Cara Membuat dan Menggunakan Telegram di Android dan Desktop

Telegram-Android-dan-Desktop

Cara Membuat Telegram di Android – Ada puluhan #aplikasi dan layanan chatting yang tersedia untuk android, beberapa diantaranya yang cukup memiliki nama adalah WhatsApp Messenger dan LINE. Namun bagi saya sendiri, keduanya masih memiliki beberapa kelemahan dalam menjadi layanan chatting pada perangkat android.

Pada WhatsApp misalnya, aplikasi ini memiliki kelemahan pada tidak adanya program chatting untuk desktop dan hanya menyediakan web client. Hal ini tentunya menyulitkan bagi pengguna yang ingin menggunakan Whatsapp di desktop karena setiap akan membuka diharuskan mengakses web whatsapp dengan chrome terlebih dahulu, dan baru bisa digunakan setelah melakukkan verifikasi dengan scan QR Code.

Mencari aplikasi chatting yang tersedia untuk #Android namun juga didukung dengan program di desktop, akhirnya saya menemukannya. Nama aplikasi tersebut adalah Telegram yang akan kita bahas kali ini. Telegram adalah aplikasi chatting yang saya rasa hampir mirip dengan whatsapp, dengan kelebihan seperti enkripsi end-to-end sebagai jaminan keamanan tambahan.

Fitur lain dari Telegram adalah, pengguna bisa mengirimkan berbagai file termasuk foto dan dokumen dan tentu saja aplikasi ini memiliki software yang bisa dijalankan di desktop. Telegram memiliki tampilan yang sedap dipandang mata dan bisa mengenali daftar kontak seperti halnya Whatsapp, dan versi desktopnya pun juga tak kalah bagus.

Untuk cara membuat akun Telegram, cara menggunakan, sampai cara aktivasi telegram di desktop. Silahkan ikuti panduan singkat di bawah ini:

Artikel lain: Cara Mematikan Fitur Auto Update Aplikasi Pada Android




Cara Membuat Akun Telegram di Android

1. Untuk pembuatan pertama harus melalui android, silahkan Anda download aplikasi telegram melalui google play store: telegram di Play Store

2. Buka aplikasi telegram dan Anda akan disambut dengan 7 slide gambar yang berisi deskripsi dan fitur dari aplikasi telegram. Untuk memulai pembuatan silahkan langsung klik pada Start Messaging.

telegram_1

3. Setelah itu Anda akan diarahkan pada form untuk memasukkan nomor ponsel anda yang ingin didaftarkan ke telegram. Setelah selesai, silahkan klik tanda centang di pojok kanan atas aplikasi untuk menuju langkah selanjutnya.

telegram_2

4. SMS Verifikasi akan dikirim dan disini anda diharuskan untuk memasukkan kode yang anda terima dari Telegram. Setelah terverifikasi Anda bisa langsung memilih nama tampilan dan mengupload foto profil Anda.

telegram_3

5. Setelah itu Anda akan diarahkan pada data kontak. Telegram secara otomatis akan mencari kontak Anda yang juga menggunakan aplikasi telegram pada perangkat androidnya sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari satu persatu mana-mana sajakah teman yang menggunakan telegram.




6. Penggunaan aplikasi ini tidak sulit, jika Anda pengguna whatsapp atau aplikasi chatting lainnya maka Anda akan langsung bisa familiar dengan aplikasi ini. Salah satu kelebihan yang saya sebutkan tentang aplikasi ini adalah tersedianya pilihan attachment untuk beberapa jenis file, termasuk juga lokasi pengguna.

telegram_4

Cara Mengaktifkan Telegram di Desktop

1. Untuk menggunakan telegram di desktop, tentunya Anda harus mengunduh program resmi dari Telegram Desktop terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya, silahkan klik disini.

telegramdesktop_1

2. Install Telegram, kemudian buka. Maka Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti dibawah ini:

telegramdesktop_2

3. Klik pada Start Messaging, maka Anda akan diarahkan pada halaman yang berisi konfirmasi nomor telepon. Silahkan masukkan nomor telepon yang sudah Anda daftarkan pada aplikasi telegram di android tadi kemudian klik Next.

telegramdesktop_3

4. Anda akan diarahkan pada halaman untuk input kode konfirmasi yang dikirim via SMS ke nomor telepon Anda.

telegramdesktop_4

5. Masukkan kode konfirmasi dan jika kode yang Anda masukkan benar, maka Anda akan langsung diarahkan pada tampilan daftar kontak Telegram Desktop.

telegramdesktop_5

Baca juga: Android Pay, Fitur Terbaru Sistem Pembayaran Dari Google

Dari sini Anda sudah selesai dan siap menggunakan telegram baik di desktop maupun di android. Anda bisa mengeksplorasi berbagai fitur dan opsi yang belum Anda isi, misalnya saja mengganti foto profil dan men-set username telegram pada Settings dan me-manage kontak pada Contacts. Sekian untuk tutorial kali ini, terima kasih sudah membaca.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. Ka klo seumpamanya akun telegram ku . Ku hapus trs aku download lg. nah cara masuk le akun lama nya gmna ? Mohon bantuannya

  2. apa bisa 1 akun telegram di buka di HP dan WEB / PC secara bersamaan ??

    Jawab.

  3. Mas, kalau cara mengetahi ID telegram yang berisi 9 digit gmana mas? mohon dibantu, mksh

    • klik ikon cari pojok kanan atas, kmudian cari get_id_bot. akan muncul nama get_id, klik start, tunggu balasan nnti kmdpt id nya berupa 9 digit

  4. Bisa ngga’ pasang 2 aplikasi telegram (dua akun) dalam satu ponsel?
    Thanks

  5. Kirain “telegram” asli :)
    Kalau aplikasi chat mah masih sedikit yang pakai

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud