Cara Menata Warung Kecil Agar Menarik Bagi Pelanggan

Cara Menata Warung Kecil

Warung via Flickr

Mengetahui cara menata warung kecil dengan baik adalah salah satu hal yang sangat penting bagi para pemilik toko kelontong atau warung sembako. Toko kelontong biasanya menyediakan berbagai jenis kebutuhan rumah tangga, sehingga dalam ruangan toko terdapat banyak sekali barang dengan di berbagai sudut.

Agar ruangan warung kecil Anda tidak menjadi sumuk dan membuat pelanggan merasa tidak nyaman, maka Anda harus menata warung kecil tersebut dengan baik. Percaya atau tidak, ruangan warung kecil yang tertata dengan lebih rapih akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dan mau kembali lagi berbelanja lagi di warung Anda.

Menata warung kecil memang punya tantangan tersendiri karena ruangannya terbatas. Namun, bagaimanapun juga Anda harus bisa menempatkan barang dagangan dengan baik dan rapih agar mudah dijangkau dan membuat pelanggan nyaman.

Empat Cara Menata Warung Kecil Agar Terlihat Rapih

Memang rejeki warung itu di tangan Tuhan, tapi sebagai manusia kita juga harus mengupayakannya semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah melakukan berbagai cara menata warung dengan rapih.

Berikut ini adalah cara menata warung kecil yang bisa kita lakukan:




1. Maksimalkan Bagian Dinding Warung

Cara menata warung kecil pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan bagian dinding warung itu sendiri. Langkah pertama adalah dengan memberikan warna menarik pada dinding warung, bisa dengan cat ataupun wallpaper.

Ruangan kecil bisa terlihat lebih lega bila diberi warna dan tata ruang yang tepat. Memberikan warna cerah pada dinding warung kecil akan membuat suasana dalam ruangan tersebut menjadi lebih unik.

Untuk pilihan warna dinding warung, Anda bisa menggunakan warna putih, kuning, biru muda, atau kombinasi dengan warna lain.

Artikel lain: Peluang Usaha Warung Sembako, Bagaimana Prospeknya Saat Ini?

2. Memajang Dagangan dengan Baik

Banyak orang menyebutkan bahwa memajang produk secara vertikal akan lebih baik ketimbang memajangnya secara horizontal. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya memajang dagangan secara vertikal akan memaksimalkan ruangan yang ada.

Walaupun warung Anda berukuran kecil, dengan memajang dagangan secara vertikal maka jumlah dagangan yang bisa dipajang akan lebih banyak. Selain itu, memajang dagangan secara vertikal juga akan membuat ruangan terlihat lebih menarik.




Untuk mendapat efek yang lebih baik secara visual, kita bisa menggantung rak untuk display dagangan pada ketinggian yang berbeda. Dengan begitu kita bisa mendapat dua keuntungan, menghemat tempat dan juga display dagangan yang lebih menarik.

3.  Hindari Kesan Berantakan di Warung Anda

Warung berukuran kecil dan sempit bukan berarti kita tidak bisa mengaturnya menjadi lebih rapih. Memang ini tidak mudah, tapi Anda harus berusaha untuk berkreasi dalam mendekor ruangan warung kecil Anda tersebut.

Memang warung sembako selalu berisi berbagai kebutuhan pokok manusia dan tak jarang membuat ruangan warung terlihat berantakan.

Cara menata warung kecil agar rapih bisa dilakukan dengan cara memberikan warna-warna netral pada furnitur dan barang-barand yang ukurannya besar di dalam warung. Warna yang bisa digunakan adalah putih gading dan abu-abu. Pastikan juga untuk mengatur posisi barang dagangan sesuai dengan kategorinya.

4. Susun Barang Dagangan dengan Rapih

Menata warung kecil memang butuh kesabaran karena ruang yang sempit harus ditata dengan sedemikian rupa. Susunlah barang sesuai dengan kategorinya masing-masing. Misalnya yang berhubungan dengan toiletries seperti sabun, shampo, pasta gigi, dan lain sebagainya, susun semuanya dalam rak yang sama dengan sekat pemisah.

Dengan menyusun barang dagangan sesuai dengan kategori tertentu, maka Anda maupun pelanggan akan lebih mudah menemukan dan menjangkaunya. Selain itu, dengan menata rapih barang dagangan maka secara visual warung kecil Anda akan lebih enak dipandang.

Baca juga: 5 Sumber Inspirasi Bisnis yang Layak Anda Gali untuk Membangun Usaha Sendiri

PENUTUP

Di atas tadi adalah cara menata warung kecil yang bisa langsung Anda praktekkan. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terkesan sepele, tapi sebenarnya menata warung kecil dengan rapih akan memberikan dampak yang cukup besar bagi perkembangan sebuah warung kecil. Bila Anda tidak percaya, silahkan buktikan sendiri.



4 total comments on this postSubmit yours
  1. sepakat, kalau penataannya pas, maka warung keliatan rame n banyak barangnya.

  2. Dalam dunia marketing ini biasanya untuk membuat pajangan di toko juga suka dibantu sama md atau merchandiser dari perusahaan gitu buat bantuin display produk di toko lebih rapih juga

  3. untuk memajang barang juga hati – hati jangan sembarangan. Biasanya klo di toko tertentu pajangan nya juga ada yang dibayar juga oleh pemilik produk nya itu buat display produk mereka sendiri..
    jadi lebih baik klo menata produk di warung itu disediakan tempat untuk produk yang berbayar dan produk lainnya.

  4. Masukan buat menata warung ini menjadi masukan buat saya gan, terima kasiih informasinya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud