Beranda Tutorial Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form

Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form

Cara-Membuat-Formulir-Online

Tentunya kita sudah tahu bahwa Google Docs sudah diintegrasikan dengan Google Drive, membuat semua aktivitas penyimpanan dan pengeditan file bisa dilakukkan dalam 1 layanan yang disediakan oleh Google. Google Drive memiliki banyak sekali fitur dan layanan mulai dari pembuatan dokumen dalam berbagai format seperti word dan excel, menyediakan penyimpanan cloud sebesar 15GB, sampai fitur untuk membuat form secara online.

Form Online Google mungkin sering anda temui dalam aktivitas anda di Internet. Saya sendiri sering menemui form-form yang dibuat dengan menggunakan Google Form di #social media, saat beberapa teman yang sedang mengerjakan tugas survey membuat kuisioner dan menyebarkan linknya untuk mendapatkan data survey. Selain itu saya juga sering menemui form Google saat mendaftar event-event tertentu yang diadakan oleh komunitas, disana form berfungsi untuk mengumpulkan data peserta yang akan mengikuti acara.

Dan beberapa hari yang lalu, saya dimintai oleh seorang teman saya untuk mengajarinya membuat formulir pendaftaran online menggunakan Google Form. Dan itu juga mengingatkan saya untuk menulis mengenai tutorial membuat formulir online menggunakan Google form di blog ini, siapa tahu bisa membantu banyak orang yang sedang bingung mencari informasi tentang cara membuat formulir online.

Karena Google Form adalah bagian dari Google Drive, maka Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Silahkan registrasi terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun Google. Jika akun #Google Anda telah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat formulir online menggunakan Google drive.

1. Silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Google Anda:

googledrive 0

2. Setelah masuk Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.

gform_1

3. Anda akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:

gform_2

4. Anda bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul anda sendiri. Sebagai contoh saya menggantinya menjadi Contoh Form Pendaftaran Olimpiade. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama itu adalah form pertama yang disediakan.

gform_3

Dari input diatas jadinya akan seperti ini :
gform_3_1

5. Klik pada Add Item yang berada di bagian bawah untuk menambah form baru, Anda bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin anda tambah. Anda bisa menambah form dalam bentuk teks seperti form Nama diatas atau dengan bentuk yang lain.
gform_4

6. Sebagai contoh saya akan membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.
gform_5

7. Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Anda juga dipersilahkan untuk berkreasi.

8. Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah form nanti disubmit oleh pengisi form, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan anda. Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silahkan klik Send Form.

gform_6

9. Jendela baru yang berisi URL form anda akan muncul, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.

gform_7

10. Silahkan buka form anda menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini :

gform_8

11. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan anda sudah bisa menyebarkan URL Form anda pada orang-orang. Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.
gform_9

Baca juga: Bekerja Menggunakan Google Docs Secara Offline

Contoh di atas hanya menunjukkan cara membuat formulir online untuk pendaftaran, namun Anda bisa mengaplikasikannya untuk membuat berbagai jenis form mulai dari form kontak, form untuk pemesanan barang, form kuisioner dan survey untuk mengerjakan skripsi, dan masih banyak lagi. Sekian untuk tutorial kali ini, terima kasih sudah membaca.

37 KOMENTAR

  1. Bagaimana cara menambahkan confirmation page pada formulir yg telah dibuat?

  2. Saya ingin bertanya apakah setelah kita membuat formulir pendaftaran bisa seperti pendafataran cpns, respon pengisi formulir dapat mencetak kartu tes ?

  3. untuk pengisian alamat, bagaimana cara membuat pilihan otomatis wilayah, yang dimulai dari pilihan Provinsi, Kab/Kota hingga Kecamatan? mohon ajarannya..terima kasih

  4. cara menjadi kaya

    saya mau mencobanya,akan tetapi jika user kita memasuki dan mendaftar kan dalam formulir tersebut,apakah masih tetap di halaman web kita sendiri,atau memang masuk ke dalam form google langsung?

  5. Kalau otomatis memunculkan nomor pendaftaran, agar pendaftar tahu sudah nomor ke berapa, bisa nda ya?

  6. Apakah ada cara agar pesan dari google form bisa masuk ke email mas.. terima kasih

  7. Mau tanya, bisakah mengedit data form yg sudah masuk ke kita. Ada kesalahan penulisan nama di form yg kita dapat, terima kasih…

  8. tentangwebsites

    Kalau buat kolom untuk buat komentar/pengaduan gimana ya min..?

    • komentar pengaduan bisa dibuat dengan menambahkan item (add Item) Paragraph text

  9. MTsN 2 Mukomuko

    Bagus dan sangat membantu, tapi ada cara untuk upload file nggak ya? supaya kalau pendaftaran bisa langsung kirim file foto dan PDF nya?

  10. Mantap gan, ane juga butuh from buat data member blog

  11. maaf mau tanya. ini bagaimana cara menutup form, cara menutup pendaftarannya, tanpa harus menghapus form. sudah dicoba sampek seminggu belum nemu jawaban nya

  12. trims kak tutorialnya, sangat membantu

  13. bisa langsung cetak gak? hasil yg di input

    terimakasih

  14. Hallo. Thank you infonya. Mau tnya kak. Utk form yg masuk hrs dilihat response ya ga bs dpt notifikasi email gt misalnya? Mohon infonya. Thanks

  15. Saya cari tulisan seperti ini, akhirnya ketemu jg..trimakasih

  16. Operator Dapodik

    terima kasih tutorialnya mas, saya lagi butuh banget untuk membantu kelancaran tugas saya

  17. rila farila nofa

    Mas mau tanya, kalo buat google form bisa gak 1 pertanyaan ada 2 jawaban?? Soalnya saya mau bikin kuisioner yg membandingkan 2 produk gitu. Jadi biar responden isi keduanya dalam 1 pertanyaan. Mohon dibantu jawab ya. Terima kasih.

  18. Kebetulan nih, kami mau buat formulir pendaftaran secara online. Ini sangat bermanfaat sekali buat kami..

  19. kalo kita sudah buat kuesioner dalam bentuk google form. kemudian kita sebar ke responden. apakah penerima (responden) yang kita tuju juga harus memiliki akun google juga?

  20. mauu tanyaaa, kalau mau bikin pilihan sebelum masuk ke pertanyaan gimana?
    misal, saya mau buat pertanyaan antara anak dan dewasa kan berbeda, nah sebelum dia masuk ke pertanyaan itu respondennya disuruh milih dewasa atau anak gitu gimana?

    • bikin aja 2 form nanti sebelum orang isi form dikasih tau dulu ini link form untuk anak dan ini link form untuk dewasa

  21. membuat form lewat google. form actionnya bisa ke web mana saja mas bro?

  22. Muhammad Raizaldi Yahya

    Terima kasih atas informasinya, info yang sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya

  23. Mas Saya Mau bikin aplikasi online, gimana membuat form interaktif untuk data spreadsheetnya lebih dari satu sheet dan untuk membuat tombol lihat data dengan memfilter data itu dari form, bisa gak

  24. Terima KAsih atas Informasinya yang sangat Luar biasa… hal ini sudah dicoba dan berhasil…

  25. saya jadi marketer provider outbound di bogor mas, apakah cara ini juga bisa digunakan untuk membuat form reservasi? lalu apakah form yang diisikan nantinya bisa di direct langsung ke email?

    Terimakasih sebelumnya :D

  26. Mau nanya kalo pakek google form kan nantinya tidak bisa dilihat ulang ya kalau misalnya ada kesalahan,
    Caranya bikin formulir pendaftaran online yg bisa dicetak oleh pendaftar, bagaimana ya ?

  27. bagaimana melink kan ke blog kita ya ? supaya customer yang melihat blog kita bisa isi formulir pada blog kita ? terima kasih

  28. Toko Website.Com

    Benar2 tutorial yg menarik……nti dicoba aaaa!!!!! Selama ini sy buat form pakai plugin wordpress…..!!!!

  29. Terima kasih, gan saya udah praktekan di blog saya

  30. setelah saya baca dari pertama.. artikel ini penjelasannya sangat terperinci dan mudah untuk dicoba..JEMPOL untuk artikel ini…

  31. Selain google form apa lagi mas Max?

Tinggalkan Balasan