Cara Cerdas Menghemat Belanja Dengan Memanfaatkan Teknologi

Cara cerdas menghemat belanja

Kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Kita tidak bisa menghentikannya, cara yang paling bijak adalah menyesuaikan diri dengan pesatnya kemajuan teknologi.

Kemudahan-kemudahan yang didapatkan dari adanya berbagai macam teknologi modern memang sangat memanjakan kehidupan kita saat ini. Bahkan dalam urusan jual beli, belanja dan berbagai aspek kehidupan sangat terbantu dengan adanya kecanggihan teknologi.

Namun demikian, kita harus waspada dan bersikap bijak dalam menghadapi kecanggihan tersebut. Mengapa? Karena berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi canggih justru bisa membuat kita terlena dan menjadi korban.

Salah satu contoh sederhana adalah aktivitas belanja online di marketplace. Sekarang belanja apapun bisa dilakukan hanya dari kamar saja. Sebenarnya, ini sangat riskan untuk kesehatan keuangan Anda, karena seringkali karena begitu mudahnya berbelanja membuat kita lupa diri dan hilang kontrol.

Oleh karena itu, manfaatkanlah teknologi dengan bijak dan lebih cerdas. Berbelanja lebih hemat dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi pun sebenarnya bisa Anda lakukan, perhatikan beberapa cara berikut ini.

1. Melihat Promo Melalui Media Sosial

Saat ini, media sosial punya peranan penting bagi kehidupan masyarakat Indonseia. Semua pengguna smartphone pasti memiliki akun sosial media yang digunakan untuk beragam keperluan.

Media sosial bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk menghemat belanja Anda. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti media sosial toko langganan Anda.

Dengan cara ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengetahui update informasi mengenai promo maupun fitur terbaru dari toko langganan Anda.

Biasanya, toko juga sering mengadakan kuis berhadiah yang juga bisa Anda manfaatkan, meski seperti cara yang sangat sederhana, namun cara ini cukup efektif membantu meringankan belanja Anda.

2. Memanfaatkan Sistem Referral

Cara selanjutnya, kita bisa memanfaatkan sistem referral yang sering kita jumpai dari beberapa toko online. Biasanya, cara ini adalah situs toko online menyediakan fitur kode voucher yang bisa ditebus dengan “saldo uang” pada aplikasi tersebut.

Untuk sistem dari aplikasi referral ini adalah yang berupa ketika  seseorang memakainya maka orang lain memungkinkan seseorang mendapatkan tambahan saldo. Nah, dari sini biasanya orang yang mempunyai kode referral akan mendapatkan keuntungan berupa tambahan saldo.

3. Dapatkan Info Penting Melalui Langganan Newsletter

Selain memanfaatkan media sosial, kita juga bisa berlangganan newsletter melalui email untuk mendapatkan informasi penting dari marketpalce atau toko online. Untuk berlangganan, Anda bisa mendaftar jadi anggota dari situs dan juga aplikasi online.

Newsletter ini biasanya berisi informasi-informasi penting seperti promo, diskon, maupun program-program penting yang lainnya. Dan ini sangat menguntungkan sekali, karena kita akan bisa mendapatkan informasi penting terlebih dulu dari pada orang lain yang tidak berlangganan newsletter.

4. Memanfaatkan Penawaran Melalui Unduhan Aplikasi

Saat ini, banyak sekali bisnis offline yang memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Dan biasanya, situs belanja tersebut  banyak yang menggunakan aplikasi untuk mendukung kampanye pemasaran mereka.

Aplikasi untuk smartphone ini sering juga digunakan untuk sarana promosi bagi para situs belanja online dengan memberikan penawaran khusus ketika mengunduh aplikasi khusus ini.

Misalnya, diskon khusus kepada pengguna aplikasi mereka. Kita juga bisa memanfaatkan momen seperti ini dengan ikut serta mengunduh dan memanfaatkan penawaran khusus dari mereka.

5. Memanfaatkan Kartu Kredit

Saat ini, hampir semua bank bekerja sama dengan toko ritel atau situs toko belanja online. Kerja sama ini biasanya berupa pemberian promo khusus untuk para konsumen yang berbelanja menggunakan kartu kreadit.

Promo yang umum diberikan dari kerjasama dengan bank ini biasanya berupa diskon atau cicilan nol persen. Kita bisa memanfaatkan promo seperti ini, terutama bagi mereka yang memiliki kartu kredit.

Promo semacam ini sangat membantu meringankan beban belanja Anda meski hanya sedikit. Jadi, sebisa mungkin Anda harus bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit dengan mengambil promo seperti ini.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat belanja dengan memanfaatkan keberadaan teknologi. Memang semuanya menjadi semakin mudah dengan adanya teknologi, namun kita tetap harus bersikap bijak agar tidak terjebak dengan kemudahan yang justru akan merugikan diri sendiri.

Baca juga: 6 Bahaya Belanja Online yang Harus Diwaspadai

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Tinggalkan Balasan