Cara Meningkatkan Pertumbuhan Pelanggan Baru Dengan Media sosial

socialmediamarketingTrend marketing pada tahun 2015 diprediksi akan didominasi oleh social media marketing dan content marketing. Perkembangan yang sangat pesat pada penggunaan #media sosial merupakan potensi pasar yang begitu besar. Dan inilah yang menjadi alasan mengapa faktor social media menjadi bagian ideal dari perkembangan digital marketing saat ini.

Yang menjadi kelebihan dari social media marketing adalah kemampuan dalam berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Komunikasi yang terjalin adalah dua arah, dan hal ini memungkinkan terjadinya kedekatan emosional dengan produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Pada akhirnya customer yang Anda dekati akan dengan sukarela menuliskan testimoni terbaiknya untuk Anda. Bahkan akan dengan sukarela mengajak customer baru untuk mencoba dan membeli produk Anda, dan hal ini disebut juga dengan “referensi”.

Dibawah ini adalah cara ampuh untuk tingkatkan pelanggan baru atas referensi dari pelanggan lama melalui sosial media, seperti yang kami rangkum dari Social Media Examiner:

Artikel lain: Dahsyatnya Promosi Bisnis Dgn Word of Mouth (WOM) Strategy

1. Pilih Jenis Media Sosial yang Tepat

Target spesifik itu penting dalam setiap bidang pemasaran terlebih lagi bagi anda yang baru memulai bisnis. Setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya pasti memiliki target audiens yang berbeda sehingga perlu adaptasi dengan taktik Anda sendiri dan mentarget prospek spesifik pada platfrom media sosial yang mereka gunakan.

Tidak semua pengguna jejaring sosial itu sama, lakukan penelitian pada platform apa yang paling sesuai untuk model bisnis yang Anda jalankan. Sebagai contoh, apabila media sosial Facebook sangat bagus untuk menarik konsumen individu, maka media sosial LinkedIn akan sangat cocok untuk produk-produk atau layanan B2B.

2. Bukti Sosial (Social Proof)

Dalam Sebuah laporan yang ada dalam Nielsen’s Trust in Advertising Report, 84 persen pelanggan yang telah mendapatkan hal yang mereka perlukan maka tanpa dimintapun mereka akan bercerita kepada teman-teman dan keluarganya tentang sumberdaya yang mereka percayai. Semua sumber informasi yang datang dari sumber yang dipercaya akan bersifat persuasif sebab bukti sosial yang teman Anda yakini tentang sesuatu itu menjadi catatan penting.

Coba anda bayangkand dampaknya, Jika seorang teman Anda menceritakan tentang sebuah produk baru yang pernah ia gunakan, maka akan ada kemungkinan besar Anda akan ikut mencobanya sendiri pada saat Anda memiliki waktu. Ketika rekomendasi datang kepada Anda secara langsung dari seorang teman, hal tersebut menunjukkan bahwa social proof berdampak besar pada perilaku Anda.

3. Berikan Sebuah Insentif

Untuk membantu mendorong para pelanggan memberikan social proof maka Anda wajib mencoba memberikan sebuah insentif kepada mereka. Hal ini dilakukan guna memperkuat dampak dari social proof.

Setiap pelanggan dimanapun pastinya ia akan menyukai sebuah promosi yang menguntungkan bagi mereka dan pemberian insentif ini dapat dilakukan dengan banyak cara. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan diskon pada pembelian selanjutnya atau memberikan hadiah gratis atas pembelian mereka.




4. Modifikasi Pesan Anda

Saat anda meminta pelanggan anda untuk menceritakan produk anda kepada pelanggan baru, cobalah buat sebuah pesan untuk membantu mereka bercerita mengenai produk Anda supaya lebih menarik. Hindari penggunaan kata yang membosankan, karena itu dapat membuat peluang Anda hilang sia-sia.

Baca juga: NoLimit, Startup Situs Monitoring Media Sosial Kreasi Anak Bangsa

5. Perkenalkan Ekslusivitas Layanan Anda

Pernahkah Anda mendapatkan undangan ke layanan #Pinterest secara khusus? diundangan tersebut Anda tidak dapat sekedar mendaftarkan sebuah akun, Anda harus menggunakan kode referral dari kawan Anda. Ketika kita dapat menawarkan sebuah undangan pada teman-teman kita, kita merasa seperti pahlawan yang membantu mereka masuk ke dalam platform yang ekslusif. Teman-teman yang kita undang merasa spesial.

Dengan metode tersebut, dapat diambil 2 buah kesimpulan penting:

  • Pertama, undangan tersebut akan sangat mendorong pengguna untuk membagikan situs Anda kepada publik (dengan memberikan social proof dan hal ini akan memperluas jangkauan Anda).
  • Kedua, undangan tersebut menciptakan ekslusifitas, dan hal itu disukai oleh banyak orang.

Pastikan memahami point-point di atas, dan Anda akan mendapatkan sebuah impact yang luar biasa bagi bisnis Anda. Gunakanlah perkembangan dunia teknologi khususnya media sosial sebaik mungkin karena jika kita dapat memanfaatkannya maka bisnis apapun yang kita jalani pasti akan booming.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Dahsyatnya bisnis online memang luar biasa pak, tapi bangsa Indonesia masih perlu untuk merubah mind setnya tentang tekhnologi informasi.
    Media social paling banyak pengguna dan ini menjadi ladang bisnis yang luar biasa jika kita bisa memanfaatkannya.
    Tks artikelnya….

  2. artikelnya bermanfaat sekali gan, terutama bagi sya yg bru belajar di bisnis online

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud