Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form

Cara-Membuat-Formulir-Online

Tentunya kita sudah tahu bahwa Google Docs sudah diintegrasikan dengan Google Drive, membuat semua aktivitas penyimpanan dan pengeditan file bisa dilakukkan dalam 1 layanan yang disediakan oleh Google. Google Drive memiliki banyak sekali fitur dan layanan mulai dari pembuatan dokumen dalam berbagai format seperti word dan excel, menyediakan penyimpanan cloud sebesar 15GB, sampai fitur untuk membuat form secara online.

Form Online Google mungkin sering anda temui dalam aktivitas anda di Internet. Saya sendiri sering menemui form-form yang dibuat dengan menggunakan Google Form di #social media, saat beberapa teman yang sedang mengerjakan tugas survey membuat kuisioner dan menyebarkan linknya untuk mendapatkan data survey. Selain itu saya juga sering menemui form Google saat mendaftar event-event tertentu yang diadakan oleh komunitas, disana form berfungsi untuk mengumpulkan data peserta yang akan mengikuti acara.

Dan beberapa hari yang lalu, saya dimintai oleh seorang teman saya untuk mengajarinya membuat formulir pendaftaran online menggunakan Google Form. Dan itu juga mengingatkan saya untuk menulis mengenai tutorial membuat formulir online menggunakan Google form di blog ini, siapa tahu bisa membantu banyak orang yang sedang bingung mencari informasi tentang cara membuat formulir online.

Karena Google Form adalah bagian dari Google Drive, maka Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Silahkan registrasi terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun Google. Jika akun #Google Anda telah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat formulir online menggunakan Google drive.

1. Silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Google Anda:

googledrive 0

2. Setelah masuk Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.

gform_1

3. Anda akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:

gform_2

4. Anda bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul anda sendiri. Sebagai contoh saya menggantinya menjadi Contoh Form Pendaftaran Olimpiade. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama itu adalah form pertama yang disediakan.

gform_3

Dari input diatas jadinya akan seperti ini :
gform_3_1

5. Klik pada Add Item yang berada di bagian bawah untuk menambah form baru, Anda bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin anda tambah. Anda bisa menambah form dalam bentuk teks seperti form Nama diatas atau dengan bentuk yang lain.
gform_4

6. Sebagai contoh saya akan membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.
gform_5

7. Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Anda juga dipersilahkan untuk berkreasi.

8. Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah form nanti disubmit oleh pengisi form, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan anda. Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silahkan klik Send Form.




gform_6

9. Jendela baru yang berisi URL form anda akan muncul, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.

gform_7

10. Silahkan buka form anda menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini :

gform_8

11. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan anda sudah bisa menyebarkan URL Form anda pada orang-orang. Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.
gform_9

Baca juga: Bekerja Menggunakan Google Docs Secara Offline

Contoh di atas hanya menunjukkan cara membuat formulir online untuk pendaftaran, namun Anda bisa mengaplikasikannya untuk membuat berbagai jenis form mulai dari form kontak, form untuk pemesanan barang, form kuisioner dan survey untuk mengerjakan skripsi, dan masih banyak lagi. Sekian untuk tutorial kali ini, terima kasih sudah membaca.



32 total comments on this postSubmit yours
  1. Apakah ada cara agar pesan dari google form bisa masuk ke email mas.. terima kasih

  2. thanks bro,
    lagi cari pencerahan buat formulir pengajuan

  3. Mau tanya, bisakah mengedit data form yg sudah masuk ke kita. Ada kesalahan penulisan nama di form yg kita dapat, terima kasih…

  4. Kalau buat kolom untuk buat komentar/pengaduan gimana ya min..?

    • komentar pengaduan bisa dibuat dengan menambahkan item (add Item) Paragraph text

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud