belia, anaknya sudah begitu sulit terpisahkan dengan kebiasaan bermain game. Bahkan pada beberapa kesempatan sang ayah sering menyampaikan kata-kata yang cukup “menusuk” hati Carl. Sang ayah mengatakan bahwa apakah yang akan didapatkan Carl dengan kebiasaannya bermain game secara tidak terkendali seperti itu.

Artikel lain: Stella Lee ~ Beauty Blogger Asli Indonesia Dengan Kesuksesan Mendunia

Dari situ ia mulai berfikir. Dalam hati kecilnya, apa yang dikatakan oleh sang ayah tidak sepenuhnya salah. Meskipun ia mendapatkan kegembiraan yang tidak terkira dengan bermain game online, namun pada kenyataannya tidak ada hal positif lain yang bisa ia dapatkan.

Namun di sisi lain, ia melihat sang ayah sendiri. Sang ayah yang memang mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, dapat menghasilkan penghasilan dari aktivitas yang dilakukannya. Jika sang ayah bisa, Mengapa dirinya tidak? Dari situ ia mulai menanamkan keyakinan, bahwa ia bisa merubah pemikiran sang ayah. Ia benar-benar ingin membuktikan bahwa dirinya juga mampu menghasilkan sesuatu dari apa yang ia kerjakan.

Perkenalan Carl Ocab Dengan Dunia Blogging

Selepas itu, usia 12 tahun Carl mulai mencari informasi bagaimana cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan fasilitas internet. Sang ayah yang melihat tekat pada diri anaknya, kemudian memberikan panduan serta mengajari bagaimana untuk membuat blog serta “memoles” blog tersebut agar dapat menghasilkan uang. Dari situ ya terus mempelajari detil-detil bagaimana mengembangkan blog terkait juga tentang tema, #SEO serta cara monetisasi blog.

Terkait dengan tema, mungkin hampir sama dengan yang dirasakan oleh kebanyakan rekan blogger, dia juga kebingungan untuk memilih tema yang sesuai untuk blog yang akan dikembangkan. Ia mempelajari banyak sekali tema mulai dari game, kesehatan, serta berbagai topik lain yang ada di internet. Namun Apa hasilnya? nol, ia justru merasa kebingungan dan sulit menemukan jati dirinya sebagai blogger.

Bahkan pada awal-awal tahap monetisasi blog nya, akibat banyaknya artikel copy paste, hampir semua blog miliknya di banned oleh Google. Sakit hati memang, namun ia percaya bahwa ini adalah jalan yang harus ditempuh untuk mencapai kesuksesan.

Menemukan Tema yang Tepat

Setelah beberapa bulan belajar tentang dunia blogging, akhirnya Carl menemukan tema yang benar-benar sesuai bagi dirinya, yang sebenarnya sangat basic sekali yakni “make money online” atau cara bagaimana mendapatkan uang secara online.

Yang membuat blognya menarik adalah, ia menggabungkan pengetahuan serta pengalamannya dalam dunia game online untuk menarik minat para netter berkunjung di situsnya. Selain itu pemuda yang mempunyai nama alias “kidsblogger” tersebut juga membuat sebuah komunitas untuk mewadahi orang-orang yang tertarik dengan pembahasan game serta cara mencari uang secara online yang ia buat.

Dari situ hanya berselang beberapa bulan, Carl sudah berhasil mulai mencetak penghasilannya sendiri. Dari awalnya puluhan, ratusan, hingga menginjak ribuan dollar berhasil ia dapatkan dari program periklanan AdSense serta iklan mandiri yang terpasang pada blognya.

Baca juga: Diana Rikasari ~ Fashion Blogger Populer yang Sukses Merintis Brand Up dan Pop Shoes

Kini nama Carl Ocab  semakin banyak dikenal tidak hanya oleh media namun juga para pelaku #internet marketing lain di seluruh dunia. Bahkan dalam situs pribadinya carlocab.com, ia kini membuka jasa konsultan marketing online.

Kesuksesan yang didapatkan oleh Carl, tentunya bisa menjadi bahan pemikiran bagi kita yang saat ini mungkin masih ragu atau sedang mengalami kegagalan-kegagalan dalam menjalankan bisnis online. Ketekunan dan sifat pantang menyerah untuk mencari solusi, bisa menjadi penolong hingga kita berhasil mencapai apa yang kita inginkan. Get inspired!

2 KOMENTAR

  1. luar biasa pencapaian yang bisa dilakukan bocah-bocah sekarang..

  2. Banyak sekali kisah-kisah inspiratif dari para blogger sukses, hal-hal seperti inilah yang dapat mendongkrak Spirit ngeblog untuk para blogger pemula,. Tapi ada satu yang perlu di ingat.

    “Terinspirasi boleh namun, jangan memaksakan.”

    Menulis artikel yang tidak dikuasai tentu akan membuat kewalahan.

Tinggalkan Balasan