Cara Menyimpan Foto atau Video Instagram di Android

cara menyimpan foto instagram

Saat sedang membuka akun #Instagram di Android, adakalanya kita menemukan foto atau gambar yang bagus. Gambar-gambar tersebut bisa saja foto seseorang, foto pemandangan, gambar dengan quotes dan lain-lain. Dan saat melihat gambar yang bagus, kadang kita juga ingin menyimpannya di memori android. Tujuannya tentu saja untuk sekedar koleksi atau ingin berbagi gambar tersebut dengan teman-teman di kemudian hari.

Namun yang disayangkan, gambar dan foto di Instagram untuk android tidak bisa serta merta disimpan dan didownload seperti di kebanyakan media sosial. Jika di #facebook, kita bisa dengan mudah menemukan opsi untuk mendownload dan menyimpan sebuah gambar, namun sayang fitur seperti ini tidak terdapat di instagram.

Saat membuka sebuah gambar atau video di Instagram, hanya ada 2 opsi yang disediakan di menu yaitu Report untuk melaporkan dan Copy Share URL untuk mengambil URL gambar sehingga bisa di share dengan netter di luar instagram. Ada cara untuk mendownload dan menyimpan gambar di instagram di android dan untuk itu kita akan membutuhkan sebuah #aplikasi yang bernama Video Downloader for Instagram.

Seperti namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk mengunduh foto atau video dari Instagram dengan catatan akun penyebar foto/video tersebut harus tersedia secara public, bukan private. Untuk panduan lebih lanjut mengenai cara menyimpan foto instagram di #android dengan Video Downloader for Instagram, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Cara Menyimpan Foto atau Video Instagram di Smartphone Android

1.Tentunya anda sudah harus punya akun instagram sendiri. Jika anda belum memilikinya, silahkan baca artikel berikut: Cara Daftar dan Membuat Akun Instagram di Android.




2. Jika sudah, silahkan download dan install aplikasi Video Downloader for Instagram melalui link berikut ini: Video Downloader for Instagram di Play Store.

3. Buka Instagram kemudian buka foto yang ingin anda unduh. Sebagai contoh saya akan mengambil salah satu foto dengan tag #cat di Instagram.
instadown_1

3. Jika anda sudah menentukan foto yang ingin anda unduh, silahkan perhatikan pada bagian pojok kanan bawah foto maka anda akan menemukan menu button berbentuk 3 baris titik. Tap pada menu tersebut maka tombol opsi foto akan muncul. Silahkan tap pada Copy Share URL.

instadown_2

4. Setelah anda melakukan copy pada share URL, buka aplikasi Video Downloader for Instagram kemudian paste hasil kopian tadi di di bagian form URL. Setelah itu tap pada Download , kemudian tap pada Download Picture untuk memulai proses download foto




instadown_3

5. Proses download akan berjalan dengan cepat mengingat dalam contoh ini yang saya download adalah foto. Setelah download selesai, maka pemberitahuan akan muncul dan anda bisa membuka foto yang sudah anda unduh dengan melakukkan tap pada View. Untuk melihat file yang sudah didownload menggunakan aplikasi ini, anda bisa melihatnya di tab Downloads yang terletak di paling kanan.

instadown_5

Itulah kurang lebih cara untuk menyimpan video dan foto dari instagram di perangkat android. Aplikasi diatas akan sangat bermanfaat bagi anda yang merupakan pengguna aktif instagram dan memiliki keinginan untuk menyimpan foto dan video yang kadang anda temui mengingat penggunaannya yang mudah dan sistem navigasinya yang cukup ringkas. Tunggu saya di tutorial selanjutnya, dan terima kasih sudah membaca.



13 total comments on this postSubmit yours
  1. pakai instaSave lebih praktis gan…cukup buka aplikasi dan pilih video / gambar…save…beres gan…selamat mencoba

    • gimana cara nya

  2. jadi begini caranya untuk dapat menyimpan video dari aplikasi instagram, terima kasih atas solusinya step by step bermanfaat sekali.

  3. kalau untuk download di PC gimana yag gan??

  4. izin bookmark gan. kalo ga ada pilihan salin url itu gimana ya gan?

  5. Terima kasih,,

    Sangat membantu sekali..

  6. Kak di instagramnya ga ada opsi copy share url,trus gmn dong??

  7. ka mau tanya, kx d instagram ku cmn ada laporkan ya?

    • Ka gimana instagram aq cuma ada laporan gak busa nyimpan vidio nya

      • Kalau nggak ada URL nya mungkin akun nya di privat

  8. Klo dh mmgikuti tman kok gk bsa d dowload y vidro n fto.a ..gmn in????

  9. oohh jadi caranya seperti itu yaa menyimpan foto video di instagram, ane biasanya sih pake capture atau screenshot hehehe…

    • thanks so much,,,,,,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud