6 Cara Promosi Ampuh di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Lakukan, Cobalah!

Cara Promosi Ampuh di Bulan Ramadhan

Image dari Kompas.com

Bagaimana cara promosi ampuh di bulan ramadhan? Setiap menjelang Idul Fitri, para pebisnis selalu membahas topik ini. Bagaimana cara promosi yang ampuh di bulan Ramadah agar penjualan meningkat pesat.

Bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah tinggal beberapa hari lagi dari sekarang. Tidak hanya untuk umat muslim saja, keberkahannya pun dapat dirasakan bagi para pengusaha. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Nielsen (perusahaan yang bergerak dibidang informasi global dengan melakukan riset terhadap informasi pemasaran), perusahaan kuliner mendapatkan pendapatan sebesar 45% pada 3 periode dan termasuk bulan Ramadhan.

Analisis tersebut didasarkan pada pembagian THR (Tunjangan Hari Raya) kepada para karyawan di Indonesia. Sebagai cara untuk menyambut hari raya umat Islam, mereka membelanjakan uang THR sebagai wujud kebahagiaan yang dirasakan. Dari hasil riset yang telah dilakukan, bulan Ramadhan adalah waktu dimana pembelian konsumen sangat tinggi.

1. Mengamati Perilaku Konsumen Pada Saat Bulan Ramadhan

Konsumen akan melakukan pembelian lebih banyak dari biasanya pada kondisi lapar. Dengan begitu, hal ini akan meningkatkan omset dan penjualan bagi bisnis Anda. Karena tersedianya Tunjangan Akhir Tahun, para konsumen lebih tidak memperdulikan masalah harga.

Di sinilah Anda harus berusaha meningkatkan layanan dan kualitas dari barang dagangan yang Anda jual. Hal yang perlu Anda perhatikan saat menjelang lebaran, di waktu inilah para konsumen sibuk dengan mempersiapkan diri untuk melakukan mudik. Dan pastinya mereka akan mempersiapkan oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya.




Artikel lain: Tips Mempersiapkan Peluncuran Produk Bisnis Agar Lebih Maksimal

2. Aturlah Waktu Dalam Melakukan Promosi Online

Ada beberapa waktu dimana konsumen lebih banyak mengakses internet pada bulan Ramadhan. Yaitu pada waktu sahur. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan promosi via online. Selain itu, waktu istirahat jam kerja merupakan waktu yang cukup lama untuk mengakses internet. Dimana yang biasanya waktu istirahat digunakan untuk makan siang, pada bulan Ramadhan mereka mengisinya dengan kegiatan lain dan salah satunya adalah mengakses internet.

Dan waktu yang wajib untuk Anda lakukan dalam melakukan promosi via online adalah pada saat menjelang buka puasa. Rasa lapar yang konsumen rasakan akan alihkan dengan beberapa kegiatan dan termasuk salah satunya adalah browsing.

3. Buatlah Konten Promosi yang Mengandung Nuansa Bulan Ramadhan

Buatlah konten promosi yang didalamnya mencerminkan dari kondisi bulan Ramadhan. Karena ini merupakan cara kita untuk menghormati umat beragama Islam. Adapun konten dimaksud seperti bulan sabit yang merupakan simbol dari umat muslim. Anda pun dapat menggunakan lentera untuk konten promosi, karena lentera dapat bermakna sebagai pencerahan.

Selanjutnya Anda juga dapat menggunakan kaligrafi berbahasa Arab dan background berwarna hijau. Dan yang paling penting adalah gunakanlah konten promosi Anda yang mengandung kebersamaan. Di bulan Ramadhan sangat kental sekali dengan nuansa kebersamaan.




4. Produk yang Cocok Untuk Dipromosikan pada Bulan Ramadhan

Produk yang paling laris di bulan suci tersebut adalah kuliner. Produk makanan dan minuman yang Anda jual akan banyak kedatangan konsumen pada waktu menjelang buka puasa. Namun perlu diperhatikan juga mengenai menu makanannya. Semakin banyak variasinya, maka konsumen akan lebih banyak pilihan. Produk yang tak kalah pentingnya untuk Anda promosikan di bulan puasa adalah produk kecantikan.

Biasanya para konsumen membeli produk kecantikan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Lebaran tidak akan sah bila tidak melakukan kegiatan mudik. Menjelang mudik inilah para konsumen sudah umum untuk membeli oleh-oleh yang akan dibawanya. Produk parsel dapat Anda jadikan pilihan untuk Anda promosikan.

5. Gunakan Promosi Baik Secara Offline Maupun Online

Pemasaran produk yang Anda juga dapat dilakukan secara offline dalam bentuk penyebaran brosur, pemasangan spanduk atau plang dan lain sebagainya. Namun disini Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak dalam melakukan promosi offline. Ada alternative lain dalam melakukan promosi yaitu dengan memanfaatkan akses internet.

Contohnya adalah dengan membuat website sebagai strategi pemasaran online yang cukup murah dan dapat bertahan lama. Namun Anda pun dapat melakukan promosi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun yaitu dengan memanfaatkan social media. Anda dapat memperkenalkan produk kepada para konsumen yang ada di media sosial milik Anda.

Baca juga: Lakukan Tips Ini Jika Ingin Mengurangi Biaya Operasional Bisnis

6. Buat Acara Buka Bersama Dengan Menyediakan Ta’jil

Di bulan yang suci, sangat pas bila Anda mengadakan acara kebersamaan seperti buka puasa bersama dan pembagian ta’jil. Selain sebagai bentuk untuk menghormati umat islam, cara tersebut dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan Anda.

Dengan diadakan acara buka bersama ditempat usaha Anda, maka secara otomatis para konsumen akan mengenal perusahaan Anda. Dengan begitu konsumen pun akan mengenal produk yang Anda jual juga. Manfaat lainnya adalah konsumen akan melakukan promosi secara menyambung mengenai perusahaan Anda. Dengan begitu, perusahaan Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat sekitar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud