Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi Hotspot Portable

Image dari Talkandroid.com

Image dari Talkandroid.com

Android adalah sistem operasi kepunyaan Google yang memiliki banyak sekali fitur, salah satu fitur yang sangat saya sukai dan sering digunakan adalah fitur untuk menjadikan android sebagai wifi hotspot. Ini akan sangat berguna jika anda sedang kehabisan kuota modem yang anda gunakan pada komputer atau laptop. Anda bisa menggunakan tips dengan cara menjadikan android sebagai wifi hotspot dalam beberapa langkah mudah sehingga anda tetap bisa online di komputer.

Fitur sharing koneksi internet android sebagai wifi hotspot sudah ada sejak sebelum perilisan android 2.3 gingerbread, dan dengan mengasumsikan bahwa hampir semua pengguna android menggunakan android 2.3 atau versi yang lebih tinggi. Bisa dikatakan bahwa fitur ini bisa digunakan untuk hampir semua pengguna android, khususnya untuk versi android yang lebih baru seperti KitKat dan Lollipop.

Meskipun berbeda versi, setting android sebagai wifi hotspot sama antara satu versi dengan versi lain. Saya memiliki 2 android yang masing-masing berjalan pada android 2.3 Gingerbread dan 4.2.2 Jelly Bean dan keduanya memiliki cara setting yang sama.

Saya juga sudah mengecek versi lain yang lebih tinggi dan semuanya memiliki cara setting dan menu yang sama, yang membedakan hanya UI dan jumlah menu dalam daftar menunya saja.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi Hotspot

Dalam panduan ini, saya akan menggunakan android 4.2.2 Jelly Bean sebagai contoh. Untuk panduan lengkap membuat android sebagai wifi hotspot, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :




1. Masuk ke Settings atau Pengaturan pada Android anda.

2. Pada Settings, silahkan pilih More.

wifihotspot1

3. Daftar pilihan pengaturan Wireless and Network akan ditampilkan, kemudian pilih Tethering & Portable Hostpot.

wifihotspot2




4. Pilih Wi-Fi Hotspot untuk masuk menu pengaturan wifi hotspot. Menu ini berisi submenu pengaturan wifi hotspot bandwidth yang digunakan, dan pengguna wifi yang terhubung maupun sudah diblokir.

wifihotspot3

5. Tap pada Set Up Wifi Hotspot untuk melakukkan pengaturan Wifi Hostpot mulai dari pengaturan nama, penggunaan password, dll. Untuk detailnya akan dijelaskan di bawah gambar.

wifihotspot5

  • Network SSID : Nama hotspot yang akan ditampilkan
  • Security : Berisi pilihan antara Open, WPA PSK, dan WPA2 PSK. Jika anda memilih open, maka wifi anda akan bisa dimasuki dan digunakan oleh semua pengguna yang mendeteksi dan memilih wifi anda tanpa perlu menggunakan password sedangkan WPA PSK dan WPA2 PSK diharuskan melakukkan verifikasi menggunakan password untuk menggunakan koneksi tersebut.
  • Password : Opsi password hanya akan muncul jika anda memilih WPA PSK atau WPA2 PSK. Android memberikan batasan password minimal 8 karakter dengan karakter bebas.
  • Maximum Connection : Jumlah pengguna maksimal yang bisa terhubung pada wifi hotspot android.

Setelah anda melakukkan semua pengaturan, silahkan tap pada Save untuk menyimpan pengaturan.

6. Untuk menyalakan wifi hotspot, silahkan tap tombol ON / OFF yang terletak di pojok kanan atas layar sampai menjadi ON. Anda juga bisa menyalakan hotspot dengan cara kembali ke menu Tethering & Portable Hostpot kemudian melakukkan tap pada tombol ON/OFF yang terletak di sisi kanan menu.

wifihotspot6

7. Silahkan cek pada daftar koneksi wifi yang dideteksi oleh #komputer anda, dan anda akan menemukan wifi hotspot android yang baru saja anda buat. Setelah itu anda tinggal menghubungkan komputer dengan wifi hotspot dan kemudian mulai browsing seperti biasanya.

wifihotspot8

Anda bisa mengecek jumlah pengguna yang terhubung pada Connected Users yang terletak di basic settings wifi hostpot. Dalam menggunakan android sebagai wifi hotspot, hal yang perlu anda perhatikan adalah sering-sering melakukkan cek kuota pada perangkat android anda mengingat umumnya android memiliki kuota #internet yang cukup terbatas sehingga penggunaan kuota anda tidak jebol. Sekian untuk tutorial kali ini, terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. akhirnya saya bisa internetan tanpa pake modem atau mifi, cukup internetan pake hotspot smartphone udah puas, tapi sayangnya cepet abis baterai smartphone yang saya punya, gimana pak caranya biar ga cepet abis baterainya ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud