Mengenal Google Drive, Penggunaan dan Keunggulannya

Google Drive

Sebagai perusahaan raksasa dunia, Google Inc. memang akan selalu melakukan inovasi untuk memperkuat brand dan memperluas bisnisnya. Salah satu wujud inovasi Google yang sangat bermanfaat bagi penggunanya adalah Google Drive.

Google Drive yang merupakan layanan penyimpanan daring atau data layaknya Dropbox ini akan sangat berguna bagi para penggunanya karena memberikan space penyimpanan data sebanyak 15 GB secara gratis.

Pada awal peluncurannya bulan April 2012 silam, layanan ekstensi dari Google Docs ini hanya menyediakan kapasitas penyimpanan maksimum 5 GB, namun seiring waktu kemudian meningkat hingga sekarang menjadi 15 GB.

Namun sayangnya dalam banyak kasus, layanan sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop dari #Google ini ternyata masih sering disepelekan banyak blogger. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya akan banyak manfaat yang bisa didapat dari Google Drive ini.

Salah satu dari keutamaan google drive adalah user akan mendapatkan kualitas yang terbaik dari sebuah brand besar, dimana seperti kita ketahui bersama bahwa sampai detik ini raksasa mesin pencari Google ini masih belum tertandingi oleh siapapun dalam urusan teknologi.

Artikel lain: Bekerja Menggunakan Google Docs Secara Offline

Keunggulan Google Drive

Meski memiliki konsep yang sama seperti Dropbox, namun Google Drive memiliki keunggulan yang lebih besar ketimbang menggunakan Dropbox. Selain kapasitasnya yang besar, file yang telah tersimpan akan terintegrasi langsung dengan fitur-fitur Google lainnya, seperti Gmail, Google + dan Google Search. Data yang bisa disimpan dalam Google Drive ini sangat beragam dari file foto, cerita, desain, gambar, rekaman, video dan yang lainnya.

Hadirnya Google Drive dalam versi mobile tentu saja akan semakin memudahkan user untuk mengakses file dalam kondisi dan situasi apapun dimana dan kapan saja. Satu hal lagi yang kini membuat Google Drive menjadi pilihan adalah adanya fitur API’s untuk para developer yang sangat mumpuni. Fitur ini menjadi semakin unggul karena Google Drive bisa menghubungkannya dengan puluhan #aplikasi dari pihak ketiga.

Dalam hal layanan, Google Drive memiliki kesamaan dengan Dropbox yaitu adanya layanan berbayar. Google Drive memang tak selamanya gratis. Setelah kapasitas 15 GB telah habis, maka untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 100 TB, maka pengguna akan dibebankan sejumlah pembayaran dengan sebuah harga tertentu.

Mengaktifkan Penggunaan Google Drive

Seperti yang disebutkan sebelumnya karena Google Drive memiliki konektivitas dengan akun Google lainnya, maka untuk memiliki manfaat Google Drive maka Anda bisa langsung memperolehnya jika Anda telah mempunyai akun Gmail. Namun memang Anda perlu mengaktifkan layanan dari Google ini dengan melakukan satu kali konfrimasi. Setelah proses konfirmasi, maka Anda pun telah bisa menggunakan layanan Google Drive dengan dua cara yaitu melalui #browser atau melalui destop/mobile.




Kapasitas yang disediakan untuk Google Drive dari browser dengan dari mobile memiliki perbedaan tersendiri. Jika Anda mengaktifkan Google Drive dari browser maka Anda hanya akan mendapatkan kapasitas 15 GB. Sedangkan jika Anda menggunakan mobile maka Anda akan mendapatkan 30 GB atau dua kali lipat dari browser.

Selain itu, Google Drive versi mobile juga menyediakan paket penyimpanan tak terbatas seharga $10 per pengguna per bulan. Dengan akun mobile dengan jumlah pengguna kurang dari 5 orang maka akan ada tambahan 1 TB per pengguna. Ini tentu jauh lebih murah dibanding dengan versi browser.

Baca juga: Project Fi ~ Proyek Baru Google yang Sukses Membuat Operator Seluler Ketar-Ketir

Untuk mengkonfirmasi aktivasi Google Drive melalui browser, anda bisa mengunjungi laman https://www.google.com/drive/ dan login atau bisa juga langsung ke login lewat akun Gmail yang Anda miliki. Jika proses berjalan lancar maka layanan Google Drive Anda otomatis akan telah aktif dan segera bisa Anda digunakan segera.

Jika ada proses yang masih perlu diperbaiki, maka ikuti saja instruksi yang diberikan atau Anda bisa langsung menanyakannya lewat Google Help (support.google.com) perihal tidak aktifnya akun Google Drive Anda.

Selain bisa digunakan secara online melalui browser, Google Drive juga bisa digunakan secara offline diperangkat komputer atau notebook bahkan mobile phone Anda dengan mendownload aplikasinya di www.google.com/Apps/Drive.‎ Setelah mengunduh aplikasinya, Anda tinggal melakukan instalasi dan Google Drive pun bisa digunakan secara offline. Aplikasi Google Drive offline ini akan otomatis terhubung juga secara online jika perangkat Anda terkoneksi dengan #internet.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud