Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog / Website

Cara-Meningkatkan-Pengunjung-Blog-Website

Menjadi seorang blogger adalah sebuah profesi yang menyenangkan, apalagi jika tulisan yang dibuat ternyata memberikan manfaat bagi orang lain dan mendapat respon yang positif berupa komentar yang menyenangkan. Ditambah lagi bila audiens dengan senang hati membagikan tulisan yang dibuat kepada orang lain melalui media sosial yang mereka miliki. Namun kadang kala yang menjadi permasalahan di kalangan blogger pemula adalah pengunjung blog yang belum begitu ramai, seringkali mereka bingung bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog mereka.

Pada artikel ini saya ingin memberikan beberapa tips sederhana dan bisa diterapkan pada blog teman-teman yang dirasa belum memiliki banyak pengunjung. Beberapa tips ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi dan juga berdasarkan pengalaman para blogger yang sudah berpengalaman.

Mari kita coba beberapa tips sederhana berikut ini:

1. Konsisten Membangun Konten yang Berkualitas

Jika berbicara soal kualitas, biasanya orang-orang akan berfikir dengan tulisan yang sempurna dan terkesan memerlukan pengetahuan yang tinggi dalam menulis sehingga banyak orang menyerah untuk membuat sebuah artikel yang bagus di blognya. Sederhananya, konten yang berkualitas adalah artikel yang ditulis sendiri dan original, murni hasil karya sendiri dan bukan hasil copy paste.

Jika sulit menemukan ide untuk membuat konten yang original, cobalah meluangkan waktu untuk membaca beberapa tulisan orang lain. Jika ada bahan yang dirasa menarik untuk dijadikan sebagai konten, coba modifikasi konten tersebut menggunakan bahasa dan gaya penulisan kita sendiri. Ubah dan tambah beberapa kalimat dengan kata-kata atau pengetahuan yang kita miliki tentang konten yang sedang dibuat tersebut. Ini untuk menghindari konten yang kita buat dianggap mengcopy artikel milik orang lain.

Artikel terkait: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat




2. Berusaha Dekat dengan Pengunjung

Untuk membuat pengunjung merasa nyaman di blog yang kita miliki, kita harus membuat mereka merasa nyaman dan dekat dengan blog kita. Jika mereka sudah merasa nyaman, otomatis mereka juga akan mencari siapa yang pemilik blog tersebut. Jika sudah merasa akrab biasanya pengunjung akan dengan senang hati membagikan artikel yang ada di blog kita ke beberapa link sosial media yang mereka miliki.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendekati mereka adalah dengan menyediakan kolom komentar dan menjawab setiap komentar yang mereka berikan. Jika perlu tambahkan mereka sebagai teman di sosial media yang kita miliki, misalnya di Facebook, Twitter, atau Google+. Dengan begitu kita akan semakin dekat dengan mereka.

3. Aktif di Grup atau Forum Online

Bergabung di grup atau forum online yang membahas tentang topik yang berhubungan dengan blog Anda akan memberikan banyak manfaat. Selain bisa dijadikan sebagai wadah untuk belajar dan memperdalam pengetahuan tentang blog, kita juga bisa membagikan tulisan-tulisan yang ada di blog kita ke grup atau forum tersebut.

Ketika membagikan artikel dan link tulisan kita ke forum tersebut, usahakan melakukannya dengan sewajarnya dan jangan sampai terkesan seperti  melakukan spam. Biasanya akan ada banyak member yang merespon dengan meninggalkan komentar tanggapan mengenai konten Anda atau meminta agar kita juga memberikan tanggapan tentang blog mereka. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan trafik ke blog kita, selain itu kita juga mendapat masukan yang baik dari teman-teman di komunitas tersebut.

4. Mempromosikan Konten Blog ke Berbagai Sosial Media

Cara yang satu ini cukup efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda. Dengan memanfaatkan #sosial media yang kita miliki sebagai sarana untuk membagikan konten blog, maka sumber trafik blog kita akan semakin banyak dan beragam. Ubah privasi kiriman atau post yang kita buat menjadi public sehingga artikel atau tulisan yang kita buat dapat dilihat oleh semua orang.




Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk membangun Fanspage khusus untuk blog Anda, baik itu di Facebook ataupun Google+. Dengan membangun Fanspage khusus untuk blog, maka ini akan memudahkan kita menjangkau kembali para fans untuk mengunjungi dan membuka konten blog kita, baik itu konten lama maupun konten baru.

5. Memposting Artikel Berkualitas Secara Berkala

Nah yang satu ini sangat penting, apalagi bila pengunjung blog Anda sudah mulai banyak. Setiap tulisan yang kita buat memiliki pembacanya masing-masing, walaupun tidak banyak tapi setidaknya itu cukup membantu agar blog kita semakin dikenal. Buatlah postingan terbaru secara rutin, misalnya sehari sekali, 2 hari sekali, atau 3 kali seminggu.

Jika Anda ingin menulis banyak tulisan dalam satu waktu, buat beberapa tulisan tersebut dipublikasikan secara terjadwal. Cara tersebut dapat membuat blog kita terlihat di update secara teratur. Bila memungkinkan, Anda bisa menyewa jasa penulis artikel (ghost writer) untuk membantu Anda dalam membangun konten yang lebih banyak.

Baca juga: Pentingnya Jasa Penulis Artikel Bagi Sebuah Website Bisnis

Itulah beberapa tips sederhana agar pengunjung blog kita semakin ramai. Cara ini biasanya berhasil pada banyak blogger, tapi belum tentu berhasil pada sebagian blogger yang lain. Namun, daripada kita tidak melakukan apa-apa, tidak ada salahnya jika kita mencoba dan membuktikannya sendiri. Good luck!



25 total comments on this postSubmit yours
  1. Ulasan yang bagus sekali walau untuk itu juga masih agak mengambang uraiannya. Contoh di bagian memposting artikel berkualitas secara berkala, disini saya bingung, bagaimana hubungan meningkatnya jumlah pengunjung blog dengan artikel berkualitas. Maksud agan berkualitas dari segi apanya ? segi isi atau bagaimana. Kalau saya membaca di beberapa hasil riset SERPIQ, google menempatkan sebuah artikel di halaman 1 bukan di lihat dari segi isi, tapi jumlah kata yang terdapat dalam artikel itu, kurang lebih untuk halaman 1, adalah artikel dengan jumlah kata di atas 2000. Kalau sebuah artikel gugur dengan syarat itu, maka google membantunya dengan memeriksa struktur data yang ada di blog itu, khususnya di bagian komentar.

  2. Saya sangat tertarik dengan artikel diatas apalagi penjabaran mimin sudah sangat lengkap namun bagi saya yang masih awam sekali di dunia perblogan mencari visitor lebih susah daripada membuat blognya sendiri, mohon bantuan dari para mastah yang sudah jago mencari visitor.

    salam kenal dan mampir juga kalo sempet ya, terima kasih

  3. Tapi kalau blog berniche tutorial blog, apa mereka juga mau membagikannya ke media sosial mas?

    apa ada teknik supaya mereka rela share artikel kita di social medianya ya?

  4. Point memposting artikel secara berkala rasanya ini yang paling susah untuk konsisten, terutama membuat artikel yang berkualitas

  5. thanks pencerahannya Min…

  6. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat, tetapi saya masih agak binggung tentang lebih di utamakan artikel yang SEO apa backlink yang banyak. Terima kasih

    • Awal yang baik adalah membangun tampilan website yang menarik dan SEO friendly, lalu mengisi website tersebut dengan konten yang SEO friendly, langkah selanjutnya promosi (sosmed, SEO, etc)

  7. Forum online yang berhubungan dengan otomotif apa ya?

  8. kutipan yang bagus gan,, salam kenal ya baru belajar ngeblog ini,, bisa baca2 info kesehatan dan obat2an herbal gan hehe ,, thanks

  9. Trafik =$ ya bang… makin banyak pengunjung ke blog kita peluang mendapatkan uang makin banyak. Artikel ini bagus banget buat blogger2 pemula seperti saya.
    Terima kasih

  10. Keren Gan Artikel nya, sangat membantu saya yang newbie ini, jadi makin semangat ngeblog nih :)

  11. trima kasih pak tipsnya..
    lagi butuh untuk tingkatkan traffic, maklum masih baru.. hehe

  12. pak, apakah peran themes besar pengaruhnya bagi kesuksesan sebuah web?

  13. 5 tips yang sangat bagus untuk diterapkan.. thanks atas info nya

  14. sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk blog yang sedang saya bangun trimaksih

  15. info yang bagus. namun beberapa bogger pemula seperti saya masih sulit untuk membuat artikel menarik

  16. Normalnya berapa pengnjungnya kalau artikel di bawah 50 mas?

  17. Salam Sukses bos , terimakasih atas Tips – Tips nya, sangat bagus dan harus di coba ni.
    pak bos terkadang saya bingung, ada yang bilang untuk mencari visitor harus berkomentar yang baik dengan menyertakan Link,
    dan diskusi,dan ada juga yang bilang lebih bagus pakai aplikasi,pertanyaan saya….?
    1.Perbedaan Mencari Backlink Dengan komentar Dll
    2.Dengan perbedaan mencari Backlink Menggunakan Aplikasi Itu dengan tingkat keamanannya bagus yang mana, dan untuk efeknya
    bagus yang mana ,dan satu lagi bos backlink yang berkualitas itu sepertiapa, dan kapan backlink menunjukan Kinerjanya
    maaf ya pak bos, soalnya agax bingung ,dan saya masih pemula terimakasih.salam sukses.

    By.Google Apk Center

  18. saya baru memulai n sdg belajar. tq info nya.. so usefull..

  19. yang lebih sulit adalah menjaga konsisten dalam membuat sebuah konten yang berkesinambungan

  20. dibutuhkan kesabaran dalam membangun traffic pengunjung dalam blog/site terlebih lagi blog yang masih baru. aktifitas yang dilakukan pertama kali adalah membuat artikel2 menarik yang mempunyai informasi dan dibutuhkan banyak orang. selain mempunyai artikel yang menarik, para blogger harus aktif dalam forum dan blogwalking. hal ini dimaksudkan untuk menjalin relasi terhadap sesama blogger.

  21. Siapp. Butuuh perjuangan utk bisa mencapai segala hal, termasuk traffic. Semua nya mungkinnn :D

  22. Terima kasih …. artikelnya sangat bermanfaat

  23. maturnuwun, biasanya klo grup saya cuma aktif di grup FB

  24. Salam kenal, saya masih baru di dunia jualan online. Tulisan Anda sangat bermanfaat. Thanks

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud