Cara Membuat Akun Google Plus (Google+) Dengan Mudah

Cara-Membuat-Akun-Google-PlusGoogle Plus (Google+) adalah jejaring sosial yang dimiliki oleh raksasa internet #Google. Setelah resmi dirilis, Google Plus memiliki banyak pendaftar baru meskipun dalam urusan pamor masih berada dibawah Facebook dan Twitter yang dikenal sebagai 2 social media terbesar di dunia.

Banyaknya pengguna Google Plus tidak lepas dari saling terhubungnya layanan Google dalam satu akun. Jika anda memiliki akun Gmail, maka secara otomatis anda bisa menggunakan layanan lainnya termasuk Blogger, Drive, dan tentu saja jejaring sosial Google Plus.

Mari kita menilik kebelakang, beberapa bulan setelah #Google Plus diluncurkan. Google sempat meluncurkan fitur authorsip menggunakan Google Plus untuk para blogger yang bisa membuat nama dan profil Google plus-nya nampak di hasil pencarian di mesin pencari Google. Namun karena banyak terjadi penyalahgunaan fitur authorship dengan profil Google Plus, akhirnya fitur ini dihapuskan.

Di Indonesia sendiri, penggunaan Google Plus untuk para blogger lebih ditekankan pada tujuan untuk meraup banyak traffic. Lihat saja, anda akan dengan mudah menemukan profil orang-orang dengan jumlah pengikut ribuan dan memiliki banyak sekali share yang menuju ke beberapa blog tertentu.

Proses pembuatan akun Google Plus sendiri cukup mudah, asalkan anda memiliki akun Google maka anda bisa berproses langsung menuju Google+. Namun dalam penjelasan ini saya akan memberikan panduan dari sangat mendasar, dimulai dari pembuatan akun Google terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka browser favorit anda, bisa Google Chrome atau Firefox. Setelah itu buka halaman berikut ini: https://mail.google.com/intl/en/mail/help/about.html

2. Perhatikan pada bagian pojok kanan atas, disana terdapat link untuk Sign in dan Create an Account. Karena disini kita akan membuat akun google yang baru, silahkan klik pada Create an Account.




gmail_1

3. Setelah itu anda akan diarahkan pada halaman Create your Google Account dimana anda harus mengisi form-form yang ada dengan identitas anda. Informasi-informasi tersebut akan digunakan pada profil Google Plus anda. Untuk penjelasan tiap form bisa anda lihat dibawah gambar.

gmail_2

  • Name : Silahkan isi dengan nama depan dan nama belakang anda
  • Choose your username : Isi dengan username anda di gmail, misalnya username blogger.max akan membuat alamat email di gmail nantinya menjadi [email protected]
  • Create a password : Isi dengan password anda, minimal 8 karakter. Usahakan password tersebut memiliki kombinasi angka dan tanda baca agar lebih kuat dan tidak mudah ditebak orang. Dan rekomendasi dari saya, jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama orang tertentu.
  • Confirm your password : masukkan ulang password yang anda inginkan, harus sama persis dengan password yang diatas.
  • Birthday : Tanggal, bulan, dan tahun kelahiran
  • Gender : Jenis kelamin, pilihan : Male – Female
  • Mobile phone : Isi dengan nomor telepon anda, digunakan untuk pengiriman kode verifikasi akun gmail
  • Your current email address : Email anda yang lain (boleh gmail atau non gmail), boleh dikosongkan jika anda tidak memiliki email lain.
  • Prove you’re not robot : Isikan captcha sesuai dengan yang tersedia.

Location : Secara otomatis akan memilih Indonesia kecuali anda berada di negara lain atau menggunakan vpn yang membuat lokasi anda berada di luar Indonesia.

4. Berikan centang pada I agree to Google Terms of Service and Privacy Policy, kemudian klik Next Step.

gmail_3

5. Di halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk melakukkan verifikasi. Kode verifikasi akan dikirim ke nomor telepon yang anda gunakan untuk mendaftar anda anda diharuskan untuk memverifikasi sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

6. Proses selanjutnya adalah mengisi detail profil Google+ karena akun gmail terpaut dengan semua layanan google termasuk google+. Dimulai dengan memasukkan foto profil, detail lainnya, serta memilih profil orang yang akan anda follow, dan seterusnya.

7. Untuk masuk ke profil Google Plus, anda bisa langsung membuka https://plus.google.com maka anda akan diarahkan pada halaman panduan. Yang pertama adalah memilih orang untuk di follow. Dilanjutkan dengan mem-follow akun bisnis, halaman, dan komunitas tertentu. Setelah selesai, klik pada Continue.

plus_1 8. Langkah selanjutnya adalah mengisi informasi pekerjaan, sekolah, dan menambah foto profil yang mana informasinya akan ditampilkan di sebelah kanan. Setelah selesai, klik pada Finish dan anda akan diarahkan pada halaman depan google plus.




plus_2

9. Sampai di tahapan ini, akun Google Plus anda telah selesai dibuat. Untuk melakukkan manage akun Google Plus baik itu untuk memanage profil, masuk homepage, membuat halaman, komunitas, dll. Anda bisa memanfaatkan menu yang berada di sebelah kanan halaman.

plus_3

Akun Google Plus anda sudah siap digunakan dan anda sudah bisa mulai berbagai banyak hal dengan teman-teman anda baik itu video Youtube, link, gambar, dan lainnya. Anda juga bisa berkomentar di #YouTube secara langsung menggunakan Google Plus dan setiap komentar yang anda tinggalkan baik itu di Youtube maupun di website yang menggunakan embed komentar Google Plus akan muncul di halaman profil anda. Sekian untuk artikel kali ini, dan terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. berlajar special english conversation

  2. Saya ingin membuat profil

  3. It iss good

  4. MMM..artikel cukup membantu saya,,,mksih admin

  5. Langsung di praktekin cara bikin G+ nya…. makasih banyak ya infonya

  6. Google memang lebih keren dibanding fb. Tapi, google sulit di kelola dengan ponsel.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud