5 Cara Meningkatkan Kekompakan Dalam Organisasi dan Tim Kerja

Cara Meningkatkan Kekompakan

Ada banyak cara meningkatkan kekompakan yang bisa dilakukan, baik itu untuk tim kerja di kantor ataupun di bisnis. Sebagai seorang karyawan, bisa jadi Anda dituntut untuk bekerja bersama tim kerja. Ketika kita bekerja di dalam tim ini, maka tidak bisa kita bekerja sendiri-sendiri.

Sebagai bagian dari tim kerja, kita juga harus bisa menyesuaikan diri dan tentunya harus bisa menjaga kekompakan sebuah tim. Apalagi jika Anda adalah termasuk senior yang harus memimpin sebuah tim kerja, maka Anda harus senantiasa menjaga kekompakan tim agar kinerja tetap maksimal dan produktifitas juga tidak terganggu.

Anda bisa menjalankan beberapa tips di bawah ini untuk cara meningkatkan kekompakan dalam organisasi dan menjaga agar tim kerja Anda tetap solid:

  1. Komunikasi Adalah yang Utama

Komunikasi menjadi pilar yang sangat penting dalam membangun kekompakan dalam tim kerja. Akan sangat sulit ketika Anda tidak memiliki komunikasi yang bagus untuk meningkatkan kekompakan tim kerja.

Cobalah untuk saling mengenal antar anggota satu dengan yang lain. Ada banyak cara sederhana untuk bisa meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan anggota tim kerja.

Anda dan tim kerja bisa mengikuti team building seperti makan bersama, berakhir pekan bersama, atau yang lainnya. Semkain meningkatnya kualitas komunikasi, maka akan baik juga produktifitas tim kerja Anda.

Artikel lain: 8 Tips Manajemen Waktu Biar Bisa “Work Hard Play Hard”

  1. Pentingnya Waktu Istirahat

Sebagai leader, Anda tetap harus memperhatikan waktu istirahat tim kerja Anda. Tidak bagus memaksakan mereka bekerja terus, apalagi bekerja di luar jam kerja yang seharusnya.

Memaksakan mereka bekerja hanya akan membuat mereka terlalu lelah yang kemudian justru membuat mereka tidak produktif setelahnya. Istirahat sangat dibutuhkan oleh tim kerja Anda untuk tetap bekerja fresh selanjutnya.

Anda bisa memanfaatkan jam makan siang atau coffee breaks untuk bisa mengistirahatkan tim kerja Anda. Isitrahat barang sebentar di tengah jam kerja akan sangat membantu mengembalikan kondisi fisik dan psikis anggota tim kerja Anda.

  1. Target yang Realistis

Memiliki target dalam setiap menjalankan tugas sangat bagus untuk memotivasi diri kita sendiri maupun tim kerja Anda. Namun jangan sembarangan dalam membuat target kerja, jangan sampai target kerja tersebut justru membebani tim kerja.




Buatlah target serealistis mungkin, artinya Anda juga harus memiliki hitungan yang tepat dan terperinci dalam membuat sebuah target. Atau bisa juga Anda bicarakan terlebih dahulu dengan tim kerja Anda baru kemudian Anda dan tim kerja menentukan target.

Meski mungkin target Anda tidak terlalu besar, namun jika Anda dan tim kerja bisa mencapainya dalam waktu yang lebih cepat, maka itu akan sangat bagus untuk memupuk kepercayaan diri kita. Sebaliknya, jika tim kerja gagal mencapai target, biasanya akan terjadi sedikit guncangan yang tak jarang akan menimbulkan saling berprasangka, meski tidak terucapkan. Jadi, hati-hatilah dalam menetapkan target.

  1. Membentuk Pola Pikir yang Tepat

Pola pikir yang tepat dalam sebuah tim kerja adalah salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan soliditas tim. Pola pikir yang tepat dalam tim adalah, bukan saja menjaga produktifitas dalam bekerja.

Namun lebih dari itu, sebuah tim kerja juga harus bisa secara terus menerus mengeluarkan sebuah ide untuk kemajuan sebuah perusahaan. Jadikan setiap anggota tim Anda untuk selalu memiliki pikiran terbuka terhadap segala macam masalah yang mungkin dihadapi.

Artinya setiap individu harus memiliki kerangka berpikir yang besar terhadap inovasi, solusi dan strategi. Karena di jaman yang serba cepat ini, kita pun juga dituntut untuk berpikir lebih cepat agar tetap bisa bersaing. Nah, jika anggota tim kita tidak memiliki kerangka berpikir yang terbuka, maka akan mudah tergesek antara satu dengan yang lain dan ini akan potensi perpecahan.

Baca juga: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Cara Meningkatkan Kekompakan dengan Memberi Apresiasi Pada Tim

Seberapa besar pencapaian tim kerja, Anda harus bisa menghargainya. Apalagi ketika tim kerja berhasil menyelesaikan target yang ditentukan, maka memberikan penghargaan adalah sebuah keharusan.

Memberikan penghargaan adalah salah satu cara meningkatkan kekompakan tim. Dengan adanya penghargaan maka tim akan merasa dihargai jerih payahnya selama ini sehingga kemudian tentu setiap anggota tim akan lebih termotivasi lagi.

Setidaknya ucapkan pujian atau terimakasih pada mereka, dengan memberikan apresiasi selain untuk menghargai kerja mereka, juga akan bisa membangun kebersamaan, kekompakan dan tentunya juga bisa meningkatkan kepercayaan saru dengan yang lain. Ketika kepercayaan ini semakin tinggi, maka soliditas tim kerja juga akan semakin mantab.

PENUTUP

Dalam dunia kerja maupun usaha, ada banyak cara meningkatkan kekompakan dalam organisasi dan tim kerja yang bisa kita lakukan. Dengan tim yang solid tentunya semua target yang ingin dicapai akan terasa lebih mudah untuk diwujudkan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud