Carica Gemilang: Meneguk Segarnya Bisnis Sirup Buah Eksotis Khas Dieng

Carica Gemilang

Image dari Caricagemilang.com

Carica Gemilang – Dalam mencari sebuah peluang usaha terkadang seseorang tidak perlu melihat terlalu jauh bahkan hingga ke negeri sebrang. Karena nyatanya tidak sedikit kisah sukses berbisnis yang justru berawal dari apa yang ada di sekitar kita.

Salah satunya seperti yang telah dialami oleh seorang entrepreneur muda, Alfha Gemilang yang sukses mengembangkan bisnis minuman dengan bahan dasar buah Carica yang khas berasal dari daerah tanah kelahirannya, Dieng Wonosobo.

Dari awalnya belum terlalu optimis dengan potensi buah eksotis yang satu ini, pada akhirnya bisnis dengan brand Carica Gemilang tersebut justru sukses mengantarkan pemiliknya menjadi salah satu produsen minuman sirup buah carica terbesar di Indonesia.



Lebih lengkapnya berikut ulasan tentang profil dan kisah brand bisnis kuliner Carica Gemilang.

Awal Mula Carica Gemilang Membangun Usaha

Seperti kisah perjalanan sukses seorang pebisnis, tentu tidak diraih dengan begitu saja. Selalu ada proses panjang bahkan kegagalan yang menyakitkan sebelum seseorang dengan jiwa bisnis sejati berhasil meraih kesuksesan. Demikian juga dengan sosok #pengusaha muda yang satu ini. Sebelumnya sukses dengan bisnis sirup carica, Alfha sempat mencoba beberapa usaha lain  yang ia jalankan seiring menempuh pendidikan tinggi di Kota Semarang.

Kala itu ia sempat mencoba membuka usaha katering, tempat makan, jasa bimbingan belajar serta jenis usaha lain. Meski sempat menghasilkan namun pada kenyataannya peruntungan Alfha bukan pada bisnis tersebut. Dan setelah menghabiskan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan studi sembari berbisnis, ia akhirnya memutuskan untuk pulang ke Wonosobo berharap ada hal bisa ia kerjakan di sana.

Artikel lain: Jeruk Baby Furisuka ~ Peluang Usaha Minuman Olahan Jeruk Pepelas Dahaga

Di rumah, insting bisnis Alfha kembali tergelitik ketika melihat produk sirup carica. Jadilah ia berniat untuk membantu sang ibunda memasarkan produk sirup berbahan buah unik tersebut. Sebagai informasi, bagi rekan-rekan yang tahu seperti apakah buah carica tersebut.

Carica adalah sejenis buah dengan bentuk mirip dengan pepaya namun dalam ukuran yang mini alias lebih kecil. Yang menarik, buah ini adalah buah khas dan lebih banyak tumbuh di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah yang tak lain merupakan kampong halaman Alfha.

Mulai Mengembangkan Bisnis Sirup Carica

Dari situ, ia sadar bahwa ternyata dari sekitar tempat tinggalnya pun ada potensi besar yang bisa dimaksimalkan menjadi alasan bisnis. Ada beberapa alasan kuat mengapa produk kuliner segar ini mempunyai potensi besar.

Yang pertama adalah karena keunikan buahnya. Buah carica sendiri ternyata hanya tumbuh di beberapa tempat di dunia, dan beruntung salah satu tempat tersebut ada di Indonesia yakni di kawasan Dieng Wonosobo. Alasan kedua selain rasanya yang segar dan unik, bisnis produk olahan  buah carica juga masih sepi pesaing. Jadi untuk memenuhi permintaan pasar yang ada saat ini, peluangnya masih terbuka lebar.

Dari situ Alfha mulai memasarkan produk olahan sirup carica yang sudah ada. Mengenai pengembangan produk sirup Carica, ia tidak merasa kesulitan karena memang olahan carica adalah makanan khas yang biasa ditemui di daerah tersebut. Jadilah, mulai dari skala kecil di daerah sekitarnya, ia yang sudah memiliki insting dan pengalaman bisnis tersebut lantas terus berekspansi agar produk miliknya tersebut bisa dikenal lebi luas lagi.

Perkembangan Brand Bisnis Carica Gemilang

Seperti kebanyakan bisnis, nama brand bisnis adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan. Dengan produk yang sudah ada, Alfha memutar otak untuk menemukan nama yang tidak hanya menjual namun juga mempunyai keunikan dan jadilah Carica Gemilang dipilih sebagai brand bisnisnya tersebut.

Selain membawa “ruh” dari dirinya lewat kesamaan nama, ternyata Gemilang juga merupakan akronim yakni seGEr, ManIs, LezAt, dan NGangeni. Jadi diharapkan produk minuman sirup carica miliknya bisa diterima banyak konsumen dengan beberapa kelebihan tersebut.

Dari situ perlahan produk Carica Gemilang semakin dikenal dan tentunya membuahkan banyak orderan yang masuk. Dan dari awalnya bisnis yang hanya dibantu 1 orang saja, kini usaha di bawah badan hukum UD. Gemilang Kencana tersebut telah menyedot tak kurang dari 34 pekerja. Untuk menjalankan proses produksi pun saat ini, Alfha telah mempunyai ruang produksi khusus di rumahnya.

Baca juga: Franchise Sop Durian Durio – Manisnya Bisnis Kuliner Buah Khas Indonesia

Potensi Ke Depan

Saat ini setiap harinya Carica Gemilang bisa mengolah tak kurang dari 100 kilogram carica segar, utamanya saat musim liburan dan hari raya. Angka tersebut akan turun di hari-hari biasa, terutama ketika musim kering datang. Namun untuk mensiasati hal tersebut, Alfha menggenjot produk lebih banyak di musim panen sebagai stok agar pemenuhan pesanan tidak terganggun.

Selain melayani pesanan di kawasan sekitar di Jawa Tengah, produk Carica Gemilang juga telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan manca negara yakni Arab dan Hongkong. Ke depan yang menjadi harapan Alfha adalah bisnis tersebut bisa terus berkembang  bahkan menjadi produsen sirup buah carica terbesar di dunia.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud