Cara Membuat Google Plus Pages atau Halaman Penggemar di Google+

Cara Membuat Google Plus Pages atau Halaman Penggemar di Google+

Image dari Thechefkatrina.com
Image dari Thechefkatrina.com

Siapa sih yang tidak kenal Google Plus, situs #media sosial kepunyaan Google yang sedang mengalami kenaikan tren dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun masih berada di bawah Facebook dan Twitter dalam hal popularitas, Google Plus tidak diragukan lagi termasuk dalam media sosial terbesar di dunia.

Di Indonesia sendiri Google Plus juga memiliki banyak pengguna dan masih akan bertambah setiap harinya. Kepopuleran Google Plus ini bukan tanpa alasan, selain karena dimiliki oleh raksasa internet Google. Penyebab populernya Google Plus adalah karena jejaring sosial ini memiliki banyak sekali fitur dan keunggulan, misalnya saja dalam pandangan internet marketing Google Plus bisa menjadi tempat promosi yang ampuh.

Fitur dari #Google Plus yang cukup diperhitungkan saat ini adalah Google Plus Page yang juga menjadi satu dengan Google for Business. Google Plus Page bisa dikatakan mirip dengan Fanspage pada Facebook, anda sebagai admin halaman akan berkomunikasi dengan para penggemar atau follower melalui post-post yang anda bagikan di halaman.

Artikel lain: Cara Membuat Akun Google Plus (Google+) Dengan Mudah

Google Plus Page bisa mencakup berbagai kategori, anda bisa membuat halaman yang berkaitan dengan blog, komunitas, atau organisasi tertentu. Anda juga bisa membuat halaman tentang bisnis yang sudah ada dan memiliki toko resmi di dunia nyata, serta menggunakannya bersamaan dengan #Google for Business.

Cara Membuat Google Plus Pages Dengan Mudah

Dari penjelasan diatas, kurang lebih tentunya anda sudah mengerti mengenai Google Plus Pages atau halaman penggemar di Google Plus. Sedangkan untuk cara membuat Google Plus Pages cukup mudah karena hanya perlu melalui beberapa langkah. Dan tentunya anda harus memiliki akun Google Plus terlebih dahulu yang nantinya akan berfungsi sebagai admin. Untuk detail penjelasannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan login ke google plus dengan akun Google anda, kemudian pada menu di beranda Google Plus silahkan pilih Pages seperti pada gambar.

googlepage_1

2. Anda akan diarahkan pada halaman berisi daftar halaman google plus yang sudah anda buat, dan jika anda belum membuat satu pun halaman maka yang muncul adalah tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Silahkan klik pada Get Your Page untuk mulai membuat halaman penggemar google plus.

googlepage_2

3. Di halaman berikutnya, anda harus memilih tipe halaman yang anda buat apakah halaman untuk bisnis anda yang sudah berjalan dan memiliki alamat resmi (toko, hotel), layanan pada area tertentu (antar makanan, jasa perbaikan) atau halaman yang berkaitan dengan brand.

googlepage_3

Jika anda memilih Storefront atau Service Area pada pilihan tipe halaman yang anda buat di Google Plus, anda diharuskan untuk menghubungkannya dengan Google for Business dengan cara menentukan alamat resmi bisnis anda. Namun untuk artikel tutorial ini, saya akan memilih pembuatan halaman untuk Brand yang tidak memerlukan verifikasi alamat.

Brand cocok dipilih jika anda ingin membuat halaman penggemar untuk blog anda, toko yang masih berstatus #toko online dan belum memiliki alamat resmi, dll.

4. Halaman selanjutnya adalah melakukkan input informasi mendasar untuk halaman anda mulai dari nama halaman yang ingin anda buat, alamat #website, dan tipe halaman. Jagan lupa centang pada I agree to the Pages Terms and I am authorized to create this page sebelum anda mengeklik Create Page.

googlepage_4

5. Sampai disini halaman anda sudah jadi dan anda akan dihadapkan pada tawaran untuk melakukkan tour singkat seputar halaman google plus. Anda bisa mengikutinya dengan dengan mengeklik Get Started atau menolak dengan mengeklik Skip tour.

googlepage_5

6. Selanjutnya anda bisa mengisi berbagai hal yang masih kosong seputar halaman anda mulai dari verifikasi website, menambah foto profil, menambah tagline halaman, menambah kontak, deskripsi singkat mengenai halaman, dll. Kelengkapan informasi akan ditunjukan dengan presentase (%) sehingga anda bisa mengetahui apakah informasi halaman anda sudah lengkap atau belum.

googlepage_6

7. Scroll dan anda akan menemukan bagian Share dan Insight. Share digunakan untuk berbagi dengan para penggemar. Anda bisa membagikan gambar, video #youtube, link, acara, sampai dengan polling. Insight digunakan untuk melihat statistik pencapaian halaman anda selama 30 hari terakhir. Karena halaman dibawah baru dibuat, maka statistiknya menujukkan angka 0.

googlepage_7

Sampai disini, anda sudah bisa mulai mempromosikan halaman penggemar anda di Google Plus untuk mulai menjaring para follower dan kemudian mulai berbagi informasi bermanfaat. Jangan lupa juga untuk melengkapi semua informasi mengenai halaman agar halaman anda menjadi lebih kredibel. Sekian untuk artikel kali ini, dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

4 KOMENTAR

  1. Sekarang sudah berubah, tidak bisa menemukan menu Page di beranda google plus kita.
    Bingung juga dengan koleksi page-page yang sudah saya buat. Dimana tempatnya…

  2. batikproboparon

    google + memang banyak memberikan manfaat, saya pikir selain facebook, medsos ini sangat menarik. Namun tidak terlalu banyak teman di fb saya yang familier dengan google +. Mungkin karena belum banyak mengetahui manfaat dari medsos satu ini. makasih artikelnya, menambah wawasan bagi kawan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan