8 Tips Manajemen Waktu Biar Bisa “Work Hard Play Hard”

manajemen waktu

Manajemen waktu, semua orang pasti pernah bermasalah dengan yang satu ini. Sadar tidak kalau semenjak kita punya smartphone, kita semakin sulit  dalam hal manajemen waktu? Dikit-dikit cek hp, sebentar-sebentar balas chatting dan email.

Ujung-ujungnya kita menjadi manusia multi-tasking dan ujungnya kerjaan multi-numpuk dan tidak selesai-selesai? Akhirnya kita cepat stress, tidak punya waktu luang dan parahnya tidak maksimal pekerjaannya. Sadar tidak sering seperti itu?

Meskipun kita sedang hidup di era multi-tasking, ini bukan berarti manajemen waktu bisa lebih simple. Faktanya banyak orang yang kesulitan untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Nah, tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda agar bisa merasakan manfaat manajemen waktu yang baik,

Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Seimbang

1. Mulai dari yang Paling Mudah

Kunci dari manajemen waktu adalah perencanaan. Nah, masih ingat dengan wejangan guru matematika saat menjelang ujian akhir? “Kerjakan yang mudah dulu!”




Bila Anda punya 10 target dalam satu hari, coba list kira-kira mana yang bisa diselesaikan dengan mudah. Ini akan menghemat waktu Anda karena mengerjakan pekerjaan yang sulit akan menyita energi dan pikiran sehingga di tugas berikutnya akan terasa berat.

Nah, dengan cara ini secara psikologi Anda lebih mudah termotivasi. Otak tetap dingin dan tidak stress di awal pagi karena sudah menyelesaikan beberapa tanggung jawab.

Artikel lain: 7 Tips Mengatur Waktu Bagi Anda yang Kerja dari Rumah, Khususnya Blogger

2. Membuat Skala Prioritas

Selain membuat daftar kerjaan yang mudah dikerjakan, manajemen waktu selanjutnya bisa dengan membuat skala prioritas. Buatlah daftar pekerjaan dengan deadline paling dekat.

Dengan begini Anda tidak diomeli client karena pekerjaan belum selesai. Jangan lupa menyelesaikan yang paling mudah terlebih dahulu.

3. Hindari Segala Bentuk Distraksi

Distraksi itu macam-macam. Ada Obrolan dengan rekan kantor, Facebook, BBM atau jejaring sosial lainnya. Ini bisa menggerus waktu kerja. Intinya, waktunya kerja harus kerja, tidak boleh ngobrol atau selingan nonton Youtube.




Matikan semua jejaring sosial, kalau perlu smartphone agar tidak mengganggu pekerjaan dan membantu Anda fokus. Hal-hal sepele seperti ini tanpa kita sadari mengganggu fokus kita dalam bekerja.

4. Pecah Pekerjaan Sulit Jadi Kecil-kecil

Kalau tiba saatnya melakukan pekerjaan yang sulit dan membosankan, coba pecah porsinya menjadi kecil-kecil. Biasanya nanti akan terasa lebih mudah. Anda bisa menyicilnya di sela pekerjaan mudah dan lainnya supaya otak tidak mudah jenuh.

5. Manajemen Waktu dengan Teknik Pomodoro

Kalau main Youtube, Facebook dan chatting-an benar-benar tak tertahankan, coba teknik Pomodoro untuk membantu Anda berkonsentrasi. Teknik Pomodoro merupakan metode manajemen waktu yang mana kita membagi tugas menjadi blok-blok dan mengerjakannya selama 25 menit dan istirahat 5 menit.

Teknik ini sangat bagus untuk membantu konsentrasi, apa lagi saat mengerjakan tugas yang sulit. Anda tinggal set waktu selama 25 menit untuk bekerja, dan gunakan 5 menit untuk bermain jejaring sosial atau hiburan lainnya supaya otak tidak bosan.

6. Jangan Mengerjakan Tugas Secara Multi-tasking

Meskipun multi-tasking kelihatannya efektif karena kita merangkap beberapa tugas, namun kenyataannya hal ini menguras waktu. Konsentrasi Anda terpecah dan sesekali hasilnya justru tidak maksimal.

Nah, balik lagi ke aturan awal tadi, lebih baik kerjakan yang mudah dulu lalu ke yang sulit.

7. Mengatur Waktu Happy Hour Secukupnya

Happy Hour memang perlu untuk membangun relasi. Terkadang setelah pulang kantor kita diajak rekan untuk bersantai sejenak dengan nongkrong atau karaoke. Namun perlu diingat, jangan terlalu sering. Tetap perhatikan jam pulang supaya Anda pulang tepat waktu dan tidur cukup.

Tidak jarang kita juga diminta klien untuk bertemu di luar kantor membahas kerjaan, dan endingnya kita ketemuan di klub malam. Kalau ada klien yang seperti ini, tetap jaga diri dan jangan terlalu banyak bergerak sehingga tidak cepat capek. Jangan minum terlalu banyak agar esok masih bisa meeting dengan kondisi bugar.

8. Manajemen Waktu dengan Bekerja Sesuai Porsinya

Seiring berkembangnya jaman, perusahaan mulai memberi kebebasan kepada karyawan untuk bekerja sampai kapan pun dan dimana pun. Nah,bekerja sampai larut malam bukan hal yang bijak. Kesehatan dan relasi bersama keluarga adalah hal yang penting.

Meskipun Anda bekerja di rumah, pastikan menejemen waktunya diatur dengan baik. Saat kerja harus bekerja, dan saat istirahat dan membangun relasi harus terpisah. Jangan dicampur-campur agar bisa senantiasa “Work hard Play Hard”.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Saya mau nambahin,
    Berdoa! Apapun yang kita kerjakan tidak tau apa yang akan terjadi nantinya.
    Jadi berdoa itu perlu di lakukan apalagi dalam mengatur waktu dalam kegiatan sehari2.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud