Beranda Tutorial Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak HP

Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak HP

Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak HP

Bagaimana cara mengizinkan WhatsApp mengaksesk kontak HP? Ketika baru pertamakali menggunakan WhatsApp, aplikasi ini akan meminta izin untuk mengakses sistem di ponsel Anda.

Beberapa di antaranya, seperti; akses kontak di HP, penyimpanan, kamera, galeri, dan lain beberapa lainnya.

Jika ingin menggunakan seluruh fitur WhatsApp, maka kita harus memberikan izin akses tersebut. Namun, jika tidak maka beberapa fungsi penting WhatsApp tidak akan bisa digunakan.

Beberapa pengguna WA tidak memberikan izin akses ke sistem perangkat ponselnya. Mungkin karena alasan tertentu, misalnya privasi.

Apa yang Terjadi Jika Akses Kontak Tidak Diizinkan di WhatsApp?

Seperti kita ketahui, daftar kontak pada smartphone Android tersimpan dalam sebuah file di sistem. Aplikasi WhatsApp membutuhkan izin akses ke file tersebut agar dapat membaca daftarnya.

Nah, jika aplikasi WhatsApp tidak diberikan izin untuk mengakses file tersebut maka penggunaan aplikasi ini menjadi tidak maksimal, seperti;

  • Nama kontak tidak muncul di daftar teman WhatsApp, hanya ada tampilan nomor saja seperti belum pernah menyimpan nomor tersebut.
  • Aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirimkan pesan karena tidak ada kontak yang dapat dihubungi.
  • WhatsApp tidak bisa digunakan untuk mengirim gambar.
  • Aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan untuk menerima foto atau gambar dalam pesan.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak di HP

Sebagai catatan, pada tutorial ini saya menggunakan smartphone dengan operasi sistem Android. Caranya cukup mudah dilakukan.

Berikut cara mengizinkan WhatsApp untuk mengakses kontak di smartphone:

  • Buka Pengaturan di HP Anda
  • Masuk ke menu Aplikasi
  • Cari aplikasi WhatsApp
  • Pilih menu Kontak
  • Pilih Izinkan

Berikut ini penjelasan detilnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan di smartphone Android Anda.

Langkah 2: Ketuk menu Aplikasi.

Langkah 3: Cari dan ketuk aplikasi WhatsApp.

Langkah 4: Pilih menu Izin.

Langkah 5: Ketuk menu Kontak, lalu pilih Izinkan.

Setelah selesai melakukan pengaturan di atas, selanjutnya buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Coba buat chatting baru, Anda akan melihat daftar kontak yang bisa dihubungi via WhatsApp.

Selain memberikan izin mengakses Kontak, ada baiknya Anda juga memberikan izin akses untuk sistem lainnya di perangkat ponsel Anda. Misalnya Kamera, Penyimpanan, Galeri, dan lainnya.

Intinya, jika Anda ingin menggunakan semua fitur WhatsApp maka sebaiknya memberikan izin akses pada semua sistem di smartphone Anda.

Baa juga: Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Bagaimana Jika Kontak WhatsApp Tidak Muncul Meski Sudah Diberi Akses?

Pada kasus tertentu, daftar kontak WhatsApp tidak muncul meskipun aplikasi ini sudah diberikan izin akses kontak.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Membersihkan Data WhatsApp

Langkah ini berfungsi untuk menghapus file cache yang tersimpan di smartphone. Cache tersebut masih meyimpan pengaturan yang lama sehingga perlu dihapus.

Namun, menghapus cache juga akan membuat akun WhatsApp Anda logout. Jadi, mungkin Anda perlu melakukan backup data WhatsApp Anda.

2. Memperbarui Aplikasi WhatsApp

Memperbarui atau mengupdate aplikasi WhatsApp akan mengganti versi lama dengan versi terbaru. Hal ini berguna untuk memperbaiki bug atau error di versi sebelumnya.

3. Menginstal Ulang Aplikasi WhatsApp

Langkah ini bisa dilakukan jika ada bug atau error pada aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Misalnya karena ada file corrupt.

4. Periksa Apakah Kontak Diblokir

Terkadang kita tidak sadar pernah memblokir nomor orang lain. Nomor yang pernah diblokir tidak akan terlihat di kontak WhatsApp. Jadi Anda perlu menghapus blokir tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas sekarang kita mengerti bahwa memberikan izin akses kontak pada WhatsApp merupakan sesuatu yang penting.

Jika tidak memberikan izin akses kepada aplikasi tersebut, maka Anda tidak bisa menggunakan fitur chatting dari aplikasi WhatsApp, atau bahkan akan terjadi error.

Sebagai catatan, tutorial di atas dapat diterapkan pada smartphone dengan OS Android. Namun, tidak menutup kemungkinan ada sedikit perbedaan tampilan pada merek HP yang berbeda.

OK, cukup sekian penjelasannya. Jika Anda pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Artikel lain: Cara Mengirim Pesan Broadcast di WhatsApp

Tinggalkan Balasan