Cara Menjadikan Android Sebagai Modem via USB Tethering

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem via USB Tethering

cara menjadikan android sebagai modemAndroid dikenal sebagai sistem operasi berbasis mobile yang memiliki banyak sekali keunggulan. Berbagai keunggulan dan perkembangan yang pesat menjadi salah satu alasan mengapa sistem operasi mobile ini semakin banyak diminati oleh para pecinta perangkat mobile.

Salah satu fitur yang cukup diminati dari #android adalah, android bisa dijadikan pengganti modem atau wifi hotspot. Untuk penggunaan android sebagai modem kami sudah membahasnya pada artikel berjudul Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi Hotspot Portable, dan khusus di artikel kali ini saya akan khusus membahas penggunaan android sebagai modem USB.

Menggunakan android sebagai perangkat modem usb atau sebagai wifi hotspot, setiap orang bebas memilih mana saja yang ingin digunakan. Jika anda menggunakan android sebagai wifi hotspot, berarti anda bisa menggunakan jaringan wifi untuk beberapa perangkat dan tidak terbatas pada satu perangkat saja.

Namun pada beberapa kasus, menggunakan android sebagai wifi hotspot bisa menjadikan android kehabisan baterai lebih cepat. Sedangkan jika anda menggunakan android sebagai modem USB, anda hanya bisa menggunakan jaringan #internet untuk satu perangkat saja. Namun baterai akan bertahan lebih lama karena android sudah berada dalam mode charge.

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Dengan Mudah

Jika anda sudah mantap untuk menjadikan android sebagai modem USB, berarti anda akan memerlukan kabel data bawaan dari perangkat android yang anda miliki. Tak lupa juga, anda harus menginstall USB driver khusus untuk perangkat android anda (tablet atau #smartphone). Setelah itu aktifkan USB debugging melalui Settings > Developer Options, kemudian berikan centang pada USB Debugging.

usbdebug

Mengenai cara menjadikan android sebagai modem, hal lain yang wajib ada yakni paket internet yang bisa diandalkan dan memiliki sinyal kuat (minimal HSDPA atau HSDPA+) karena anda akan menggunakannya untuk browsing desktop dan tentunya hal tersebut akan memakan data paket cukup banyak. Setelah anda mempersiapkan semuanya, silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Silahkan nyalakan internet anda terlebih dahulu, anda bisa menemukan pengaturannya di Settings > More > Mobile Networks. Antar versi android memiliki sedikit perbedaan dalam susunan menu, namun pada dasarnya sama.

modem_1

2. Setelah internet anda menyala, silahkan hubungkan perangkat android anda dengan perangkat #komputer atau laptop menggunakan kabel data USB. Tunggu beberapa saat sampai kedua perangkat terhubung.

3. Setelah kedua perangkat terhubung, silahkan masuk ke Settings > More > Tethering & Portable Hotspot.

modem_2

4. Kemudian berikan centang pada USB Tethering. Silahkan tunggu prosesnya sampai kedua perangkat tersambung, bisa memakan waktu satu sampai dengan beberapa menit.

modem_3

5. Jika perangkat sudah terhubung, anda bisa melihatnya di daftar network pada Windows. Network yang dideteksi bisa menggunakan nama Unidentified Network seperti pada gambar dibawah, Network menggunakan angka, dll. Anda juga akan mendapatkan pop up request untuk menerima jaringan internet yang baru tersambung sebagai jaringan Home.

network detected

Cara ini akan sangat bermanfaat jika anda sedang tidak terhubung wifi atau kehabisan kuota modem sehingga membutuhkan alternatif lain untuk tetap tersambung internet desktop. Jika dibandingkan dengan WiFi Tethering, cara ini lebih sering saya gunakan karena baterai tidak cepat habis. Yang mana yang lebih baik silahkan anda putuskan sendiri. Sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.

1 KOMENTAR

  1. sofa sudut minimalis

    untuk smartphone bisa ya,atau mungkin ada merk smartphone yang nggak support

Tinggalkan Balasan