5 Cara Menghemat Perjalanan Bisnis, Bayar Bisa Belakangan dan Lebih Murah

Cara Menghemat Perjalanan Bisnis

Ilustrasi Perjalanan Bisnis

Sebagian besar orang pasti mencari cara menghemat perjalanan bisnis ketika sedang ada urusan ke luar kota. Beberapa keperluan perjalanan seperti membeli tiket pesawat, mencari tempat menginap, dan keperluan lainnya biasanya menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan.

Seringkali aktivitas mencari akomodasi ini menyita banyak waktu. Apalagi bila ada beberapa tempat pertemuan yang harus dijalani. Akomodasi ini harus dipersiapkan dengan baik dan sejak dini agar tim yang dikirim ke luar kota tidak terkendala masalah akomodasi.

Perusahaan harus memperhitungkan semua biaya untuk akomodasi tersebut agar lebih hemat dan tepat sasaran. Tentunya untuk melakukan hal ini sebuah perusahaan akan membutuhkan bantuan dari pihak lain. Salah satu caranya adalah dengan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengurus masalah akomodasi perjalanan bisnis perusahaan Anda.

5 Cara Menghemat Perjalanan Bisnis Anda

Perjalanan bisnis ke luar kota tidak bisa dianggap sepele. Apalagi bila harus bertemu dengan client penting yang harus ditemui tepat waktu.

Perjalanan bisnis seharusnya bisa dilakukan dengan lebih hemat dengan melakukan bebebrapa tips mudah berikut ini:




1. Mencari Maskapai Penerbangan yang Murah

Murah bukan berarti kualitas layananannya buruk, karena ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan harga kompetitif dengan layanan maksimal. Untuk mencari informasi tiket perjalanan bisnis yang murah kita bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi Traveloka.

Lalu bagaimana jika tiket murah yang dicari ternyata sudah tidak ada? Dalam hal ini kita harus melihat urgensi perjalanan bisnistersebut, bila memang sangat penting maka tidak ada jalan lain selain membeli tiket dengan harga yang ada.

Namun, bila masih memungkinkan untuk mengundur jadwal pertemuan maka kita bisa membeli tiket pesawat yang lebih murah dari jauh hari.

2. Bekerjasama Dengan Layanan Booking Hotel

Dalam perjalanan bisnis ke luar kota pasti membutuhkan tempat penginapan, misalnya hotel. Seperti kita tahu, tidak semua hotel berkualitas bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun, beberapa hotel dengan fasilitas standar dan memadai bisa didapatkan dengan harga murah.

Bila perusahaan Anda rutin melakukan perjalanan bisnis, maka sangat disarankan untuk bekerjasama dengan layanan booking hotel murah. Salah satu layanan yang bisa dipertimbangkan adalah Airy Rooms. (http://business.airyrooms.com).




Airy Rooms memiliki layanan kerjasama Airy for Business dimana tim dari perusahaan partner bisa mendapatkan pelayanan penginapan yang lebih murah. Beberapa fitur Airy for Business antara lain:

  • Pergi sekarang, bayar belakangan; Anda bisa check-in kapan saja dengan termin pembayaran yang fleksibel
  • Promo dan Cashback; biaya penginapan lebih murah dari harga normal dan kesempatan mendapatkan cashback
  • Kamar terjamin; jaringan hotel tersebar di 70 kota di Indonesia sehingga lebih mudah mendapatkan tempat penginapan di kota tujuan perjalanan bisnis

3. Menggunakan Transportasi Umum atau Taksi Online

Cara menghemat perjalanan bisnis berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan transportasi umum atau taksi online. Alasannya, biasanya taksi konvensional menerapkan biaya yang lebih mahal ketimbang taksi online atau transportasi umum.

Anda akan menghemat banyak jika menggunakan transportasi umum dari bandara menuju hotel atau ke tempat pertemuan. Namun, bila ingin transportasi yang lebih nyaman dan cepat maka Anda bisa menggunakan taksi online.

4. Makan di Restoran Murah

Sarapan pagi biasanya disediakan oleh pihak hotel sebagai salah satu layanan. Namun, ada beberapa hotel yang tidak memberikan sarapan kepada para tamu. Nah, bila Anda kebetulan menginap di hotel yang tidak memberikan sarapan, maka ketika Anda tiba di hotel sebaiknya mencari tahu tempat makan yang murah.

Murah bukan berarti tidak enak dan tidak sehat. Justru seringkali harga makanan yang mahal dikarenakan brand restoran atau karena gengsi dari para tamu mereka. Faktanya, ada banyak sekali restoran murah atau warung makan sederhana yang menyediakan makanan enak, murah, dan sehat.

5. Tidak Perlu Beli Oleh-Oleh

Harus diingat bahwa perjalanan Anda ke luar kota adalah urusan pekerjaan, bukan sedang liburan. Oleh karena itu, sebaiknya tidak usah membeli oleh-oleh karena ini bisa membuat pengeluaran menjadi ‘membengkak’.

Seringkali seseorang yang melakukan perjalanan bisnis merasa harus memberikan oleh-oleh kepada keluarga atau temannya karena telah mengunjungi kota tertentu. Mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah hal yang wajar, namun pada kenyataanya ini akan membuat seseorang menjadi lebih boros.

Baca juga: 5 Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis

Di atas tadi adalah beberapa cara menghemat perjalanan bisnis yang bisa kita lakukan. Sebenarnya masih ada cara lainnya, namun yang lima hal yang disebutkan di atas adalah yang paling memberikan dampak pada usaha penghematan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud